Makanan Khas Tawangmangu, foto: Pokrivni Remonti

10 Makanan Khas Tawangmangu yang Lezat dan Paling Banyak Diburu Wisatawan

Wanovy | Travel | 04-08-2022

PARBOABOA, Tawangmangu - Ketika berlibur di Jawa Tengah, jangan lewatkan untuk mampir ke Tawangmangu. Wilayah itu tak hanya memiliki beragam keindahan spot destinasi wisata, tapi juga kuliner yang lezat.

Berbagai hidangan bisa pengunjung coba mulai dari sate kelinci, sate landak, soto hingga bersantai sambil ngeteh.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini daftar makanan khas Tawangmangu yang bisa dijadikan list saat berkunjung:

1. Sego Gablok

Makanan khas Tawangmangu pertama yang wajib dicoba saat berkunjung ke Pasar Tawangmangu ada sego gablok.

Nasi gablok merupakan nasi uduk yang dimasak kembali dengan cara dikukus dan dibungkus daun pisang.

Untuk menikmati nasi gablok ini, bisa ditambahkan gadon–-daging ayam cincang dicampur dengan telur dan santan yang dibumbui.

2. Carang Mas / Grubi

Carang Mas atau yang sering disebut dengan Grubi ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Tawangmangu yang banyak dicari.

Carang Mas adalah jajanan khas Tawangmangu yang terbuat dari ubi ungu yang diparut seperti korek api, kemudian digoreng dan diberi gula jawa dan dibentuk bulat-bulat.

Jajanan tradisional ini sangat cocok dinikmati bersama dengan secangkir teh tawar. Carang Mas banyak ditemukan di toko oleh oleh di dekat Taman Balekambang atau Grojogan Sewu.

3. Molen Mini

Makanan khas Tawangmangu selanjutnya yang bisa kamu coba adalah molen mini.

Penganan lezat khas Tawangmangu ini memiliki ukuran lebih kecil daripada biasanya. Selain itu, menyantap molen pisang khas Tawangmangu paling pas dengan taburan gula halus.

Banyak pedagang gerobakan yang menjual molen pisang di sekitar Pasar Tawangmangu. Jadi kamu tak perlu khawatir kesusahan untuk mencari makanan satu ini.

4. Sate Kelinci

Tawangmangu terkenal dengan kuliner sate kelincinya. Umumnya, menu ini dijajakan di sepanjang jalan sekitaran objek wisata, Air Terjun Grojokan Sewu.

Seporsi sate kelinci terdiri dari 10 tusuk sate dilengkapi lontong dan sambal kacang. Memiliki cita rasa yang hampir mirip dengan sate ayam, daging sate kelinci sebenarnya sedikit lebih lembut dan gurih.

5. Gandos

Oleh-oleh khas Tawangmangu yang wajib kamu beli selanjutnya adalah Gandos. Gandos juga menjadi salah satu jajanan tradisional khas Tawangmangu.

Gandos terbuat dari tepung ketan sebagai bahan dasarnya, kemudian diberi kelapa parut, gula, garam dan air.

Jajanan ini memiliki tekstur yang agak kenyal dengan cita rasa manis gurih yang lezat. Gandos sangat cocok dinikmati sebagai kudapan saat berlibur karena biasanya penjual gandos banyak di temui di kawasan pasar Tawangmangu dengan harga sekitar Rp 2.000 saja.

6. Lentho

Salah satu gorengan yang enak dan menjadi makanan khas Tawangmangu adalah lentho. Gorengan ini menggunakan bahan dasar berupa parutan singkong, kelapa parut, kacang tholo, serta beragam rempah yang menjadikan rasanya gurih. Gorengan ini cocok untuk dijadikan sebagai lauk ataupun sekadar camilan.

7. Gandos

Selanjutnya ada gandos yang menggunakan tepun ketan dalam pembuatannya. Ditambahkan pula dengan kelapa parut, garam, gula, dan air.

Setelah dibentuk seperti kepalan baru kemudian digoreng. Teksturnya agak kenyal dengan cita rasa manis dan gurih. Lumayan untuk dijadikan pengganjal perut sembari keliling pasar.

Kamu bisa menemukan dengan mudah penjualnya di pintu masuk pasar sebelah timur. Beliau membuka lapak di bagian luar gedung pasar yang dekat dengan pintu masuk.

8. Sagon

Kuliner selanjutnya yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Pasar Tawangmangu ada sagon.

Penganan ini banyak diburu wisatawan karena memiliki rasa yang khas, antara manis dan gurih dari kelapa.

Kamu bisa menemukan penjual sagon di depan pintu masuk Pasar Tawangmangu, dekat tangga naik menuju lantai atas.

9. Jadah Wajik

Jadah, wajik, dan sagon merupakan jajanan khas Jawa yang bisa Kamu bawa sebagai oleh-oleh. Di Pasar Tawangmangu sendiri, terdapat lapak penjual aneka klethikan Jawa yang ada di dekat tangga naik menuju ke lantai atas.

Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 10.000,- saja, Kamu sudah bisa mengantongi aneka klethikan Jawa tersebut.

10. Sop Buntut

Lantaran berada di kawasan dataran tinggi, Tawangmangu memiliki cuaca yang dingin dan sejuk.

Selain itu, kawasan Tawangmangu juga masih banyak terdapat area perkebunan dan persawahan dengan pohon-pohon besar. Itulah mengapa sangat cocok jika menyantap makanan yang hangat saat di Tawangmangu.

Nah salah satu kuliner yang wajib kamu cicipi adalah sop buntut. Di Tawangmangu, kamu dapat menemukan kuliner Sop Buntut Bu Ugi yang sangat terkenal karena kelezatannya.

Daging iga yang lembut berpadu dengan kuah sop yang hangat dan gurih dijamin bikin kamu ketagihan deh!

Nah, itulah tadi beberapa makanan khas Tawangmangu yang bisa kamu coba jika berkunjung ke daerah ini. Happy holiday!

Tag : #wisata tawangmangu    #tawangmangu    #travel    #tempat wisata    #jawa timur    #magetan   

Baca Juga