Ilustrasi

Instagram Tumbang Di Indonesia, Tak Bisa Refresh Stories dan Feed di Timeline

wanovy | Teknologi | 03-09-2021

Instagram mendadak bermasalah pada Kamis (2/9/2021). Sejumlah pengguna di Indonesia mengeluhkan bahwa mereka tak bisa mengakses fitur-fitur di Instagram.

Beberapa warganet mencurahkan keluhannya terkait beberapa fitur Instagram yang tak dapat digunakan sejak siang.

Situs Downdetector mengumumkan layanan Instagram mengalami masalah sejak pukul 01.32 EDT atau 12.32 WIB, Kamis (2/9/2021). Masalah yang dilaporkan pengguna antara lain susah login dan tidak dapat refresh feed di timeline mereka.

Dalam pantauan peta, wilayah Indonesia yang terdampak adalah pengguna di Jakarta dan Surabaya. Untuk kawasan ASEAN, masalah juga dirasakan pengguna di Kuala Lumpur, Singapura dan Manila.

Namun tampaknya ini bukan masalah yang dialami secara global. Untuk di Asia Pasifik, layanan Instagram juga tumbang di Tokyo, Melbourne, Sydney dan Brisbane.

Terlihat, pengguna di Jakarta paling banyak mengeluhkan masalah yang terjadi pada Instagram.

Hingga malam, Instagram dilaporkan sejumlah warganet masih alami masalah. Bahkan, tagar #instagramdown puncaki trending topic di Twitter.

"Udah reset-reset Wi-Fi, buka Twitter eh ternyata #instagramdown," tulis seorang warganet di Twitter bernama @alfian_maula8.

"Ooooh jadi IG down. Pantes aja nungguin orang live udah satu setengah jam ga mulai-mulai," kicau pengguna dengan handle @lilaolila di Twitter.

Pengguna lain juga melaporkan hal senada, misalnya akun @nasuhaalii. Ia mengira aplikasi Instagram miliknya tidak bisa diakses karena WiFi yang digunakannya bermasalah.

"Ternyata pake data juga sama. Fix berarti (down)~," kicau @nasuhaalii.

Sejumlah netizen Indonesia juga mengaku tak bisa mengakses Instagram via website. Bila mengakses URL Instagram.com, pengguna akan menemui jendela dengan pesan berbunyi, "Sorry, something went wrong. We're working on it and we'll get it fixed as soon as we can".

Sementara pengguna lainnya mengaku masih bisa membuka aplikasi Instagram. Hanya saja, tidak bisa me-refresh timeline, mengirim direct message, atau melihat Instagram Stories.

Tag : teknologi

Berita Terkait