Jenazah aktris Thailand Tangmo Nida akan diautopsi ulang hari ini

Jenazah Tangmo Nida Akan Diautopsi Ulang Di Thammasat University Hospital Rangsit Hari Ini

Wulan | Hiburan | 17-03-2022

PARBOABOA, Jakarta - Central Institute of Forensic Science (CIFS) akan gelar ulang autopsi terhadap aktris Thailand Tangmo Nida Patcharaveerapong hari ini, Kamis (17/3). Autopsi yang dilakukan kedua kalinya itu untuk mengetahui penyebab kematian sang aktris.

Thanakrit Jitta-areerat, sekretaris menteri kehakiman, mengungkapkan keputusan dilakukannya autopsi yang baru kepada Tangmo Nida diambil setelah 15 anggota institut sepakat untuk melakukan postmortem lain.

Jenazah Tangmo Nida akan dipindahkan dari Institut Kedokteran Forensik Rumah Sakit Umum Polisi ke Thammasat University Hospital Rangsit pada Kamis (17/3).

Hal ini dilakukan sambil menunggu persetujuan dari CIFS untuk penyelidikan medis lain guna menghilangkan rasa keraguan publik.

Dokter Rumah Sakit Umum Polisi mengatakan, dari hasil autopsi yang dilakukan, pihaknya tidak menemukan bukti-buti pelanggaran. Penjelasan tersebut juga masuk laporan yang dikirim ke penyidik kantor polisi Muang, Nonthaburi.

Hasil tersebut juga diberitahukan kepada ibu Tangmo Nida, Panida Sirayootyotin dan kuasa hukumnya, Krissana Sriboonpimsuay.

Ibu Tangmo Nida sebenarnya sudah merasa sedikit lega dengan apa yang dijelaskan polisi terhadapnya. Tetapi, ia tetap ingin mencari tahu tentang kematian sang anak melalui autopsi lain.

Keinginan Panida untuk mengautopsi ulang sang anak sudah ia beritahu sejak beberapa pekan lalu. Saat itu, ia masih tidak yakin dengan hasil autopsi pertama Tangmo Nida.

Hal itu diutarakan kembali melalui kuasa hukumnya pada akhir pekan lalu (13/3).

"Saya telah menyerahkan dokumen kepada penyidik di Kepolisian Daerah 1 yang meminta mereka untuk membekukan jasad [Tangmo] sebelum dikirim ke Institut Pusat Ilmu Forensik," kata Kritsana.

"Keluarga telah menyampaikan keresahannya tentang luka [di tubuh] dan penyebab kematian," lanjut Kritsana.

Sebelumnya, kasus kematian Tangmo Nida sudah ditutup pada Jumat (11/3) setelah ditemukannya bukti pemilik dan kelalaian pengemudi speedboat yang menyebabkan Tangmo Nida meninggal dunia.

Dari hasil penyelidikan, Robert Phaiboon selaku pengemudi speedboat mengaku belum terlalu mahir dan membuat kapal kehilangan keseimbangan hingga aktris Tangmo Nida Patcharaveerapong terlempar ke sungai dan meninggal dunia.

“Robert Phaiboon Trikanjananun sudah memberi tahu penyelidik bahwa dia tidak tahu banyak cara mengemudikan perahu dan ingin mencobanya pada 24 Februari malam,” kata polisi, seperti diberitakan Bangkok Post.

Pada Kamis (24/2) malam, Tangmo Nida beserta timnya dalam perjalanan menyusuri Sungai Chao Phraya dari Jembatan Krung Thon di Bangkok ke Jembatan Rama VII di Nonthaburi dengan speedboat.

Namun pada pukul 22.40 waktu setempat, Tangmo Nida dilaporkan jatuh ke sungai dengan kondisi tanpa mengenakan jaket pelampung.

“Saat Robert Phaiboon berada di belakang kemudi, Tangmo Nida, 37, jatuh ke sungai karena goncangan tiba-tiba dari kapal saat dia hendak bangun dari bagian belakang kapal,” kata polisi mengutip pengakuan Robert Robert Phaiboon.

Lima orang lainnya yang berada dalam satu speedboat dengan Tangmo Nida mengatakan bahwa saat itu mereka dalam keadaan mabuk atau sedang tidak sadar.

Oleh karena itu, polisi mengatakan dari bukti yang didapat dan keterangan saksi menunjukkan penyebab kematian Tangmo Nida bukan karena pembunuhan melainkan kelalaian.

Tag : #tangmo nida    #autopsi ulang    #hiburan    #Central Institute of Forensic Science    #Thammasat University Hospital Rangsit   

Baca Juga