Ilustrasi Android yang terjangkit virus dan malware (androidout.co.id)

Berikut Cara Menghindari Serangan Virus dan Malware Pada Smartphone Android

Dimas | Teknologi | 06-04-2022

PARBOABOA, Jakarta – Saat ini, banyak pengguna smartphone Android yang tidak memperhatikan kemanan perangkat, seperti serangan virus dan malware.

Menurut laporan MyBroadbrand, tingkat kerentanan smartphone Android terserang virus dan malware sebanyak 7,3 persen dalam kurun waktu 2009-2018.

Adapun akibat yang ditimbulkan virus yang menyerang smartphone Android, yakni virus dapat menghapus data, mengumpulkan informasi pribadi serta membuat (atau berusaha melakukan) pembelian yang tidak sah.

Sementara itu, malware juga dapat merusak sistem Android. Ada beberapa jenis malware yang bisa menyerang smartphone Android dan perlu Anda waspadai, yaitu:

  • Adware: membuat iklan dengan tautan ke halaman web atau aplikasi yang dapat menyebabkan kerusakan atau pelanggaran keamanan.
  • Malware: mengambil alih fungsi android tertentu untuk mencuri informasi pribadi, mengirim pesan teks, atau melakukan tindakan bermasalah lainnya.
  • Ransomware: mengunci file atau aplikasi, lalu meminta uang dari pengguna dengan imbalan membuka kuncinya.
  • Spyware: memantau aktivitas telepon pengguna untuk tujuan tidak benar.
  • Trojan Horse: menyambungkan dirinya sendiri ke aplikasi yang sah, kemudian mengganggu operasi android

Mengingat banyaknya akibat yang ditimbulkan virus dan malware, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara menghindari serangan virus dan malware pada smartphone Android.

Cara Menghindari Smartphone Android Terkena Virus dan Malware

1. Gunakan aplikasi resmi

Smartphone Android memiliki sistem yang berintegrasi dengan Google, sehingga memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Oleh sebab itu, Google selalu memberikan rekomendasi aplikasi terbaik yang bisa kamu unduh melalui layanan Play Store.

Untuk sebuah aplikasi yang baru yang dirilis secara resmi,  sudah pasti akan muncul ketika kamu mencarinya dipencarian Play Store. Sebelum mengunduh aplikasi, kamu juga harus memeriksa peringkat dan ulasan aplikasi terlebih dulu. Jika memiliki peringkat dan jumlah unduhan rendah, sebaiknya kamu hindari mengunduh aplikasi tersebut.

2. Jangan Unduh Aplikasi dari Pihak Ketiga

Saat ini, ada banyak game mobile yang rilis untuk smartphone Android. Namun, biasanya game-game tersebut tidak dirilis secara serentak di semua negara dan hanya di beberapa negara saja. Sehingga untuk mengakalinya, banyak gamer yang mengunduhnya lewat aplikasi pihak ketiga untuk bisa memainkannya.

Padahal cara ini sangat berisiko dan bisa menyebabkan smartphone kamu tersusupi virus atau malware. Cara terbaik agar smartphone aman dari virus dan malware adalah dengan mengunduh aplikasi pada layanan yang telah disediakan oleh Google, yakni Play Store.

3. Jangan Asal Membuka Tautan

Sering kali Anda mendapatkan pesan aneh yang dikirimkan oleh akun atau nomor misterius. Di mana pesan tersebut juga disisipi dengan tautan yang menarik, sehingga kamu penasaran untuk membukannya.

Nah mengklik tautan yang mencurigakan, sering berujung mengunduh malware ke smartphone kamu tanpa disadari. Untuk itu, hindari mengklik link atau tautan yang mencurigakan.

4. Hindari Mengklik Iklan Saat Browsing Internet

Ada ratusan juta situs yang bisa diakses di internet. Anda bisa mencari informasi apapun di internet lewat situs-situs yang tersedia. Namun tidak semua situs berisikan konten yang baik, ada juga yang mendorong Anda untuk mengklik gambar iklan yang tertera di situs tersebut.

Hindari kebiasaan mengklik iklan ini agar Anda terhindar dari malware atau virus, karena Anda tidak akan pernah tahu apakah iklan tersebut positif atau justru berisikan malware berbahaya.

5. Gunakan Keamanan Antivirus Resmi

Apakah Anda merasa khawatir terhadap data penting maupun akun bank yang tersangkut di smartphone menjadi santapan lezat malware?

Nah untuk menjaga hal penting tersebut, tentu Anda membutuhkan antivirus atau proteksi untuk menjaganya selalu tetap aman. Mulailah berlangganan atau membeli antivirus resmi untuk menjaga smartphone Anda dari virus dan malware. Sering-seringlah melakukan pemindaian pada smartphone untuk memastikan kalau smartphone Anda bersih dari malware atau virus.

Itulah seputar Informasi tentang cara menghindari serangan virus dan malware pada smartphone Android.

Tag : #smartphone    #android    #teknologi    #virus    #malware     #adware    #ransomware    #spyware    #trojan horse   

Baca Juga