Ilustrasi simbol pita kanker (DOK. Shutterstock)

Langkah Mencegah Kanker Yang Dapat Dilakukan Sehari-hari

Rini | Kesehatan | 05-02-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Hidup sehat adalah harapan setiap orang diseluruh dunia, namun penyakit datangnya takbisa didiuga-duga. Oleh karena itu menjaga pola makan, mengkonsumsi vitamin, gaya hidup sehat, dan rutin berolahraga dapat dilakukan untuk mencegah datangnya penyakit yang berbahaya.

Salah satu penyakit yang cukup berbahaya adalah kanker, yang dinobatkan sebagai salah satu penyakit penyebab kematian terbanyak di dunia. Kanker timbul akibat pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali, yang kemudian merusak sel normal di bagian tubuh yang lain.

Kanker kerap kali berkembang di dalam tubuh, namun tidak menunjukkan gejala pada awalnya, sehingga penyakit ini sering terdeteksi saat sudah mencapai stadium lanjut dan menyebabkan penyembuhannya menjadi sulit.

Penyakit ini bisa muncul karena beberapa penyebab misalnya faktor keturunan, hingga pola hidup tidak sehat yang dijalani. Oleh karena itu, pola hidup sehat yang dijalani seseorang dapat mejauhkan penyakit ini. Adapun beberapa jenis kanker yang sering terjadi adalah kanker payudara, kanker tulang, kanker rahim, kanker paru-paru, kanker usus, dll.

Dilansir dari lama Alodoc, berikut ini adalah cara mencegah kanker yang dapat dilakukan yaitu:

1. Mengonsumsi makanan sehat

Makanan adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam kehidupan. Namun di jaman sekarang ini, makanan siap saji selalu menjadi pilihan paling praktis, meski mengkonsumsi makanan tersebut dapat menjadi pemicu munculnya penyakit, termasuk kanker.

Kebutuhan nutrisi setiap harinya harus selalu dijaga agar tubuh terhindari dari penyakit, dengan mengkonsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, serta kacang-kacangan, agar tubuh mendapatkan nutrisi baik yang dibutuhkan dan daya tahan tubuh pun meningkat.

Selain itu, batasi juga konsumsi makanan olahan yang cenderung tinggi kalori, lemak tak sehat, dan gula tambahan, serta dapat meningkatkan penumpukan lemak.

2. Rutin berolahraga

Olahraga adalah hal yang wajib dilakukan untuk hidup sehat, setelah mengatur pola makan. Dengan kombinasi ini, tubuh tidak akan kelebihan berat badan, sehingga dapat menurunkan resiko terkena penyakit. Namun olahraga yang baik harus dilakukan secara rutin, minimal selama 30 menit dalam sehari.

3. Stop merokok

Rokok merupakan salah satu faktor risiko terbesar terjadinya kanker. Selain kanker paru-paru, merokok juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker kerongkongan, tenggorokan, mulut, ginjal, kandung kemih, pankreas, perut, dan leher rahim.

Sehingga menghindari paparan asap rokok dan memutuskan untuk berhenti menggunakannya, menjadi bagian penting dari pencegahan kanker

4. Stop minum alkohol

Selain berhenti merokok, kebiasaan minum alkohol juga harus dihentikan untuk mencegah kanker. Risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, kanker usus besar, kanker paru-paru, kanker ginjal dan kanker hati akan meningkat jika seseorang lebih banyak atau lebih sering mengonsumsi alkohol.

5. Melakukan deteksi dini

Seperti yang sudah disebutkan diatas, kanker kerap tidak terdeteksi saat stadium awal, dan baru dirasakan setelah kanker berada di stadium lanjut. Padahal jika sudah memasuki stadium lanjut, kanker menjadi sulit untuk diobati. Oleh karena itu, deteksi kanker sejak dini dengan rutin pemeriksaan medis harus dilakukan, untuk segera mendeteksi ada tidaknya kanker di dalam tubuh.

Itu dia beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker. Ayo hidup sehat sejak hari ini.

Tag : #gaya hidup sehat    #kanker    #mencegah kanker    #kesehatan   

Baca Juga