Coating Mobil (Foto: lifepal.co.id)

Kelebihan dan Kekurangan Coating Mobil

Patrick | Otomotif | 11-08-2022

PARBOABOA - Coating mobil adalah salah satu proteksi yang dilakukan pada permukaan mobil agar tidak terjadi perubahan warna. Terjadinya perubahan warna disebabkan oleh terjadinya perubahan suhu, sinar UV yang berlebih, polusi dan lain sebagainya.

Banyak sekali muncul pertanyaan oleh para pemilik kendaraan mengenai “apakah mobil baru perlu di coating?” Tentu saja butuh, waktu terbaik coating adalah pada saat body mobil yang baru tidak memiliki proteksi apapun untuk membuatnya cantik seperti baru. Jika dibiarkan, hal yang tidak diinginkan pun bisa terjadi, seperti memudarnya warna cat hingga potensi mengalami baret atau lecet.

Melakukan paint protection ini sangat baik untuk melindungi car dan body luar mobil. Pada umumnya coating dibagi menjadi tiga jenis yaitu wax, polymer, dan nano ceramic coating.

Ketiga jenis perawatan cat dan body ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Perawatan jenis wax lebih murah dan memiliki daya tahan bisa mencapai satu sampai dengan dua bulan.

Perawatan polymer sedikit lebih mahal dibandingan jenis perawatan wax dan memiliki ketahanan tiga sampai enam bulan. Sementara yang terakhir nano ceramic coating, jenis perawatan ini dibagi menjadi dua jenis perawatan. Yaitu nano coating dan ceramic coating.

Perbedaan kedua jenis perawatan ini dapat dibedakan melalui bahan dan sistem kerjanya. Nano berupa obat pelapis cat mobil yang berteknologi tinggi dengan partikel kecil yang mampu mengisi pori-pori cat mobil dan memberikan perlindungan cata yang lebih optimal.  Sedangkan ceramic berupa cairan silika yang dapat mengeras atau mengkristal sehingga akan tampak seperti lapisan akrilik tipis saat mengering.

Setelah membahas pengertian dan jenis coating, kita harus mengetahui kelebihan dan kelemahan dari perawatan itu sendiri. Berikut ini kelebihan dan kekurangan coating pada mobil.

Kelebihan

  1. Dapat meminimalisir terjadinya goresan atau baret-baret kecil pada mobil.
  2. Eksterior mobil terlihat lebih mengkilap dan terlihat seperti baru.
  3. Resistensi dengan bahan-bahan yang mengandung bahan kimia.
  4. Memiliki efek water repellent yang dapat meminimalisir terjadinya kerak air dan jamur.
  5. Dapat menghindari kepudaran yang terjadi pada cat mobil.
  6. Dapat bertahan sampai tiga tahun lebih.

Kekurangan

  1. Pengaplikasian perawatan ini sangat sulit dan memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi.
  2. Harus memiliki peralatan yang lengkap.
  3. Biaya perawatan yang tinggi.

Maka dari itu, bisa kita pastikan lagi bahwa saat melakukan perawatan mobil ini di kerjakan oleh orang-orang yang ahli dalam bidangnya. Waktu coating mobil terbaik adalah pada saat mobil masih baru atau belum mengalami goresan atau baret pada cat dan body, atau dengan memastikan mobil bersih dan terlepas dari polusi dan kotoran agar tidak menggangu proses pengerjaan.

Ketika membicarakan tentang perawatan body dan cat mobil ini, tidak terlepas dengan namanya biaya dan harga yang harus dikeluarkan demi melakukan perawatan ini. Untuk harga dari perawatan ini tergantung dari jenis Coating yang diterapkan. Tapi tenang saja, harga coating mobil kurang lebih Rp3.000.000,00 - Rp8.000.000,00.

Namun jangan anggap remeh ya teman-teman, dengan harga coating mobil yang sudah cukup menguras kantong, tanpa perawatan yang tepat usaha kalian untuk coating mobil akan terlihat sia-sia. Berikut akan dirangkum secara singkat perawatan harian yang penting dilakukan agar mobil selalu terlihat mengkilap.

  1. Mencuci mobil secara berkala
  2. Menggunakan shampo mobil
  3. Memerhatikan cara pemilihan dan penggunaan lap mobil
  4. Memilih waktu yang tepat untuk mencuci mobil.

Jika teman-teman sudah merasa yakin untuk melakukan coating mobil terbaik, kalian bisa membawa mobil kalian ke bengkel cat resmi atau bengkel cat yang sudah teruji hasilnya dan jaminannya dalam coating mobil.

Tag : #coating    #coating mobil    #otomotif    #kelebihan dan kelemahan    #nano ceramic coating    #harga coating mobil   

Baca Juga