Makanan khas Palembang: Model, foto: Fimela.com

Makanan Khas Palembang Terpopuler dan Bikin Nagih

Wanovy | Travel | 12-04-2022

PARBOABOA, Palembang - Makanan khas Palembang selain pempek wajib kamu coba jika berkunjung ke kota di pulau Sumatera ini.

Sebagai salah satu kota tertua di Indonesia, Palembang menyimpan berbagai pesona wisata yang selalu menarik untuk dijelajahi.

Mulai dari wisata alam, budaya, hingga kuliner. Banyaknya akulturasi budaya yang ada di kota tersebut, membuat kuliner khas Palembang sangat beragam.

Seperti yang kita ketahui, jika daerah yang menjadi ibu kota provinsi Sumatera Selatan itu terkenal akan makanan khasnya yakni pempek.

Namun, selain pempek ada beragam makanan khas Palembang yang tentunya wajib untuk dicoba.

Untuk itu, berikut Parboaboa sudah siapkan daftar makanan khas Palembang selain pempek yang lezat dan menggugah selera. Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

1. Celimpungan

Selain pempek, Celimpungan bisa menjadi rekomendasi wisata kuliner di Palembang. Bahan dasar Celimpungan hampir sama dengan pempek dan tekwan, yaitu ikan dan sagu. Namun ukuran celimpungan lebih besar.

Bentuk celimpungan bulat dengan diameter 10 sentimeter (cm) dan pipih. Kuah celimpungan dari santan dan bumbu lainnya. Makanan ini bisa juga dinikmati dengan sambal goreng.

2. Tekwan

Tekwan termasuk makanan khas Palembang yang pertama, dan bisa dibilang masih saudara dengan pempek. Keduanya dibuat dari bahan yang sama. Cara membuatnya pun sama. Namun, penyajiannya jauh berbeda.

Jika pempek umumnya berukuran besar dan disajikan dengan cuko, tekwan berukuran lebih kecil dan disajikan dengan kuah udang yang gurih plus bihun, jamur kuping, bawang goreng, dan daun bawang.

3. Model

Makanan khas Palembang yang berikutnya menggunakan kuah kaldu udang sebagai pelengkapnya.

Berbeda dengan tekwan yang direbus atau dikukus, adonan Model yang diisi dengan tahu digoreng terlebih dahulu sebelum nantinya dituang dengan ke kuah kaldu udang.

Makanan ini dibuat dengan menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya dan dipadukan dengan tahu cina. Rasanya gurih, teksturnya garing dan pastinya sangat segar!

4. Pindang Patin

Setelah pempek dan tekwan, ada satu lagi makanan primadona dari Palembang yaitu pindang patin.

Pindang patin merupakan kuliner yang dibuat dari Ikan patin yang kemudian disajikan dengan kuah santan.

Sebelum disajikan dengan kuah santan, ikan patin terlebih dahulu dimasak dengan bumbu dan rempah khas Palembang.

Kuliner ini memiliki cita rasa asam, manis, dan pedas. Makanan khas Palembang ini paling sedap disajikan selagi hangat dan dimakan bersama nasi putih serta sambal tempoyak.

5. Mie Celor

Mie celor adalah hidangan mie yang disajikan bersama kuah santan dan kaldu udang. Selain itu, juga ada tauge, telur rebus, irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng.

Ukuran mie yang dijadikan Mie Celor cenderung lebih besar daripada mie pada umumnya. Satu porsi mie celor biasanya dijual mulai dari Rp 15.000.

6. Lempok Durian

Lempok Durian biasa disebut juga dengan dodol durian. Makanan ini menjadi alternatif lain bagi penikmat durian, di samping tempoyak dan pancake.

Lempok durian dijual dengan harga bervariasi mulai dari Rp 15.000. Namun makanan yang satu ini tidak bisa bertahan lama.

7. Sambal Tempoyak

Sambal tempoyak adalah sambal terkenal dari Palembang. Sambal ini juga merupakan sambal khas Palembang.

Uniknya, sambal ini dibuat dari fermentasi durian. Sambal tempoyak memiliki cita rasa asam, pedas, dan manis yang dilengkapi dengan aroma durian. Dijamin deh, rasanya bikin kamu nagih!

Nah, itulah tadi beberapa makanan khas Palembang terpopuler dan wajib kamu coba jika berkunjung ke Kota ini. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata palembang    #palembang    #travel    #makanan khas palembang    #kuliner palembang    #pempek    #model   

Baca Juga