Jack Lapian (dok Kanavino/detikcom)

Profil Jack Lapian, Pendukung Garis Keras Jokowi-Ahok yang Telah Meninggal Dunia

Rini | Politik | 18-02-2022

PARBOABOA, Jakarta - Relawan pendukung Presiden Jokowi dan Basuki Tjahaja Purnama berduka atas meninggalnya salah satu rekan mereka Jack Boyd Lapian, pada Rabu (16/2) karena Covid-19 di RS Polri, Kramat Jati.

Bagi masyarakat yang gemar membaca berita politik pasti tidak asing dengan sosok Jack Lapian ini, karena selama hidupnya dia merupakan pentolan relawan Jokowi dan Ahok dalam sejumlah pemilihan, diantaranya saat menyukseskan pasangan Jokowi-Ahok menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI pada tahun 2012 lalu, kemudian menjadi relawan pada Pilpres 2014 saat Jokowi mencalonkan diri bersama wakilnya Jusuf Kalla.

Selanjutnya, Jack Lapian kembali mendedikasikan dirinya untuk mendukung Ahok bersama Djarot dalam Pilkada DKI tahun 2017, walau saat itu pasangan kebanggaannya tersebut kalah. Lanjut lagi, Jack kembali menunjukkan dukungan kepada Jokowi saat Pilpres tahun 2019, dimana Jokowi berpasangan dengan Ma’ruf Amin.

Jack Boyd Lapian yang merupakan pria asal Minahasa, Sulawesi Utara yang merupakan cucu dari Pahlawan Nasional Bernard Wilhelm Lapian ini, juga merupakan pendiri dari BTP Network sebagai dukungan untuk Ahok.

Tak hanya soal dukungannya kepada Ahok dan Jokowi, Jack Lapian ini juga cukup sering mendapat sorotan karena aksinya melaporkan beberapa pihak dalam sejumlah kasus.

Diketahui Jack Lapian pernah melaporkan musisi Ahmad Dhani atas dugaan tindak pidana ujaran kebencian. Dalam kasus ini Ahmad Dhani dijatuhi hukuman penjara 1,5 tahun.

Kemudian dia juga melaporkan Anies Baswedan pada 2018 terkait penutupan Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta. Lalu Jack melaporkan Rocky Gerung pada tahun 2019 lalu, karena Rocky mengatakan bahwa kitab suci adalah fiksi di salah satu program stasiun televisi.

Ternyata selain menjadi pendukung garis keras Jokowi dan Ahok, Jack Lapian ternyata seorang pengusaha yang cukup sukes, dimana dia merupakan direktur di PT Sekar Bumi Perkasa yang bergerak di bidang budidaya perikanan air tawar. Selain itu Jack Lapian ini juga bergabung menjadi partner di Utomo Karim Law Firm sejak Juni 2021.

Itu dia rekam jejak karir, profil, dan usaha yang digeluti Jack Lapian, pendukung Jokowi dan Ahok yang telah berpulang pada usia  45 tahun tersebut. Jenazahnya telah dimakamkan di TPU Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada Kamis (17/2).

Sejumlah ucapan duka mengalir untuk Jack Lapian ini, termasuk dari Ahok yang kerap didukungnya di sejumlah kontestasi politik di Tanah Air. Ahok mendoakan keluarga yang ditinggalkan oleh Jack agar selalu dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Tag : #berita duka    #jack lapian    #relawan jokowi ahok    #nasional   

Baca Juga