Ilustrasi vaksinasi

Layanan Vaksinasi gratis dari Maskapai Penerbangan

rini | Kesehatan | 03-07-2021

Selama perberlakuan PPKM Darurat, sertifikat vaksinasi menjadi salah satu syarat perjalanan yang harus dimiliki calon penumpang. untuk calon penumpang yang belum melakukan vaksinasi bisa melakukan vaksinasi gratis di maskapai-maskapai berikut ini. 

Garuda Indonesia sudah memberikan vaksin gratis kepada penumpang sejak 30 Juni. Vaksinasi gratis ini dapat dimanfaatkan penumpang yang telah berusia 18 tahun. Namun layanan ini hanya tersedia di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno hatta.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra mengatakan layanan tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap upaya percepatan program vaksinasi nasional.

"Kami percaya program vaksinasi ini merupakan "game changer" yang memegang peranan penting dalam upaya penanggulangan pandemi di Indonesia dan sudah seharusnya mendapatkan dukungan penuh semua pihak," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (30/6).

"Penyediaan fasilitas pelayanan vaksinasi ini tentunya juga tidak terlepas dari dukungan Kementerian Kesehatan RI dan otoritas kesehatan terkait, yang turut mempercayakan Garuda Indonesia untuk ikut serta dalam menyukseskan program vaksinasi nasional ini," jelas Irfan.

Untuk  mendapat layanan ini, penumpang hanya perlu menunjukkan tiket penerbangan Garuda Indonesia yang telah dimiliki, serta Kartu Tanda Pengenal (KTP). Layanan tersebut tersedia pada pukul 08.00-14.00 WIB.

Maskapai Lion Air juga turut memberikan vaksinasi gratis mulai hari ini (3/07) Sebagai informasi, maskapai yang berada di bawah naungan Lion Group adalah Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID). Untuk proses kegiatan vaksinasi ini akan dilakukan di area Kedatangan Terminal 2 D-E, pada 08.00 17.00 WIB.

Citilink juga turut serta memberikan layanan vaksinasi gratis kepada penumpang. 

"Program ini merupakan komitmen dan wujud nyata dukungan Perusahaan terhadap percepatan program vaksinasi COVID-19 khususnya untuk memperluas akses vaksin bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksin sebelumnya. Melalui program ini tentunya kami berharap dapat berkontribusi dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia," kata Direktur Utama Citilink Juliandra dalam pernyataan yang diterima, Jumat (2/7/2021).

Syarat untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19 gratis ini cukup dengan membawa dokumen berupa tiket penerbangan dan KTP asli bagi penumpang yang berusia 18 tahun ke atas dan Kartu Keluarga (KK) asli atau fotocopy bagi penumpang yang berusia 12-17 tahun. Adapun lokasi vaksinasi berada di Lounge Umroh Domestik Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang beroperasi mulai pukul 08.00 - 17.00 WIB.



Tag : #nasional   

Baca Juga