Kerumunan warga saat vaksinasi di GOR Serba Guna Medan

Kerumunan Warga di Medan Demi Vaksinasi

rini | Daerah | 04-08-2021

PARBOABOA, Medan - Sebuah video yang memperlihatkan warga berdesak-desakan mengikuti vaksinasi viral di media sosial. Vaksinasi akan dilakukan di GOR Serba Guna Medan, Selasa (3/8).

Tampak dalam video tersebut warga terus berteriak meminta pintu gerbang GOR dibuka. Mereka ingin mengikuti vaksinasi yang digelar Polrestabes Medan. Warga mengaku sudah mengantre sangat lama sehingga jumlahnya makin banyak..

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko dalam keterangannya mengatakan, kerumunan warga di pintu masuk terjadi karena warga takut kehabisan vaksin. Hal itu terjadi, kata Riko, karena tingginya antusiasme warga untuk divaksin. Setelah mendapat penjelasan hanya yang sudah didata saja yang bisa mendapatkan vaksin, warga mulai membubarkan diri. Namun video kerumunan itu sudah terlanjur viral di media sosial.

Vaksinasi yang digelar Polrestabes Medan sebenarnya hanya dapat jatah 4000 dosis.

"Kegiatan hari ini, itu vaksin massal untuk yang 3.000 orang itu untuk yang vaksin pertama. Kemudian ada seribu orang sisa kemarin yang gebyar Bhayangkara 15 ribu orang itu. Jadi totalnya 4.000. Sekitar 3.000 yang vaksin pertama. Yang seribu itu sisa yang belum datang saat gebyar kemarin itu untuk vaksin kedua," kata Riko di lokasi vaksinasi tersebut.

Jumlah petugas yang terbatas hanya diatur untuk jumlah vaksin yang disediakan.

"Jadi bukan kekurangan vaksin, jadi karena petugas kita juga sudah kita setting untuk jumlah vaksinnya. Nggak mungkin kita melebihi. Sekarang saja dari 4.000 sampai jam sekian. Nggak mungkin lagi kita tambah. Tenaganya kita terbatas, kemudian untuk vaksinnya hari ini kita juga persiapkan 4.000," sebut Riko.

Riko mengungkapkan, ada penunggang gelap yang mencari keuntungan dengan cara menjual formulir vaksin seharga Rp 5 ribu kepada warga.

"Warga tadi protes mereka ini mendapatkan formulir dengan cara dibeli dan ada yang menjual di luar," katanya.

Namun, karena stok vaksin terbatas, maka sebagian warga tidak dapat disuntik pada hari ini.

"Mereka yang sudah mengisi formulir tadi kita kumpulkan, nanti datanya kita masukkan."

"Jika ada kegiatan vaksin lagi mereka akan kita hubungi dari SMS 'Pedulilindungi' karena ada sosialisasi nanti," bebernya.

Tag : #daerah    #covid19    #kesehatan   

Baca Juga