Instagram Akan Hapus Fitur Swipe Up, Diganti Jadi Stiker ?

wanovy | Teknologi | 24-08-2021

Instagram tiba-tiba dilaporkan akan menghapus fitur Swipe Up atau gesek ke atas pada 30 Agustus mendatang.

Setelah menghapus fitur Swipe Up, Instagram mengatakan, pengguna nantinya bisa menggunakan stiker tautan. Stiker ini dapat diketuk dan akan membawa orang ke situs web eksternal.

Perusahaan mengatakan langkah ini diambil untuk merampingkan pengalaman saat pengguna membuat Stories sekaligus menawarkan lebih banyak opsi serta kontrol kreatif karena tampilan stiker memiliki format yang lebih menarik.

Keputusan untuk pembaruan fitur tersebut didasarkan pada uji coba yang telah dimulai Instagram pada bulan Juni lalu.

Menurut mereka, uji coba dilakukan kepada berbagai jenis pengguna, tidak hanya untuk orang-orang yang sudah memiliki hak fitur Swipe Up saja.

Pada saat pengujian, Vishal Shah, mantan kepala produk Instagram , mengatakan kepada The Verge bahwa stiker lebih cocok dengan cara orang menggunakan platform saat ini. Dia juga mengatakan tujuannya adalah untuk menyebarkan stiker secara lebih luas.

Perbedaan utama antara kedua fitur tersebut, selain dari perbedaan gerakan yang jelas, adalah pemirsa dapat menanggapi cerita yang memiliki stiker tautan, tetapi tidak dapat menanggapi cerita yang digesek ke atas.

Berbeda dengan Swipe Up yang hanya bisa menggesek ke atas tanpa bisa menanggapi cerita yang dibagikan.

Lebih lanjut, Instagram menyebut saat ini hanya pengguna yang bisa melakukan Swipe Up untuk mendapatkan akses link sticker. Artinya, mereka yang memiliki 10.000 followers bisa memakai fitur tersebut.

Instagram mengatakan bahwa untuk saat ini, hanya orang yang memiliki fitur Swipe Up yang akan menerima opsi stiker. Kendati begitu Instagram masih mengevaluasi untuk meluncurkannya ke lebih banyak pengguna.

Tag : #teknologi   

Baca Juga