Ilustrasi Tampilan Opsi Tombol Windows

Ini Dia Perbedaan Shut Down, Sleep, dan Hibernate di Windows

wanovy | Teknologi | 08-08-2021

Ketika mengklik tombol windows saat hendak mematikan PC atau laptop, akan muncul beberapa opsi untuk menon-aktifkan PC ataupun Laptop. Umumnya, ada tiga opsi yang tersedia, yaitu "Hibernate", "Sleep", dan "Shut down".

Selain "Shut down", sebagian orang mungkin masih bingung tentang perbedaan antara mode "Sleep" dan "Hibernate". Lantas apa sih perbedaan ketiganya ?

Shut Down

Shut Down adalah langkah untuk mematikan komputer dan menutup semua aplikasi yang sedang berjalan tanpa menyimpan data-data atau proses apapun kecuali pengaturan Windows.

Ketika meng-klik shut down, seluruh program yang sebelumnya dioperasikan akan ditutup.

Kemudian, sistem operasi akan berhenti berjalan di perangkat dan tidak ada daya listrik yang dikonsumsi.

Sebelum melakukan "Shut down", ada baiknya menyimpan seluruh file yang sedang dikerjakan lebih dulu untuk mengindari hilangnya file yang terakhir dikerjakan.

Ketika nanti komputer kembali dinyalakan, proses boot-up biasanya memakan waktu agak lama dibanding sleep atau hibernate karena PC atau laptop harus kembali menjalankan sistem operasi dan aneka program dari awal.

Lama atau tidaknya proses boot-up tersebut tergantung dengan sistem operasi dan perangkat yang digunakan. Komputer dengan media penyimpanan berjenis Solid State Drive (SSD) biasanya bisa booting lebih cepat dibanding yang menggunakan media cakram Hard Disk Drive (HDD).

Shut down sebaiknya dipilih apabila PC atau laptop tidak akan digunakan dalam waktu lama. Opsi ini juga memungkinkan pengguna melepas kabel listrik atau baterai perangkat.

Sleep

Berbeda dengan Shut Down, opsi Sleep masih mengonsumsi daya untuk menjaga data program di memori sehingga tidak hilang dan tak perlu dimuat dari awal seperti shut down.

Selain memori, bagian lain dari PC atau laptop akan berhenti bekerja sehingga perangkat secara keseluruhan hanya akan memakai sedikit daya listrik dalam kondisi sleep.

Dalam mode ini, data-data pekerjaan dan aplikasi yang sedang berjalan akan disimpan di dalam RAM/Memori.

Sleep bisa diibaratkan seperti kamu sedang menekan tombol Pause pada pemutar DVD Player sehingga musik berhenti, kemudian menekan tombol Play untuk langsung mendengarkan musik kembali.

Hibernate

Pada mode ini, komputer akan menyimpan data-data pekerjaan dan aplikasi yang sedang berjalan pada hardisk selanjutnya sistem akan benar-benar mematikan laptop.

Mode "Hibernate" ini belum tentu ditemui di semua perangkat. Kemungkinan lain, opsi ini tidak diaktifkan (disabled) sehingga tidak muncul dan harus dinyalakan kembali sebelum bisa dipakai.

Cara kerja hibernate mirip dengan sleep. Bedanya, data program bukan disimpan di memori utama (RAM), melainkan di media penyimpanan (SSD atau HDD).  Kelebihannya, konsumsi daya hibernate lebih irit dari sleep karena media penyimpanan tak perlu terus menerus mendapat listrik supaya data di dalamnya tidak hilang (non-volatile).

Opsi hibernate cocok digunakan untuk laptop apabila pengguna kehabisan daya, tapi ingin menyimpan kondisi program dan dokumen yang sedang terbuka supaya tak perlu mengulang boot dari awal. Itulah perbedaan opsi “Shut Down” , “Sleep” , dan “Hibernate” pada PC ataupun Laptop.

Tag : #teknologi   

Baca Juga