Mark Zuckerberg, foto: Meta

Facebook Berwarna Biru Bukan Tanpa Alasan, Ternyata Mark Zuckerberg Buta Warna

Wanovy | Teknologi | 05-05-2022

PARBOABOA - Ada alasan mengapa Facebook selalu didominasi warna biru, ternyata karena Mark Zuckerberg buta warna.

Menurut The New Yorker, Zuckerberg buta warna merah-hijau, yang berarti warna yang paling bisa dilihatnya adalah biru. Warna itu juga yang mendominasi situs web dan aplikasi mobile Facebook.

"Biru adalah warna terkaya bagiku. Aku bisa melihat semua warna biru," ujar Zuckerberg.

Dikutip dari Techwelkin, buta warna merah-hijau atau Deuteranomalia adalah suatu kondisi medis yang sebagian besar bersifat genetik dan orang yang mengalami kemungkinan mewarisinya dari ibu. Sekitar 6-8% pria di Bumi mengalami kondisi ini.

Buta warna merah-hijau disebabkan tidak ada sel-sel kerucut hijau yang berkerja, sehingga penderita cenderung melihat hijau sebagai krem dan merah sebagai kuning kecoklatan.

Terakhir, ada Deuteranopia yang membuat seseorang melihat sebagian besar warna sebagai biru dan emas.

Dari penjelasan tersebut, bisa dibilang biru adalah warna terbaik yang apat dilihat oleh seseorang dengan red-green color blindness.

Hal ini juga dikonfirmasi oleh Zuckerberg sendiri. Dalam sebuah kesempatan, Zuck, panggilan akrabnya, mengungkapkan bahwa biru adalah warna terbaik yang bisa ia lihat.

"Biru adalah warna yang paling kaya bagi saya, saya bisa melihat semua warna biru," kata Zuckerberg dalam sebuah wawancara dengan reporter New Yorker, Jose Antonio Vargas, pada 2010 silam. Itulah mengapa, Facebook memiliki warna dominan biru, baik di situs maupun aplikasinya.

Meski demikian, ketidakmampuan Zuckerberg yang sulit membedakan warna dengan benar malah mampu memberi dunia kisah sukses yang hebat dan terbaik di antara jejaring sosial online.

Facebook telah memberinya uang, nama, dan ketenaran. Kekurangan dalam diri Zuckerberg tidak menghentikannya menjadi pengusaha sukses.

Tag : #mark Zuckerberg    #facebook    #meta    #buta warna    #deuteranomalia   

Baca Juga