Simak! Ini Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia, Hewan dan Tumbuhan

Penulis : Jesika | Pendidikan | 13-12-2022

Manfaat Energi Matahari (Foto: Kumparan)

PARBOABOA - Energi matahari merupakan energi yang dihasilkan dari pancaran panas sinar matahari. Sebagai salah satu sumber energi yang paling besar di muka bumi, sinar matahari mempunyai beragam manfaat bagi kehidupan makhluk hidup yang ada di Bumi. Mulai dari manusia, hewan dan tumbuhan.

Berbeda dengan sumber energi lain, matahari adalah sumber energi yang tidak memiliki batas dan masuk dalam kategori renewable energy (energi terbarukan). Keberadaan energi matahari memberikan segudang manfaat bagi makhluk hidup. Lantas apa saja manfaat-manfaat energi matahari itu? Yuk simak penjelasannya dibawah ini!

A. Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia

1. Sebagai Tenaga Listrik

Manusia memanfaatkan cahya matahari dengan mengubahnya menjadi pembangkit listrik. Di zaman yang kini semakin modern, semakin banyak masyakarakat yang menggunakan panel surya. Dengan memanfaatkan energi panas matahari sebagi sumber listrik.

2. Sumber Penerangan

Sumber cahaya dari matahari tentu sanagat berbeda dengan penerangan yang diberikan oleh lampu. Lampu sendiri dapat menyala apabila dialiri oleh listrik terlebih dahulu. Maka dari itu, seiring dengan penggunaan teknologi panel surya yang lebih murah, kamu bisa memanfaatkannya sebagai sumber penerangan alami pada saat pagi hari dan cadangan energi untuk lampu di malam hari.

3. Sumber Vitamin D

Energi panas matahari bisa menjadi salah satu nutris yang sangat penting untuk tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh The Institute Of Medicine, seseorang orang harus selalu menerima asupan vitamin D sebanyak 4000-9000 IU/hari atau sekitar 10 hingga 20 menit setiap hari.

Kulit manusia pada dasarnya memiliki sejenis kolestrol dikenal dengan vitamin D. Kulit manusia pada dasarnya mempunyai sejenis kolestrol yang berfungsi sebagai pembangun vitamin D. Pada saat senyawa ini terpapar oleh radiasi UV-B dari matahari, maka senyawa tersebut akan berubah menjadi vitamin D.

4. Menguatkan tulang

Manfaat energi matahari untuk manusia berikutnya adalah menurunkan tekanan darah. Pada saat kulit mendapatkan energi panas matahari, ada senyawa yang disebut ntric oxide dilepaskan ke dalam pembuluh darah. proses tersebut cukup efektif untuk membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

5. Meningkatkan Imun Tubuh

Menurut para peneliti dari Georgetown University Medical Center, sinar matahari dapat memberikan energi pada sel T. Sel T adalah salah satu sel yang mempunyai peran sentral dalam sistem kekebalan tubuh manusia.

B. Manfaat Energi Matahari Bagi Hewan

1. Menjaga suhu tubuh hewan agar tetap hangat dan stabil.

2. Mempercepat proses adaptasi hewan terhadap lingkungannya.

3. Memperlancar proses pencernaan makanan.

4. Sebagai sumber Vitamin D, sama halnya dengan manusia hewan juga membutuhkan viitamin D dari matahari.

5. Menghangatkan tubuh hewan agar bisa bertahan hidup. Ini terutama untuk hewan jenis reptil.

6. Sebagai sumber penerangan untuk mencari makanan dan mangsa.

7. Sebagai penunjuk arah untuk hewan terbang.

C. Manfaat Energi Matahari Bagi Tumbuhan

1. Fotosintetis

Fotosintesis merupakan pemanfaat energi cahaya matahari oleh tumbuhan berhijau daun atau bakteri untuk mengubah karbondioksida dan air menjadi karbohidrat. Oleh karena itu, Matahari berperan penting dalam proses pertumbuhan tumbuhan.

2. Menambah nutrisi

Sinar matahari adalah sumber nutrisi terbaik untuk tumbuhan. Matahari dapat membantu proses pertumbuhan kecambah agar menjadi lebih kaya nutrisi.

3. Mengktifkan Klorofil

Manfaat energi matahari bagi tumbuhan selanjutnya adalah membantu proses fotosintesis. Sementara dengan adanya paparan sinar matahari, klorofil akan diaktifkan dan membuat proses fotositensis berlangsung denga baik.

4. Menjaga Temperatur Tumbuhan

Temperatur yang tepat akan membantu proses metabolisme, fotosintesis, transpirasi dan respirasi pada tumbuhan. Temperatur yang terlalu tinggi dapat merusak enzim pada tumbuhan, sehingga proses metabolisme tidak berjalan sempurna.

5. Mengaktifkan Klorofil

Manfaat energi matahari bagi tumbuhan selanjutnya adalah membantu proses fotosintesis. Sementara dengan adanya paparan sinar matahari, klorofil akan diaktifkan dan membuat proses fotositensis berlangsung dengan baik.

Demikianlah deretan manfaat energi matahari untuk makhluk hidup. Semoga ulasan kami bermanfaat yah!

Editor : -

Tag : #energi matahari    #manfaat energi matahari    #pendidikan    #matahari   

Baca Juga