Samsung Galaxy Z Fold 3

Ini Deretan Fitur Unggulan Samsung Galaxy Z Fold 3

wanovy | Teknologi | 16-08-2021

Samsung resmi merilis ponsel lipat Galaxy Z Fold 3 5G dan Galaxy Z Flip 3 5G pada Rabu (11/8/2021) malam waktu Indonesia. 

Kedua ponsel tersebut merupakan penerus dari Galaxy Fold Z 2 dan Galaxy Z Flip yang diperkenalkan tahun lalu.

Secara umum, menurut Verry Octavianus dan Taufiq Furqan, selaku Product Marketing Manager Samsung Mobile, Galaxy Z Fold 3 memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan pendahulunya.

Layar yang Imersif

Galaxy Z Fold3 hadir dengan layar utama Infinity Flex Display berukuran 7,6 inci. Kata 'infinity' yang digunakan di sini bukan sekadar istilah.

Pasalnya, Samsung benar-benar menghadirkan layar penuh tanpa interupsi notch maupun punch hole, karena menggunakan teknologi under display camera.

Samsung telah merancang teknologi under display camera sedemikian rupa dengan mengurangi jumlah piksel yang berada tepat di atas kamera. Selain itu, jarak piksel yang berada di bagian atas kamera pun telah dioptimalkan untuk memungkinkan cahaya melewati celah kamera.

Dengan begitu, pengguna tidak hanya bisa mendapatkan area tampilan yang lebih luas untuk menonton, bermain game, hingga melakukan panggilan video, namun juga bisa menggunakan facial recognition dengan lebih seamless.

Layarnya ini juga punya tingkat kecerahan 29% lebih tinggi dibanding Galaxy Z Fold2, yang menggunakan teknologi Eco. Lalu juga dilengkapi dengan 120Hz adaptive refresh rate agar animasi yang ditampilkan lebih halus.

Tahan Air

Fitur unggulan utama yang dimiliki Galaxy Z Fold 3 adalah ketahan terhadap air dengan sertifikasi IPX8. Sebelumnya fitur ini absen di Galaxy Z Fold 2.

Verry menjelaskan, fitur ini membuat ponsel lipat anyar ini masih dapat bertahan apabila terjatuh atau terendam di air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

"Ini menjadikan Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 sebagai satu-satunya perangkat foldable series pertama di dunia yang dibekali dengan fitur water resistance," ujar Verry, dalam acara Local Unpacked Galaxy Z Fold 3 dan Flip 3.

Konektivitas 5G

Verry juga mengatakan, ponsel flagship Samsung, termasuk Galaxy Z Fold 3 dibekali chipset yang mendukung konektivitas 5G.

Hal ini berbeda dengan ponsel lipat generasi sebelumnya yang baru mendukung 4G.  Galaxy Z Fold 3 ditenagai chipset Snapdragon 888 (5nm) dari Qualcomm.

Meski demikian, Verry tak menjelaskan pita (band) jaringan 5G yang sudah didukung oleh dua ponsel ini. Mengingat untuk bisa menikmati layanan 5G di Indonesia, ponsel setidaknya harus sudah mendukung band n3 (layanan 5G Indosat) dan n40 (layanan 5G Telkomsel).

Yang jelas, Verry mengatakan, pihaknya mengaku masih dalam tahap kerja sama dengan operator seluler agar Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 segera bisa menikmati jaringan generasi kelima.

S Pen

Tak cuma enak dipakai menonton video, Galaxy Z Fold3 pun bisa meningkatkan produktivitas penggunanya. Pasalnya ponsel foldable ini mendukung penggunaan S Pen layaknya Lini Galaxy Note.

Ada begitu banyak hal yang bisa digunakan pengguna dengan S Pen di Galaxy Z Fold3 di tengah produktivitasnya maupun ketika menuangkan kreativitas.

Menulis catatan sambil melakukan panggilan video hingga memeriksa to-do list saat membaca email menjadi semakin mudah.

Ditambah dengan kehadiran fitur S Pen to text, pengguna bisa menyempurnakan tulisannya hanya dengan melakukan gerakan-gerakan sederhana saat harus melakukan catatan dalam waktu yang sangat cepat.

S Pen untuk Z Fold3 sendiri hadir dalam dua varian, yaitu S Pen Fold Edition dan S Pen Pro, untuk memberikan pilihan lebih bagi pengguna dalam memenuhi kebutuhannya. Kedua versi dari S Pen tersebut telah dibekali dengan Pro tip yang lebih lembut dan force limit technology untuk melindungi layar dari tekanan berlebih serta latensi yang begitu rendah.

Kedua ponsel lipat ini juga sudah bisa dipesan (pre-order) di Indonesia, mulai 11 Agustus hingga 29 Agustus 2021. Pemesanan bisa dilakukan di situs resmi Samsung, www.galaxylaunchpack.com atau www.samsung.com/id.

Tag : teknologi

Berita Terkait