Dekan FIB USU, Dr T Thyrhaya Zein, MA.

Gandeng LAN dan Gannas, FIB USU Gelar Deklarasi Anti Narkoba

Maraden | Pendidikan | 25-10-2021

PARBOABOA, Medan – Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar aksi deklarasi anti narkoba. Aksi itu diadakan dengan menggandeng Lembaga Anti Narkoba (LAN) dan Gerakan Anti Narkoba Nasional (Gannas) Provinsi Sumatera Utara.

Melansir dari laman resmi USU pada Senin, (25/10/2021). Acara deklarasi tersebut dirangkai dengan pagelaran kreativitas mahasiswa dan dosen berprestasi FIB USU.

Wakil Rektor (Warek) I Dr Edy Ikhsan, MA saat membuka acara mengatakan apresiasinya terhadap langkah FIB USU yang melaksanakan gerakan anti narkoba ini.

"Saya berharap langkah ini bisa diikuti oleh fakultas-fakultas lain. Komitmen untuk memberantas narkoba juga dilakukan di tingkat Universitas," ujarnya.

Dr Edy lantas mengungkapkan keprihatinannya terkait kejadian yang menimpa mahasiswa-mahasiswa FIB beberapa waktu lalu, dimana beberapa mahasiswa FIB tertangkap oleh BNN dengan dugaan penyalahgunaan narkotika. Dirinya turut merasa bertanggungjawab atas kejadian yang menimpa mahasiswa-mahasiswa FIB itu.

"Saya tau bahwa FIB ini sebenarnya memiliki keunikan yang marketable. Program studi yang ada di FIB memiliki nilai dan karakteristik tersendiri dalam menunjang program internasionalisasi universitas. Karena itu ke depannya mari kita bersama fokus pada hal ini," katanya.

Deklarasi bertajuk “FIB Berprestasi dan Bersinar” itu berlangsung di Pendopo FIB USU pada Jum'at (22/10). Deklerasi ini menyuarakan bahwa FIB USU Melangkah Pasti untuk bangkit dalam Prestasi dan Bebas dari Narkoba.

Senada dengan Warek, Dekan FIB USU Dr T Thyrhaya Zein, MA menjelaskan deklarasi yang dilaksanakan pada hari ini, merupakan wujud komitmen segenap dosen, pegawai dan mahasiswa FIB USU untuk memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan kampus, khususnya di Fakultas Ilmu Budaya.

"Saya ingin mengingatkan melalui deklarasi ini, bahwa kita semua memiliki peran dan tanggungjawab bersama untuk memberantas peredaran narkoba. Kita harus yakin dan percaya bahwa mahasiswa FIB merupakan mahasiswa-mahasiswa yang kreatif dan berbudaya sehingga stigma negatif yang melekat akibat dari kejadian beberapa waktu lalu dapat digantikan dengan penilaian positif," tegasnya.

Dekan melanjutkan, pada deklarasi tersebut, mahasiswa-mahasiswa FIB turut menampilkan kreativitasnya, ada yang membaca puisi, bermain musik, bernyanyi, menari, teater dan lain sebagainya. Melalui kreativitas dari mahasiswa ini, FIB ingin menunjukkan bahwa inilah sebenarnya yang ada di FIB USU ini.

Tag : pendidikan,universitas dumatera utara,fakultas ilmu budya, fib usu, anti narkoba

Berita Terkait