Telkomsel dan Indihome Masih Down

Layanan Internet Indihome Masih Down Hingga Selasa

rini | Teknologi | 21-09-2021

PARBOABOA, Jakarta - Layanan internet IndiHome dan Telkomsel masih terganggu hingga hari ini, Selasa (21/9). Padahal gangguan ini sudah terjadi sejak Minggu (19/9/2021) sore.

Tagar Indihomedown juga masih trending di Twiter, pengguna mengeluhkan koneksi internet yang belum pulih.

Telkomsel dan TelkomGroup menyebutkan gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam menjadi penyebab gangguan.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan, saat ini TelkomGroup sedang berusaha memperbaiki penyebab gangguan.

"Kami sedang berusaha menemukan penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di wilayah yang terdampak," ucap Deny, Senin (20/9/2021).

Deny menyebut gangguan layanan Telkomsel dan Indihome teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas hal ini, dan akan segera menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala," ucap Deny.

Sistem laut Jasuka merupakan kabel bawah laut milik Telkom yang dibangun pada 2009 dan rampung pada 2011, kabel laut itu membentang sepanjang 10.860 kilometer.

Kabel Jasuka memiliki 17 titik pendaratan atau landing point yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan, serta Malaysia.

Telkom mengklaim Jasuka salah satu jalur kabel laut terpanjang di dunia. Instalasi kabel itu terdiri empat kanal 40G yang memiliki kapasitas daya tampung hingga 16 kali lipat dari jalur konvensional.

Tag : #teknologi    #indihome masih down    #telkomseldown    #gangguan jaringan 3 hari   

Baca Juga