Makanan khas Nganjuk, foto: Tribun Jatim

10 Makanan Khas Nganjuk Lezat, Unik dan Paling Diburu Wisatawan

Wanovy | Travel | 22-09-2022

PARBOABOA, Nganjuk - Memiliki julukan sebagai kota angin, Nganjuk merupakan daerah dengan lahan pertanian yang subur dan mampu menghasilkan berbagai olahan yang menarik. Inilah deretan makanan khas Nganjuk yang terkenal dan diminati wisatawan.

Berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Ponorogo, kota Nganjuk memiliki pesona kuliner yang mampu menggugah selera bagi para wisatawan.

Maka dari itu tak lengkap rasanya jika berkunjung namun tak mencicipi makanan khas Nganjuk yang terkenal lezat dan menggungah selera.

Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Nasi Becek

Makanan khas Nganjuk ini sudah ada sejak zaman Belanda. Dulu namanya de trieste rijst, olahan yang hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu saja. Kini, setiap hari banyak yang mencari.

Nasi becek terdiri dari campuran nasi putih dengan sate daging kambing yang sudah di lepas tusuknya. Kemudian, campuran itu disiram dengan kuah gulai.

Banyak yang mengatakan kalau makanan ini seperti gulai kambing. Namun, adanya bumbu kacang di nasi becek yang jadi pembeda dari makanan lainnya.

2. Dumbleg

Dumbleg makanan khas Nganjuk ini terbuat dari tepung beras atau ketan yang dicampur dengan gula jawa serta santan. Adonan kemudian dibungkus pelepah jambe.

Rasanya manis dan gurih dengan tekstur seperti jenang dodol, sehingga mampu memanjakan lidahmu.

Biasanya, dumbleg dibuat dalam bentuk lonjong dan besar, lalu bungkusnya dijahit di sebelah samping dan bawahnya.

Dumbleg terdiri dari dua jenis, putih dan merah. Dumbleg putih tidak menggunakan gula merah layaknya dumbleg merah. Namun, rasa keduanya memang tak perlu diragukan lagi.

3. Sego Banting

Makanan khas Nganjuk yang berikutnya adalah sego banting, makanan yang satu ini tidak boleh sampai kamu lewatkan karena pada dasarnya sego banting hampir mirip dengan sego kucing yang biasa kita temukan di angkringan-angkringan pinggir jalan.

Namun, tetap ada sesuatu yang membedakan antara segi banting dan sego kucing yaitu perbedaanya terletak pada porsi dari kedua nasi ini.

Sego banting akan cenderung lebih banyak dari sego kucing dan juga didalam sego banting sudah ditambah dengan sambal cabai merah yang pastinya akan membuat rasa dari sego banting yang lebih mantap dan pedas.

4. Nasi Tumpang

Makanan khas Nganjuk yang berikutnya adalah nasi tumpang khas Nganjuk, bagi kamu yang sering datang ke Nganjuk pastinya sudah tidak asing lagi dengan nasi tumpang.

Nasi tumpang ini merupakan makanan yang paling terkenal di Nganjuk, yaitu nasi yang disiram dengan sambal tumpang dan setelah itu ditambahkan dengan daun kulup.

Sambal tumpang adalah sambal khas dari Nganjuk yang dibuat dari tempe busuk atau tempe yang sudah difermentasikan terlebih dahulu.

Setelah itu, tempe yang sudah difermentasikan tadi dicampur dengan bumbu yang khas dan juga rempah yang kemudian dimasak dan setelah itu disajikan dengan nasi tumpang.

5. Tepo Mbah Umbruk Khas Nganjuk

Makanan khas Nganjuk yang selanjutnya yang tetunya tak kalah enak dari makanan sebelumnya adalah Tepo Mbah Umbruk.

Makanan khas ini merupakan makanan khas Kota Nganjuk yang berbentuk seperti lontong dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang yang dibentuk seperti kerucut.

Tepo Mbah Umbruk ini biasanya disajikan dengan sayur kacang panjang yang hanya diambl bijinya saja atau biasa kita menyebutnya dengan kacang tolo. Makanan khas ini dimasak menggunakan bumbu khusus sehingga menciptakan rasa yang begitu lezatnya.

6. Kerupuk Upil Khas Nganjuk

Makanan khas Nganjuk satu ini mungkin merupakan makanan yang memiliki nama yang sangat unik ya. Namun jangan ilfil dulu dengan namanya ya sobat.

Makanan khas ini dijuluki dengan nama Kerupuk Upil karena pada dasarnya Kerupuk ini memiliki ukuran yang sangat kecil.

Keunikan lain dari makanan ini adalah cara memasaknya yang digoreng tanpa menggunakan minyak. Kerupuk ini digoreng dengan menggunakan pasir yang tentunya telah dibersihkan terlebih dahulu.

7. Nasi Pecel Khas Nganjuk

Nasi pecel khas Nganjuk ini memiliki cita rasa yang sangat gurih dan pedas. Mungkin ada beberapa diantara kamu yang sangat ingin mencoba nasi pecel khas Nganjuk tapi masih belum ada waktu pergi kesana. Tenang, kamu bisa loh membuatnya sendiri di rumah.

Nah, berikut ini bahan bahan membuat nasi pecel magetan, tauge, kol, kangkung, kacang panjang daun kemangi Bumbu sambal pecel, minyak goreng, cabai merah, cabai rawit merah, bawang putih kencur, daun jeruk, iris halus, teh terasi, gula merah, air asam jawa, garam, kacang tanah berkulit goreng haluskan, air panas, Pelengkap sesuai selera nasi, rempeyek, dan telur rebus.

8. Nasi jagung sedudo

Makanan selanjutnya ada nasi jagung. Nasi jagung sedudo khas Nganjuk ini merupakan makanan khas Nganjuk yang paling favorit.

Mengapa tidak, karena Cita rasa nasi jagung ini sangat menggugah selera. Selain itu nasi jagung ini juga ada beberapa varian karena tergantung lauk yang menemani nasi ini saat disantap. Di Nganjuk nasi jagung ini dominan ditemani oleh rebusan sayur sayuran, urap, ikan asin, dan sambal.

9. Asem-Asem Kambing

Asem-Asem Kambing terbuat dari daging kambing yang dimasak bersama daun kedondong. Perpaduan daun kedondong dan daging kambing memberi sensasi segar pada hidangan ini.

Asem-Asem Kambing juga diperkaya bumbu rempah yang kaya serta tomat hijau yang memberi rasa asam yang segar.

Asem- asem kambing daun kedondong ini banyak ditemui di daerah Ngluyu, dekat dengan obyek wisata Goa Margo Tresno.

10. Sate Kenul

Sate Kenul merupakan olahan sate kambing dengan bumbu kelapa muda parut, cabai dan gula pasir yang di goreng diatas api sedang.

Sate kenul biasa disantap bersama sayur usik. Sayur ini merupakan hidangan berkuah berbahan dasar potongan daging kambing bercampur tulang sapi berbumbu rempah - rempah.

Hidangan ini bisa dengan mudah ditemui di desa Lumpang Kuwik, kecamatan JatiKalen. Sate ini menjadi makanan legendaris di Nganjuk dan selalu ada di setiap acara hajatan. Sate ini bahkan menjadi ikon kuliner Nganjuk hingga saat ini.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi makanan khas Nganjuk lezat dan paling favorit yang wajib kamu cicipi jika berkunjung ke Kota ini. Happy holiday!

Tag : #wisata nganjuk    #nganjuk    #travel    #tempat wisata    #kuliner nganjuk    #jawa timur   

Baca Juga