Ilustrasi

Ini Jadwal Baru Migrasi TV Analog ke Digital, Mulai April 2022

wanovy | Teknologi | 14-08-2021

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebelumnya menjadwalkan migrasi siaran televisi analog ke digital tahap pertama di Indonesia akan rampung pada 17 Agustus ini.

Namun, proses migrasi tersebut ditunda dengan mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 yang cenderung meningkat.

Kini Kominfo merilis jadwal migrasi TV analog ke digital yang baru. Menurut jadwal baru migrasi TV analog ke digital Kominfo, peralihan siaran televisi dari analog ke digital baru akan dimulai pada 2022 mendatang. Proses yang awalnya lima tahap, juga dipangkas menjadi tiga tahap.

Menurut Johnny G Plate, Menteri Kominfo, sesuai dengan Undang-undang Cipta Kerja, Peraturan Presiden (Perpres) dan Peraturan Menteri (Permen), analog switch off (ASO) atau suntik mati TV Analog paling lambat harus dilakukan pada 2 November 2022.

"Namun mengingat luasnya negara kita dan kompleksitas luasnya masalah, Kominfo melakukan analog switch off secara bertahap," katanya saat konferensi pers Pelantikan Dirjen IKP, yang disiarkan lewat akun Youtube, Selasa (10/8) lalu.

"Dalam proses diundangkan," ungkap Johnny.

Semula migrasi TV analog ke digital dibagi ke dalam lima tahap. Namun seiring dengan pandemi yang masih terus berlangsung, Kominfo melakukan evaluasi.

Seperti disampaikan Menkominfo, proses suntik mati TV analog jadi terbagi ke dalam tiga tahap.

  • Tahap 1: Dimulai akhi April 2022
  • Tahap 2: Dimulai akhir Agustus 2022
  • Tahap 3: Dimulai awal November 2022

Untuk pengaturan wilayah Kabupaten/Kota masing-masing tahapan, akan diatur oleh Kominfo lebih lanjut.

Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi mengatakan bahwa ASO akan dilaksanakan secara bertahap mengikuti kesiapan daerahnya. Ada sejumlah faktor yang mendasari kebijakan tersebut seperti pertimbangan kesiapan industri, keterbatasan spektrum frekuensi radio, hingga masukan dari Lembaga Penyiaran.

Tag : #teknologi   

Baca Juga