parboaboa

10 Makanan Khas Tangerang yang Lezat dan Wajib Dicoba!

Wanovy | Travel | 03-01-2023

Makanan khas Tangerang/ Nasi Sumsum, foto: Fimela.com

PARBOABOA, Tangerang - Makanan khas Tangerang memiliki cita rasa yang lezat, tak kalah dengan makanan khas dari kota atau daerah lain. Tangerang memiliki berbagai macam olahan kuliner, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat.

Tak heran jika banyak orang datang ke Tangerang untuk mencicipi beberapa makanan khasnya. Tangerang sendiri merupakan sebuah kota yang terletak di sebela barat ibu kota Indonesia, Jakarta, dan merupakan bagian dari provinsi Banten.

Lantas, apa saja makanan khas Tangerang yang lezat dan wajib dicoba? Berikut daftarnya!

1. Nasi Sumsum

Nasi Sumsum menjadi salah satu makanan khas Tangerang yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Apalagi bagi pecinta kuliner sumsum tulang, maka hidangan ini wajib ada di list makanan yang dicoba.

Nasi ini berbahan dasar nasi putih, kemudian ditambah dengan sumsum yang berasal dari kerbau atau sapi.

Untuk mengolahnya, makanan ini dimasak dengan proses yang cukup panjang. Nasi harus dimasak sampai matang, lalu dicampur dengan tambahan rempah rempah.

Setelah itu, maka tambahkan sumsum daging yang dibungkus dengan daun pisang. Agar aromanya semakin wangi, maka proses selanjutnya nasi ini dibakar dengan menggunakan arang.

2. Garang Asem

Makanan khas Tangerang selanjutnya yang wajib Anda coba yaitu Garang Asem. Makanan yang cocok disantap ketika cuaca panas ini memiliki cita rasa yang menyegarkan dari kuahnya karena rasa pedas dan ditambah asem.

Garang asem menjadi makanan favorit yang ada di Tangerang karena kelezatan rasanya yang berasal dari gurihnya santan dan belimbing sayur.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat makanan ini yaitu daging bebek dan daging ayam.

Kemudian, daging ini akan dimasak dengan menggunakan daun pisang dan disiram dengan santan cair.

Namun sebelumnya, santan cair tersebut diberi campuran bumbu. Lalu, garang asem dikukus hingga matang dan siap disajikan.

3. Gecom

Gecom merupakan salah satu makanan khas Tangerang yang wajib anda coba. Nama yang cukup unik ini berasal dari singkatan taoge oncom.

Dari namanya dapat kita tau bahwa makanan ini berbahan dasar taoge dan oncom. Perpaduan taoge dan oncom ini kemudian disiram saus kacang dan kecap manis.

Kecap yang digunakan untuk hidangan gecom adalah Kecap SH, yaitu kecap asli Tangerang yang memiliki rasa khas yang unik.

4. Laksa Tangerang

Makanan khas Tangerang olahan mie yang satu ini tentu sudah tidak asing di telingan kita. Makanan khas Tangerang Banten ini berbahan dasar mie berwarna putih yang sekilas terlihat seperti spagetti.

Hal ini karena mie putih tersebut dibuat dari beras, sehingga teksturnya pun sedikit kasar. Mie ini disajikan dengan kuah yang terdiri dari kentang, kacang hijau, santan dan kaldu ayam yang dimasak bersama.

Setelah diguyur kuah, kemudian laksa biasanya ditaburi daun kucai yang dirajang kecil. Selain itu Laksa biasanya disajikan bersama dengan tambahan telur atau daging ayam kampung.

Ada dua jenis penjual makanan khas Tangerang Laksa yang terkenal di Tangerang. Laksa Nyai yaitu laksa yang dibuat oleh pribumi Tangerang, dan Laksa Nyonya yaitu laksa yang dibuat oleh kaum peranakan Tionghoa yang ada di Tangerang.

5. Sayur Besan

Nama makanan khas Tangerang ini mungkin terdengar cukup unik. Faktanya, sayur ini memang memiliki sejarahnya tersendiri, lho!

Jadi, Sayur Besan adalah hidangan sayur yang masyarakat Betawi hidangkan pada rangkaian acara pernikahan, khususnya pada saat keluarga mempelai lelaki mengunjungi tempat mempelai wanita. Nah, pihak mempelai wanitalah yang menyediakan sayur ini.

Eits, tapi jangan khawatir, Anda bisa, kok, menemukan sayur ini di warung makan biasa. Tak harus ke acara pernikahan!

Sayur Besan berisi terubuk, kentang, petai, bihun, buncis, labu siam, dan wortel. Lalu, hidangan disiram dengan kuah santan kental warna kuning dan diberi taburan ebi. Dijamin maknyus!

6. Pecak Gabus

Salah satu makanan khas Tangerang adalah menu ikan gabus ala Betawi yang satu ini. Sesuai namanya, menu ini menggunakan kombinasi ikan gabus dan kuah pecak.

Kuah pecak umumnya hadir dengan dua pilihan tipe, yaitu kuah bening dan kuah kacang. Kuah pecak bening tidak mengandung bumbu kacang di dalamnya. Jadi, keduanya memiliki cita rasa yang cukup berbeda namun tetap mantap.

Ikan gabus hadir dengan cara digoreng dan disiram kuah pecak yang menghasilkan kombinasi rasa gurih, asam, dan pedas yang menggoyang lidah.

7. Bebek Sate

Bebek sate adalah makanan khas Tangerang yang terbuat dari daging bebek yang ditusuk pada tusuk sate.

Daging bebek yang dicampur dengan berbagai macam bumbu memberikan cita rasa yang enak dan gurih. Anda dapat menemukan warung bebek sate di Tangerang dengan mudah.

Jika belum pernah mencobanya pasti anda akan ragu memakannya karena daging bebek biasanya sedikit alot. Namun bebek sate ini dibuat dengan cara khusus sehingga daging bebeknya terasa empuk.

Bebek sate dibumbui dengan bumbu campuran santan, merica, serta tambahan bumbu dengan resep rahasia yang membuat rasa dan kualitas bebek sate ini terus terjaga. Hanya dengan 50.000 rupiah anda dapat menikmati kelezatan hidangan ini.

8. Sate Bandeng

Satu lagi hidangan sate yang unik dari Tangerang, yaitu sate bandeng. Jika di jawa tengah ada makanan khas Semarang bandeng presto, Tangerang pun mempunyai makanan khas olahan bandeng yang tak kalah enaknya.

Bandeng sate merupakan sate yang populer dari Tangerang selain sate bebek. Sate bandeng dibuat dengan bumbu santan kelapa muda dengan ditambah bumbu rahasia yang khas.

Ciri khas dari sate bandeng ini adalah duri ikan bandeng telah dihilangkan sehingga anda tidak perlu takut tertusuk atau menelan diri ikan bandeng seperti jika kita memakan bandeng.

Karena durinya sudah dihilangkan, tekstur sate ini menjadi empuk dan sangat lembut. Satu porsi sate bandeng hanya dibanderol sekitar 25.000 sampai 30.000 rupiah saja.

Cukup terjangkau bukan, oleh karena itu banyak wisatawan yang selalu membeli sate bandeng ini untuk dibawa pulang.

9. Pindang Bandeng

Tangerang ternyata memiliki satu lagi hidangan olahan bandeng. Yaitu pindang bandeng. Seperti yang telah kita ketahui pindang merupakan salah satu  jenis masakan tradisional berupa olahan ikan yang berkuah.

Bahan yang digunakan untuk membuat pindang bandeng khas Tangerang ini adalah antara lain bawang putih, daun salam, bawang merah, jahe, kunyit, dan anekabumbu tambahan lain.

Untuk menambah kekayaan cita rasa, biasanya pindang bandeng ini diberi tambahan kecap manis untuk memberikan rasa manis dan tambahan asam jawa atau belimbing sayur untuk menciptakan rasa asam.

Rasa khas yang cukup unik ini membuat hidangan pindang bandeng ini digemari masyarakat.

10. Emping Menes

Emping menes merupakan makanan khas Tangerang yang bisa dijadikan oleh-oleh karena rasa dan aromanya sangat khas berbeda dengan beraneka jenis emping yang ada di Indonesia.

Bahan dasar pembuatan emping ini dioleh dari bahan yang bermutu tinggi dan berkualitas serta diolah dengan tangan terampil menggunakan cara tradisional.

Nah, itulah tadi beberapa makanan khas Tangerang yang lezat dan wajib dicoba jika berkunjung ke kota ini. Semoga bermanfaat!

Editor: -

Tag: #wisata tangerang    #tangerang    #travel    #tempat wisata    #kuliner tangerang    #jabodetabek   

BACA JUGA

BERITA TERBARU