Makanan khas Wonosobo, foto: Kabare.id

10 Makanan Khas Wonosobo yang Lezat dan Paling Diburu Wisatawan

Wanovy | Travel | 18-07-2022

PARBOABOA, Wonosobo - Makanan khas Wonosobo banyak diburu oleh wisatawan mulai dari makanan khas utama hingga oleh-oleh khas Wonosobo.

Jika kita datang ke Wonosobo sangat kurang apabila belum menikmati beberapa makanan khas Wonosobo.

Bagi kamu yang datang ke Wonosobo misalnya Dieng maka akan kurang jika belum mencicipi makanan khas Dieng ini.

Tempat wisata Wonosobo memang terkenal oleh wisatawan baik dari Indonesia bahkan sampai luar negeri.

Tak sedikit pengunjung yang datang ke tempat wisata ini, terutama kawasan yang paling terkenal adalah kawasan wisata Dieng.

Dieng merupakan sebuah dataran tinggi paling cantik di Jawa Tengah dengan peninggalan dan kebudayaan yang berbeda dari daerah lainnya.

Seperti wilayah-wilayah Indonesia lainnya, Wonosobo juga kaya akan kulinernya yang beragam dengan rasa khas yang terjaga keautentikannya.

Hidangan-hidangan ini terbuat dari bahan pilihan yang berpadu dengan aneka bumbu dan membuat rasanya lebih nendang.

Selain itu, banyak di antaranya yang dilengkapi dengan macam-macam lauk yang menyempurnakan rasa.

Daripada penasaran, berikut ini Parboaboa.com sudah rangkum 10 makanan khas Wonosobo paling populer dari beberapa sumber. Yuk, cek ulasannya!

1. Mie Ongklok Wonosobo

Belum legkap rasanya jika kamu pergi ke Wonosobo dan tidak menyempatkan untuk mencoba kuliner khas Wonosobo ini.

Sejak lama, makanan khas Dieng Wonosobo mie ongklok ini menjadi ikon kota Wonosobo.

Mie yang khas ini terbuat dari bahan seperti mie, kubis, kol dan daun kucai yang telah dicampur dengan kuah kacang kental dan nikmat.

Nah, jika kamu makan kudapan satu ini kurang lengkap rasanya jika nggak disajikan berbarengan dengan sate kambing serta tempe kemul. Yang juga merupakan panganan khas Wonosobo lainnya.

Terdapat beberapa warung mie ongklok di Wonosobo yang sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Terlebih lagi pada saat hari libur, mie ongklok ini menjadi makanan favorit para pengunjung yang ada disini.

Untuk kamu yang ingin menikmati mie ongklok yang lezat dan legendaris, kamu bisa mencobanya di Mie Ongklok Pak Muhadi.

2. Dendeng Gepuk Wonosobo

Salah satu makanan khas kota Wonosobo adalah Dendeng Gepuk yang terkenal lezat dan harus kamu coba cicipi saat berkunjung disini.

Makanan khas yang terbuat dari daging sapi ini paling sering dinikmati bersama dengan sambal bajak dan juga nasi hangat. Sudah terbayang kelezatannya bukan?

Dendeng gepuk yang khas ini juga sering disajikan bersama dengan serundeng. Inilah yang menambah rasa gurih dan manis ketika kuliner ini disantap.

Kamu akan banyak menemukan dendeng gepuk Wonosobo yang kering yang sudah dibungkus dalam kemasan dan dijual sebagai oleh oleh khas Wonosobo.

Jika kamu berkunjung ke Wonosobo pastikan makanan khas Jawa Tengah yang satu ini kamu masukkan pada daftar buruan kamu. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mencarinya di Toko Dendeng Tivi.

3. Nasi megono khas Wonosobo

Olahan nasi khas Wonosobo yang terkenal dengan rasanya yang lezat adalah nasi megono. Hidangan ini terdiri dari nasi, sayuran, dan dilengkapi dengan lauk ikan teri yang tentu membuatnya cukup mengenyangkan.

Sajian ini juga sering disebut sego reged atau nasi kotor karena tampilannya yang nampak kotor. Para petani Wonosobo juga kerap kali menjadikannya sebagai bekal ke sawah.

Nasi megono ini makin mantap saat disajikan bersamaan dengan tempe kemul dan teh hangat di sampingnya.

4. Soto golak

Wonosobo juga mempunyai sajian soto yang bernama soto golak. Golak merupakan makanan yang menggunakan bahan umbi singkong yang diproses hingga berbentuk layaknya ketan. Selanjutnya digoreng dan dihidangkan bersama soto sapi.

Adanya golak ini bisa menjadi pengganti nasi atau ketupat. Rasanya gurih dan yang pastinya bikin ketagihan.

Selain itu, sajian lezat ini dilengkapi dengan mi soun, seledri, kecambah, kacang tanah, bawang goreng, dan irisan daging sapi.

5. Manisan carica

Buah carica yang masih dalam satu rumpun dengan pepaya ini ternyata hanya tumbuh di dataran tinggi Dieng.

Berbeda dengan pepaya yang bisa dimakan langsung, carica justru tak bisa. Buah yang memiliki ukiran mini ini harus diolah agar bisa dimakan karena bila dimakan langsung rasanya pahit. Salah satu olahannya adalah dengan dibuat manisan.

6. Purwaceng

Purwaceng merupakan minuman herbal khas Wonosobo yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Seperti menghangatkan tubuh, menghilangkan rasa pegal dan dikenal sebagai obat vitalitas tradisonal untuk pria.

Berbentuk kemasan seperti teh, minuman ini bisa jadi pilihan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

7. Teh tambi

Seperti kita tahu, bahwa teh di Jawa Tengah memiliki ciri khasnya sendiri. Seperti halnya teh tambi asal Wonosobo ini.

Tehnya sendiri memiliki aroma wangi melati yang sangat kuat dan tentu saja sangat nikmat dinikmati saat dalam keadaan panas maupun dingin.

Teh tambi juga ada dua jenis, yakni teh hitam dan juga teh hijau yang memiliki manfaat tersendiri untuk tubuh.

Seperti halnya dengan teh hijau bermanfaat untuk kamu yang sedang menjalani program diet.

8. Nasi Megono

Makanan khas Wonosobo selanjutnya adalah nasi megono. Nasi ini terdiri dari nasi, ikan teri, dan irisan sayur.

Warga lokal menyebut makanan ini dengan sego reged atau nasi kotor. Tampilannya memang terlihat kotor, tetapi rasanya tak kalah nikmat.

Warga lokal menjadikan nasi megono sebagai bekal bekerja di sawah. Rasanya semakin mantap apabila disantap dengan tempe kemul.

9. Opak Singkong

Makanan khas Wonosobo selanjutnya adalah opak singkong. Makanan ini terbuat dari rebusan singkong yang dicampur dengan garam dan kucay.

Rebusan singkong yang sudah dibumbui dengan garam dan kucay, kemudian ditumbuk hingga halus. Lalu, dipipihkan dan dijemur hingga kering. Kemudian, singkong digoreng hingga tekstur menjadi kering.

Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat opak singkong banyak dibeli warga kota lain yang berkunjung sebagai buah tangan.

Jika tidak ingin rasanya berubah, kamu bisa membawa pulang opak singkong dalam keadaan mentah.

10. Cenil

Makanan khas Wonosobo dan beberapa daerah lain di Jawa ini tergolong makanan yang merakyat karena harganya yang sangat bersahabat dan kerap dijajakan secara kaki lima.

Tampil dengan warna-warni menarik, manisnya siraman gula jawa, dan taburan kelapa muda, makanan tradisional Wonosobo ini boleh banget kamu cicipi.

Itulah tadi beberapa makanan khas Wonosobo yang lezat dan populer. Kamu bisa mendapatkannya di pusat oleh-oleh Wonosobo terdekat. Happy holiday!

Tag : #wisata wonosobo    #wonosobo    #tempat wisata    #travel    #makanan khas wonosobo    #kuliner wonosobo    #jawa tengah   

Baca Juga