Jenis makanan yang harus dihindari penderita Hipertensi (ultimagz.com)

5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi

Wulan | Kesehatan | 07-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Bagi para penderita hipertensi sebaiknya harus mencermati asupan makanan sehari-hari. Karena jika tidak, bisa saja makanan yang dikonsumsi menjadi penyebab naiknya tekanan darah!

Hipertensi pada dasarnya di pengaruhi oleh beberapa faktor. Namun, makanan yang memiliki pengaruh paling besar adalah asupan tinggi garam.

Badan kesehatan Dunia (WHO) menyarankan agar asupan garam dalam sehari harus dibatasi, yakni kurang dari 5 gram per hari. Hal tersebut dianjurkan karena garam dan natrium memiliki pengaruh besar dalam menjaga agar tekanan darah tetap terkontrol.

Kendati demikian, Anda juga tidak boleh terlalu fokus hanya pada garam saja. Pasalnya masih banyak makanan yang harus dihindari penderita hipertensi yang perlu diketahui.

Nah, apa saja itu? Yuk simak!

1. Daging dalam Kemasan (Processed Meat)

Daging yang sudah diproses dan disimpan dalam kemasan menjadi makanan yang dilarang untuk penderita darah tinggi. Sebab, produk ini diketahui banyak mengandung natrium.

Salah satu contoh makanan jenis ini adalah sois. Saat makanan ini diproses, biasanya akan ada penambahan garam.

Mengonsumsi daging pada dasarnya sangat dianjurkan karena memiliki sumber protein sehat. Namun, pastikan daging yang Anda konsumsi dalam keadaan segar.

2. Makanan yang Dibekukan (Frozen Food)

Selanjutnya makanan yang harus dihindari penderita hipertensi adalah Frozen food. Bukan semua jenis makanan ini harus dijauhi penderita hipertensi, Ada satu makanan yang perlu dihindari yakni Frozen Food yang tinggi natrium.

Sebagai contohnya yakni pizza. Makanan ini mengandung 700 mg natrium dalam setap potongannya.

Selain sebagai penambah rasa, natrium yang terdapat dalam makanan beku juga berguna sebagai pengawet.

3. Makanan Kaleng

Makanan kaleng seperti sarden dan kornet adalah jenis makanan yang harus dihindari penderita hipertensi. Pasalnya, makanan ini cenderung memiliki kadar natrium yang tinggi.

Sama seperti makanan beku, natrium yang ada pada makanan kaleng juga berfungsi sebagai pegawet agar tahan lama.

4. Makanan Cepat Saji

Takaran garam dalam makanan cepat saji (fast food) bisa sangat tinggi. Hal tersebut terjadi lantaran garam menjadi satu bagian yang penting untuk menambah rasa.

Di samping itu, makanan cepat saji juga mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang bisa menyebabkan kadar kolesterol darah semakin tinggi.

Pada akhirnya, kolesterol tinggi inilah yang menyebkan tekanan darah tinggi.

5. Gula

Bukan hanya garam saja, ternyata gula juga memengaruhi tekanan darah. Oleh sebab itu, makanan dengan gula tinggi termasuk dilarang untuk penderita darah tinggi.

Secara tidak sadar, banyak gula yang terkandung dalam makanan sehari-hari yang anda konsumsi. Seperti Kue, roti, donat, permen dan lainnya.

Tak cuma itu saja, konsumsi gula secara berlebihan juga dapat meningkatkan berat badan hingga memicu obesitas.

Jadi, batasi asupan gula Anda. Dalam sehari, batas maksimal gula yang masih aman dikonsumsi pria sekitar 9 sendok teh, dan 6 sendok teh untuk wanita.

Tag : #hipertensi    #penyakit    #kesehatan    #daging dalam kemasan    #makanan yang dibekukan    #makanan kaleng   

Baca Juga