Luhut Binsar Pandjaitan (Dok Kemenko Marves)

Semakin Mendominasi, Luhut Dapat Jabatan Baru Sebagai Ketua Dewan SDA Nasional

Rini | Nasional | 08-04-2022

PARBOABOA, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mendapat jabatan baru dari Presiden Jokowi sebagai Ketua Dewan Sumber Daya Air (SDA) Nasional.

Adapun penunjukan jabatan terbaru Luhut ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres), Nomor 53 Tahun 2022 Tentang Dewan Sumber Daya Air Nasional, yang  ditandatangani Jokowi pada 6 April 2022.

Dalam Pasal 1 Perpres tersebut dijelaskan, Dewan SDA Nasional ini dibentuk sebagai wadah koordinasi pengelolaan sumber daya air pada tingkat nasional. Kebijakan nasional sumber daya air adalah arah atau tindakan yang diambil oleh pemerintah pusat untuk mencapai tujuan pengelolaan sumber daya air.

Sedangkan dalam Pasal 7 ayat 1 dijelaskan mengenai susunan keanggotaan SDA Nasional, dimana:

a. Ketua Dewan SDA Nasional dijabat oleh menteri yang mempunyai tugas menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang kemaritiman dan investasi;

b. Wakil Ketua Dewan SDA Nasional dijabat oleh menteri yang mempunyai tugas menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang perekonomian.

Adapun menteri yang saat ini menjabat dalam Bidang Kemaritiman dan Investasi adalah Luhut, sedangkan menteri yang menjabat di Bidang Perekonomian adalah Airlangga Hartarto.

Dalam tata kerjanya, Dewan SDA Nasional bersidang paling sedikit satu kali dalam enam bulan atau sewaktu-waktu apabila diperlukan. Dan sidang dipimpin oleh ketua Dewan SDA Nasional dan dihadiri para anggota.

Sebagai ketua, Luhut berwenang menetapkan rencana kerja Dewan SDA Nasional, menetapkan rencana kerja Dewan SDA Nasional, menetapkan tata tertib persidangan dan tata cara pengambilan keputusan Dewan SDA Nasional, serta menetapkan keputusan berdasarkan hasil persidangan Dewan SDA Nasional.

Jabatan yang Saat ini Diemban Luhut

Dengan diangkatnya Luhut sebagai Dewan SDA Nasional, maka saat ini Luhut secara total Luhut sudah memegang 8 jabatan dari Jokowi.

Adapun kedelapan jabatan yang saat ini dipegang Luhut adalah:

1. Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi

2. Wakil Ketua Komite KPC-PEN (Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional)

3. Koordinator PPKM Jawa-Bali

4. Ketua Dewan Pengarah Tim Penyelamatan Danau Prioritas Nasional (DPTPDPN)

5.Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI)

6. Ketua Komite Kereta Cepat Jakarta-Bandung

7. Ketua tim untuk mempercepat masuknya investasi dari Uni Emirat Arab

8. Ketua Dewan Sumber Daya Air Nasional.

Tag : #luhut panjaitan    #ketua dewan sda nasional    #nasional    #jokowi    #dewan sda nasional   

Baca Juga