Kapolres Gunungkidul AKBP AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah memberikan Bantuan Korban Gendam.

Modus Tawarkan Bansos, Cincin Emas Nenek Lansia Di Gunungkidul Raib

maraden | Daerah | 03-08-2021

PARBOABOA, Wonosari Seorang wanita lanjut usia, Jilah (75), warga Dunggubah, Kalurahan Duwet, Kapanewon Wonosari, menjadi korban aksi kejahatan gendam (hipnotis) dengan modus pemberian bantuan sosial (bansos).

Saat itu, Jilah berada di pekarangan rumahnya di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta. Dia didatangi seorang pria menawarkan bantuan untuknya, pada hari Senin (2/8/2021) sekitar pukul 08.00 WIB

Pelaku meminta korban untuk menyerahkan cincin yang ia pakai sebagai pengganti dari bantuan sosial tersebut.

Setelah berhasil mendapatkan perhiasan itu, pelaku lantas pergi meninggalkan korban.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Humas Polres Gunungkidul Iptu Suryanto mengatakan dari keterangan korban, pelaku mengenakan pakaian serba hitam dan mengendarai sepeda motor. Kerugian yang diderita korban sekitar  2 juta rupiah.

"Dari keterangan korban, pelaku melepas cincin yang dikenakan korban di jari kanan dan jari kiri," kata Suryanto saat kepada wartawan, Selasa (3/8/2021).

Dalam kesemppatan terssebut, Suryanto kembali menghimbau masyarakat agar berhati-hati dan tidak sembarangan menerima tamu yang tidak dikenal.

"Belakangan ini banyak modus (gendam) seperti ini terjadi di Gunungkidul. Rata-rata para pelaku mengincar perhiasan dengan korban lansia," kata Suryanto.

Iptu Suryanto mengatakan dalam seminggu ini sudah ada empat kejadian praktik gendam di Gunungkidul dengan jumlah korban lima orang lansia.

Jajaran Polres Gunungkidul juga masih memburu pelaku praktik gendam dengan modus pemberian bantuan sosial tersebut.

Kejadian serupa terakhir terjadi di Kalurahan Ngawu, Playen pada Minggu (25/7/2021). Sedangkan tiga praktik gendam lainnya berada di Kalurahan Duwet, Wonosari pada Senin (19/7/2021), di Kalurahan Semin, Semin pada Rabu (21/7/2021) dan di Kalurahan Jatiayu, Karangmojo pada Jumat (23/7/2021).  

Sebelumnya dari kelima lansia yang menjadi korban gendam dua diantaranya yang melapor ke Polrres Gunungkidul diterima oleh Kapolres Gunungkidul, Kapolres Gunungkidul AKBP AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah. Dan dalam kesempatan tersebut Aditya Galayudha Ferdiansyah memberikan Bantuan sekedarnya Korban Gendam. 

Tag : #tokoh    #daerah    #kriminal    #hukum   

Baca Juga