CEO Xiaomi, Lei Jun

Kalahkan Samsung, Xiaomi Jadi Penguasa Pasar Ponsel di Eropa

wanovy | Teknologi | 04-08-2021

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Xiaomi berhasil menempatkan diri sebagai penguasa pasar smartphone Eropa di kuartal II-2021, berdasarkan jumlah pengiriman.

Menurut laporan Strategy Analytics, Xiaomi memimpin dengan perolehan pangsa pasar sebesar 25,3 persen dengan mengirimkan lebih dari 12,7 juta unit ponsel.


Tercatat bahwa Xiaomi mengalami peningkatan sebesar 67%  dibandingkan kuartal II tahun lalu (year over year/YoY).

"Highlight kuartal ini adalah Xiaomi yang muncul sebagai vendor nomor satu dari segi pengapalan untuk pertama kalinya. Xiaomi mengapalkan hampir 13 juta unit di benua untuk melengserkan pemimpin lama Samsung," ujar Associate Director Strategy Analytics Boris Metodiev.

"Xiaomi mengalami kesuksesan besar di Rusia, Ukraina, Spanyol, Italia dan lain-lain dan menemukan pelanggan yang menginginkan seri Mi dan Redmi yang kaya fitur dan nilai jual" sambungnya.

Sementara itu Samsung yang sebelumnya menguasai pasar Eropa turun ke posisi kedua dengan pangsa pasar 24% dan jumlah pengapalan 12 juta unit ponsel. Tapi pertumbuhan mereka year-on-year justru turun menjadi 7%.

Di peringkat tiga ada Apple dengan pangsa pasar 19,2% dan pengapalan 9,6 juta unit ponsel. Produsen iPhone ini mencatatkan pertumbuhan 15,7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Peringkat empat dan lima diisi oleh Oppo dan Realme yang masing-masing mengapalkan 2,8 juta unit ponsel (dengan pangsa pasar 5,6%) dan 1,9 juta unit ponsel (dengan pangsa pasar 3,8%.

Realme sendiri berhasil menjadi vendor dengan pertumbuhan paling besar yaitu 1.800% dibandingkan kuartal II- 2020.

Secara keseluruhan, jumlah ponsel yang sudah dipasarkan di Eropa sepanjang kuartal II-2021 telah mencapai 50,1 juta unit ponsel dengan pertumbuhan pangsa pasar sebanyak 14,4%.

Tag : #teknologi   

Baca Juga