Ilustrasi Sholat Dhuha (Foto: Shutterstock)

Keutamaan Sholat Dhuha di Bulan Ramadhan Lengkap dengan Dalilnya

Sari | Pendidikan | 22-04-2022

PARBOABOA - Keutamaan sholat dhuha di bulan Ramadhan banyak sekali, terlebih lagi untuk urusan rezeki. Kebanyakan umat islam melaksanakan sholat ini karena memiliki keinginan atau dilancarkan rezekinya.

Berdasarkan hadist riwayat Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah berkata, "Kekasihku Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam mewasiatkan kepadaku dengan tiga perkara. (1) puasa tiga hari dari setiap bulan, (2) dua rakaat sholat Dhuha, dan (3) agar aku sholat witir sebelum tidur."

Pada dasarnya sholat dhuha merupakan salah satu salat sunnah yang dikerjakan pada pagi hari, lebih tepatnya di waktu dhuha. Waktu sholat dhuha ketika matahari mulai naik dari peraduannya kurang lebih 7 hasta sampai menjelang waktu dzuhur.

Ada beberapa anjuran yang menyebutkan bahwa shalat dhuha dikerjakan pada waktu dhuha, dalam sebuah hadist diriwayatkan:

“Shalatnya banyak orang yang bertaubat adalah ketika berdirinya anak gamal karena teriknya matahari”.  (HR Mukmin)

Meskipun baik dikerjakan pada awal waktu atau akhir waktu, shalat dhuha tetap memiliki banyak keutamaan. Lantas, apa saja keutamaan sholat dhuha di bulan Ramadhan?

Berikut keutamaan dan rahasia sholat dhuha yang sudah Parboaboa rangkum dari beberapa sumber.

1. Diampuni Segala Dosa

Keutamaan sholat dhuha 2 rakaat yang pertama adalah diampuni segala dosa. Pada dasarnya, manusia merupakan tempatnya untuk melakukan dosa dan berbuat salah. Meskipun begitu, Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Pengampun.

Banyak sekali cara yang bisa mengantarkan manusia untuk menebus dosa-dosanya. Salah satunya dengan melaksanakan salat dhuha. Seperti yang disebutkan dalam hadist:

“Siapa saja yang membiasakan (menjaga) sholat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. At-Tarmidzi).

2. Dibuatkan Rumah di Surga

Salah satu keutamaan sholat dhuha pada bulan Ramadhan adalah menjadikan kita penghuni surga. Bahkan, dengan mengerjakan salat sunnah ini kita dibuatkan rumah di surga. Hal ini sesuai dengan hadist:

“Barang siapa yang (melaksanakan) shalat dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (Shahih al-Jami’ No. 634)

Allah menjanjikan bagi mereka yang menjalankan salat dhuha tidak hanya mendapatkan rumah di surga, tetapi akan dibukakan pintu surga. Seperti yang dijelaskan dalam hadist berikut:

“Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah pintu bernama pintu Dhuha. Apabila Kiamat telah tiba maka akan ada suara yang berseru, ‘Di manakah orang-orang yang semasa hidup di dunia selalu mengerjakan shalat Dhuha? Ini adalah pintu buat kalian. Masuklah dengan rahmat Allah Subhanahu Wata’ala,” (HR. At-Thabrani).

3. Dicukupkan Rezeki

Rezeki yang dimaksud sebagai keutamaan sholat dhuha 2 rakaat adalah rezeki yang beragam. Rezeki ini pun tidak berbatas pada harta dan kekayaan saja. Rezeki kesehatan hingga keluarga yang shaleh.

Bagi Anda yang ingin dicukupkan rezeki di dunia atau akhirat, cobalah untuk rutin melaksanakan salat dhuha. Seperti pada hadist berikut:

“Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya akan Aku cukupkan untukmu (rezeki) di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad).

4. Terhindar dari Sifat Lalai

Keutamaan sholat dhuha di bulan Ramadhan adalah dijauhkan dari sifat lalai akan perbuatan dosa. Tak hanya itu, melakukan salat dhuha bisa menjadi tanda bahwa seseorang bukan termasuk kepada kaum yang lalai. Hadist diriwayatkan HR. At-Thabrani:

“Barangsiapa yang shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka dia ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka dia diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis dia sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya,” (HR. At-Thabrani).

5. Mendapatkan Pahala Sedekah

Sedekah merupakan salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Ketika seseorang tidak memiliki harta tapi ingin mendapatkan pahala sedekah, maka hal yang bisa dilakukan salah satunya dengan salat dhuha.

Dengan mengerjakan sholat dhuha kita akan mendapatkan pahala bersedekah, hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist yang berbunyi:

“Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat Dhuha,” (HR Muslim)

6. Mendapatkan Pahala Haji

Ibadah haji ke Tanah Suci merupakan bagian dari rukun islam. Mengerjakan ibadah ini membutuhkan persiapan, baik mental ataupun materi. Tidak semua orang dicukupkan materinya untuk berangkat haji.

Meskipun demikian, ada cara yang bisa mengantarkan Anda untuk mendapatkan pahala haji. Salah satunya adalah dengan mengerjakan sholat dhuha. Dalam salah satu hadist dijelaskan bahwasanya, dari Anas ra berkata:

“Barangsiapa yang mengerjakan shalat fajar (shubuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna.”

7. Bentuk Taubat yang Sesungguhnya

Keutamaan sholat dhuha pada bulan ramadhan berikutnya adalah sebagai bentuk taubat. Ketika seseorang melakukan perbuatan dosa, maka langkah yang ia lakukan untuk mendapatkan kembali rahmat dari Allah SWT adalah dengan bertaubat. Taubat yang dimaksud harus sebenar-benarnya dan bersungguh-sungguh.

Dengan mengerjakan salat dhuha merupakan salah satu bentuk taubat kepada Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hadist yang berbunyi:

“Hanya orang yang bertaubat yang memelihara shalat dhuha karena shalat dhuha adalah shalatnya orang-orang yang bertobat.” (HR. Ibnu Khuzaiman dan Hakim)

8. Dipermudah Segala Urusan

Keutamaan sholat dhuha yang terakhir adalah dipermudah segala urusan dan keinginan. Bukan rahasia lagi, bahwa mengerjakan salat dhuha akan mempermudah hajat.

Mengerjakan sholat dhuha, apa yang kita inginkan akan semakin dipermudah urusannya. Dengan catatan, salat tersebut benar-benar ditujukan kepada Allah SWT dan dilakukan dengan ikhlas.

Beberapa keutamaan sholat dhuha, tentu akan membuat kita semakin sadar bahwa shalat  ini banyak mengantarkan pada nilai kebaikan. Tak hanya itu, apalagi dikerjakan pada saat bulan Ramadhan, tentu pahala yang kita dapatkan berlipat ganda.

Tag : #pendidikan islam    #sholat dhuha    #pendidikan    #keutamaan    #waktu sholat dhuha    #ramadhan   

Baca Juga