Menkominfo, Johnny Plate saat memberi sambutan di acara peluncuran 5G Telkomsel

Menkominfo Perintahkan Vendor Smartphone Buka Kunci 5G

wanovy | Teknologi | 14-08-2021

Kementerian Kominfo meminta para vendor smartphone untuk bisa membuka jaringan 5G pada perangkat yang mendukung. Hal ini diungkapkan Menteri Kominfo, Johnny Plate saat konferensi pers hasil uji Laik Operasi Penyelenggaraan Seluler 5G PT XL Axiata.

Seperti diketahui, sebagian smartphone terkini yang beredar di Indonesia memang sudah dibekali konektivitas 5G, tapi tak semuanya bisa langsung terhubung ke jaringan 5G karena masih ada perangkat yang "mengunci" fitur tersebut dengan software lock.

Johnny juga mengatakan bahwa pemerintah saat ini tengah mengembangkan ekosistem pendukung 5G, agar jaringan generasi kelima ini bisa memberi peluang pengembangan teknologi dalam negeri.

"Secara khusus mengenai ketersediaan perangkat smartphone 5G, Kominfo telah meminta kepada seluruh pabrikan dan vendor 5G untuk membuka software 5G, sehingga smartphone yang sudah, dapat digunakan untuk cover 5G," ungkap Johnny.

Mengenai persyaratan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), Kominfo mengungkapkan pemerintah juga tengah menyiapkan TKDN khusus untuk perangkat 5G.Menkominfo Minta Vendor Smartphone Buka "Kunci" 5G

"Ini semuanya untuk efisiensi dan keekonomian industri dalam negeri," ungkap Johnny.

“Kominfo kami telah memerintahkan dan meminta kepada seluruh pabrikasi vendor-vendor 5G untuk membuka software 5G," kata Johnny.

"Ini semuanya untuk efisiensi dan keekonomian industri dalam negeri," imbuhnya.

Beberapa vendor memang sudah melakukan software update pada produknya, seperti pada Oppo Reno 5 5G.

Sehingga pemilik Reno 5 5G hanya tinggal menghubungkan ponsel pada jaringan seluler atau WiFi. Lalu memeriksa pada menu pembaruan software yang ada di menu pengaturan.

Selain itu ada juga Vivo yang sudah membuka akses 5G pada V21 5G dan X60 series. Dalam keterangannya Juni lalu, produk-produk tersebut sudah bisa menjalankan update otomatis untuk bisa menggunakan jaringan 5G.

Untuk mengaktifkan pada produk Vivo tersebut dengan membuka pengaturan lalu pilih System Update. Lanjutkan dengan mendownload dan install software update.

Selanjutnya restart ponsel secara otomatis untuk instalasi software. Terakhir HP sudah siap mendukung jaringan 5G.

Ketersediaan ponsel 5G ini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan sangat penting. Sebab apabila smartphone pelanggan belum mendukung jaringan tersebut maka tidak bisa menikmati 5G.

Menurutnya, hal lain yang sangat penting ketersediaan smartphone yang berbasis 5G, kalau smartphone pelanggan belum bisa 5G tentu layanan 5G tidak bisa dinikmati.

Tag : teknologi

Berita Terkait