Indonesia merupakan negara penghasil konten Kpop terbanyak di TikTok

Kalahkan Korsel, Indonesia Menjadi Negara Penghasil Konten Kpop Terbanyak di TikTok

rini | Hiburan | 15-11-2021

PARBOABOA, Jakarta - Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penggemar Kpop terbesar di dunia. Obrolan tentang kabar Kpop selalu menjadi topik hangat yang sering menjadi trending topik di Twitter.

Bahkan menurut data yang dirilis oleh Space Oddyty, Indonesia merupakan negara yang memuat konten terbanyak di dunia di platform TikTok. Space Oddity membeberkan total konten dengan tema K-Pop diunggah di TikTok sebanyak 97 juta video pada bulan September tahun ini. Dari angka tersebut, diketahui bahwa 92,8% berasal dari luar Korea.

Menariknya Indonesia berhasil mengambil bagian sebesar 16,4 persen dari total unggahan tersebut, disusul oleh oleh Filipina dengan 13,5%, Amerika Serikat (8,7%), Korea Selatan (7,2%), Brasil (7%), Rusia (5,1%) dan Thailand (4,8%).

Pertumbuhan konten Kpop di Tikok terjadi karena mudahnya pengguna untuk membuat video singkat di TikTok untuk mempromosikan grup idola. Sekarang ini penggemar Kpop tidak hanya mendengarkan musik video saja, ada banyak cara baru yang bermunculan untuk promosi, salah satunya adalah dengan membuat dance cover, challence, hingga update informasi terbaru.

Pada tahun 2019 lalu Zico berhasil mempopulerkan lagu ‘Any Song’ dengan membuat sebuah challenge di TikTok. Hingga saat ini ada banyak sekali challenge yang dibuat di platform TikTok dengan menggunakan lagu K-Pop.

Jay Bae, Head of Global Business Development TikTok Korea mengatakan, konten video K-Pop di TikTok merupakan bukti bagaimana industri K-Pop kini lebih berkembang di luar Korea Selatan..

"Karena kecintaan komunitas TikTok di dunia terhadap Kpop, kami akan terus berkontribusi pada penyebaran budaya Kpop dengan mendukung berbagai sumber musik dan artis Kpop," kata Jay Bae, Minggu (14/11/2021).

Saat ini boy group BTS menjadi grup Kpop dengan jumlah pengikut terbanyak di paltform tersebut. Untuk artis dengan pertumbuhan tercepat di TikTok, STAYC memimpin dengan jumlah follower yang meningkat hampir lima kali lipat dalam waktu enam bulan.

Tag : #kpop    #tiktok Kpop    #tiktok kpop challenge    #konten kpop terbanyak    #hiburan   

Baca Juga