Mafia buronan 20 tahun asal Sesilia, Italia tertangkap berkat Google Street View

Mafia Buronan 20 Tahun Berhasil Tertangkap Berkat Google Street View

Wanovy | Teknologi | 12-01-2022

PARBOABOA- Seorang anggota mafia yang jadi buronan selama 20 tahun berhasil ditangkap berkat Google Maps Street View.

Gioacchino Gamino yang berusia 61 tahun terlacak di Galapagar di Spanyol, yakni sebuah kota dekat Madrid. Keberadaannya berhasil diketahui setelah sebuah gambar menunjukkan seorang pria yang mirip dengannya sedang mengobrol di luar toko sayur.

Dilansir dari Oddity Central, Selasa (11/1/2022), Gamino menjadi buron setelah melarikan diri dari penjara Rebibbia Roma pada tahun 2002.

Dan pada tahun 2003, ia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup untuk pembunuhan yang dilakukannya beberapa tahun sebelumnya.

Mengutip The Guardian, Sabtu (8/1/2022), Gammino adalah pria yang dinyatakan bersalah atas pembunuhan. Ia juga menjadi bos mafia Italia paling dicari.

Selama pelariannya, rupanya Gammino mengubah nama menjadi Manuel dan bekerja sebagai seorang chef sekaligus pemilik toko buah dan sayuran.

Kepolisian Sisilia, Italia, sebelumnya melakukan sejumlah penyelidikan untuk menemukan Gammino (61 tahun) dengan surat perintah penangkapan Eropa yang dikeluarkan pada 2014.

Buronan ini dilacak pihak kepolisian sampai ke Spanyol. Namun, bantuan dari Google Street View-lah akhirnya menentukan lokasi tepat Gammino dan ia berhasil ditangkap.

Alat navigasi yang bisa diakses melalui Google Maps ini sebelumnya menangkap gambar dua pria tengah mengobrol di luar toko buah dan sayur bernama El Huerto de Manu atau Taman Manu di kota Galapagar.

Polisi meyakini salah satu pria itu mirip dengan Gammino, namun identitasnya baru terkonfirmasi ketika mereka menemukan daftar restoran terdekat, yakni La Cocina de Manu atau Manu's Kitchen. Gamino ditangkap di Galapagar, kota yang lokasinya dekat dengan Madrid, Spanyol.

Penangkapan ini berawal saat pihak kepolisian melihat dua orang yang tengah mengobrol di sebuah toko sayuran bernama El Huerto de Manu melalui Google Maps.

Meskipun wajah kedua pria tersebut tidak terlihat di Google Street View, kepolisian meyakini bahwa salah satu dari pria tersebut mirip dengan Gamino.

Setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut, polisi meyakini bahwa pria tersebut adalah Gamino. Ia dikenali dari bekas luka di wajahnya.

"Fotogram itu membantu kami mengonfirmasi penyelidikan yang kami tempuh dengan cara tradisional," kata Nicola Altiero, Wakil Direktur Unit Polisi Anti-Mafia Italia, dikutip dari Reuters, Selasa (11/1/2022).

Berdasarkan penuturan Altiero, saat ini Gamino ditahan di Spanyol dan akan dibawa kembali ke Italia pada akhir Februari mendatang.

Ini semua berkat tangkapan layar Google Maps Street View yang memperlihatkan dua pria mengobrol di luar toko buah dan sayuran.

Tangkapan layar tersebut membantu polisi menemukan lokasi persisnya dan melakukan penangkapan.

Melihat kecanggihan Google Street View yang berhasil menangkap buronan 20 tahun, Gamino. Mungkin, sebagian orang masih bingung apa itu Google Street View dan bagaimana cara menggunakan Google Street View yang ada di Maps.

Google Street View sejatinya adalah fitur yang dihadirkan oleh Google Maps sejak tahun 2007 dengan menyediakan foto pemandangan jalan 360 derajat. Pengguna dapat melihat bagian dari kota yang sedang mereka cari.

Fitur ini cukup membantu untuk mendapat foto-foto jalan yang sulit dijangkau kendaraan khusus milik Google. Namun jangan khawatir, Google tetap mengimplementasikan fitur privasi seperti melakukan sensor pada wajah dan plat nomor.

Tag : #google maps    #google street view    #maps   

Baca Juga