Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal.

Melawan Saat Hendak Ditangkap, Salah Satu Petinggi KKB Tewas Ditembak Satgas Namengkawi

maraden | Daerah | 04-08-2021

PARBOABOA, Jayapura Salah satu pemimpin Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua ditembak mati oleh Satgas Nemangkawi pada Selasa (3/8/2021).

Anggota KKB yang ditembak mati tersebut bernama Kopengga Enumbi alias Tamu Enumbi (28) yang merupakan pimpinan KKB kelompok Lekagak Telenggen.

Kopengga Enumbi tewas saat Satgas Nemangkawi berusaha menangkap Kopengga Enumbi hidup-hidup di Distrik Irimuli, Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Namun ia memberikan perlawanan ketika hendak ditangkap, sehingga satgas terpaksa menembaknya hingga tewas.

Kopengga Enumbi diketahui merupakan anggota KKB pimpinan Lekagak Telenggen yang memiliki peran cukup penting dalam memenuhi kebutuhan logistik bagi pergerakan KKB Yambi di bawah pimpinan Lekagak Telenggen.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal, melalui keterangan tertulis, mengatakan Kopengga Enumbi merupakan adik kandung dari Lerimayu Enumbi yang memiliki juga sama-sama memiliki posisi penting di kelompok Lekagak Telenggen.

Kopengga Enumbi juga sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polda Papua atas kasus perampasan senjata api.

"Kopengga Enumbi alias Yamu Enumbi merupakan DPO Polres Puncak Jaya dengan nomor LP/Berkas/02-K/I/2014/SPKT. Dia DPO atas kasus pencurian dengan kekerasan perampasan delapan senjata Pospol Kulirik di Pospol Kulirik Kabupaten Puncak Jaya pada 4 Januari 2014 ," kata Kamal.

"Saat dilakukannya penindakan, tersangka Kopengga Enumbi melakukan  perlawan dari pelaku sehingga personel mengambil tindakan tegas dan terukur dengan menembak Kopengga Enumbi alias Tamu Enumbi yang mengakibatkan pelaku meninggal dunia di tempat," lanjut Kamal..

Jenazah Kopengga Enumbi kemudian dievakuasi ke RSUD Mulia, Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya. 

Tag : #tokoh    #daerah    #kriminal    #hukum   

Baca Juga