Jonatan Christie (Foto: Media PBSI)

Ditikung! Jonatan Christie Gagal ke Semifinal Kejuaraan Dunia 2022

Juni | Olahraga | 26-08-2022

PARBOABOA – Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie gagal melaju ke Semifinal Kejuaraan Dunia 2022. Jonatan harus bertemu dengan wakil Cina Taipei, Chou Tien Chen di perempat final BWF World Championship 2022 hari ini, Jumat (26/8/2022).

Jojo, sapaan akrabnya harus menelan pil pahit usai kalah dalam rubber game 21-14, 11-21, dan 20-22. Kekalahan itu menggagalkan Jojo untuk melaju ke semi final BWF World Championship 2022 yang akan berlangsung besok.

Kemenangan di Gim Pertama

Pemenang medali emas Asian Games itu menyia-nyiakan match point dengan keunggulan lima angka hingga akhirnya disalip lawannya. Jonatan memulai gim pertama dengan cukup baik setelah unggul 4-1 dari Chou Tien Chen.

Meski begitu, Chou tampil agresif dan perlahan memangkas jarak dalam kedudukan 5-6. Jonatan meladeni permainan Chou dan sedikit melakukan kesalahan sendiri. Sebuah pukulan pengembalian Chou menyentuh net untuk memberi Jonatan keunggulan 11-6 diinterval pertama.

Usai jeda interval, Jojo semakin mendominasi dengan pola permainan yang efektif mencuri poin dari lawan. Di menit ke-16, drop shot Jojo jatuh di depan net dan tak mampu dikembalikan Chou Tien Chen. Kemenangan 21-14 menjadi modal awal Jojo dipertandingan ini.

Pertandingan di Gim Kedua

Cerita berbeda terjadi di gim kedua. Jojo lebih banyak melakukan kesalahan sendiri. Chou memperoleh lima poin beruntun untuk memimpin 9-4. Jojo kemudian menipiskan jarak menjadi tiga poin, tapi Chou tak kehilangan momentum dan bisa unggul 11-6 di interval kedua.

Jojo semakin tertinggal jauh dari Chou. Setelah jeda, permainan Chou Tien semakin mematikan untuk Jojo. Game kedua berakhir dengan skor 11-21, Jojo terpaksa menjalankan game penentuan.

Game Penentuan

Awal game penentuan berlangsung sengit. Setelah unggul 10-6, Jojo sempat terkejar sebelum mengamankan interval penentu dengan skor 11-9. Usai jeda, jojo kembali memegang kendali pertandingan.

Tak banyak celah yang bisa diambil Chou tien Chen untuk mengejar. Jojo mencapai match poin 20-15. Tapi siapa sangka, malapetaka justru datang dimenit-menit terakhir. Entah mengulur waktu atau bermain di bawah tekanan, Jojo tak bisa menyudahi permainan.

Berlangsung dramatis, Jojo justru tertikung tajam dan balik tertinggal 20-21. Seakan tak mau melewatkan momen, pukulan terakhir Chou jatuh bebas di lapangan Jojo. Alhasil, Jojo harus menelan kekalahan, sekaligus gagal menembus semifinal dengan skor 20-22 di game ketiga.

Hasil Kejuaraan Dunia BWF – Jumat, 26 Agustus 2022

- Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Ben Lane/Sean Vendy (Inggris): Menang, 21-11 dan 21-16

- Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan vs M.R Arjun/Dhruv Kapila: Menang, 21-8 dan 21-14.

- Jonatan Christie (7) vs Chou Tien Chen (Taiwan/4)

- Anthony Sinisuka Ginting (6) vs Viktor Axelsen (Denmark/1).

Tag : #kejuaraan dunia    #Jonatan Christie    #olahraga    #bulu tangkis    #PBSI    #bwf 2022    #Tokyo   

Baca Juga