Oleh-oleh khas Bandung kekinian

Oleh-oleh Khas Bandung Kekinian yang Cocok Kamu Bawa Pas Pulang Kampung

Wanovy | Travel | 09-02-2022

PARBOABOA - Saat wisata ke Bandung, Jawa Barat, jangan lupa beli oleh-oleh khas kota ini. Oleh-oleh makanan bisa jadi pilihan. Ada beberapa pilihan oleh-oleh khas Bandung kekinian yang bisa jadi camilan.

Bandung merupakan ibu kota Jawa Barat yang dikenal akan keindahan tempat wisatanya sejak dulu, tak heran jika Bandung disebut dengan Paris Van Java.

Selain miliki suasana dan berbagai tempat yang indah, Bandung juga dikenal dengan wisata kuliner dan keramah tamahan penduduknya. Warga Bandung selalu welcome lho kepada wisatawan baik asing ataupun domestik, sehingga tak heran jika Bandung selalu jadi tujuan wisata.

Berbicara tentang wisata, jika kamu ke Bandung tentunya belum lengkap jika tak mencicipi dan membekal makanan oleh-oleh khas Bandung yang hanya ada di kota kembang ini tentunya.

Di antara banyaknya oleh-oleh khas Bandung, berikut ini oleh-oleh khas Bandung kekinian yang tak boleh kamu lewatkan. Yuk, kita simak selengkapnya!

1. Batagor Kingsley

Makanan yang pasti muncul pertama kali di benak kebanyakan orang kalau sudah berurusan dengan oleh-oleh khas Bandung adalah batagor. Ya, makanan yang terbuat dari campuran tepung tapioka, tahu, dan ikan tenggiri ini memang sudah sangat terkenal kelezatannya di Bandung.

Camilan gurih dan lezat ini biasanya disajikan dengan cara digoreng terlebih dahulu dan dinikmati dengan siraman bumbu kacang yang pedas lengkap dengan perasan jeruk di dalamnya.

Nah, meskipun di Bandung sudah banyak bertebaran warung batagor yang bisa kamu coba, salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi adalah Batagor Kingsley yang lokasinya ada di Jalan Veteran No.25, Kebon Pisang, Sumur Bandung.

Tempat ini sudah sangat terkenal, tidak hanya untuk warga Bandung, tapi juga kota lainnya. Alasannya sederhana, karena rasanya ikannya yang khas dan juga sangat gurih. Selain bisa makan di tempat, kamu juga bisa membelinya sebagai oleh-oleh khas Bandung, lho! Kalau berencana membawanya, belilah batagor yang belum digoreng untuk menjaga keawetannya, dan kamu bisa menggorengnya sendiri di rumah nanti.

2. Tahu Lembang Susu

Oleh-oleh khas Bandung kekinian yang satu ini banyak disukai wisatawan karena rasanya yang enak dan gurih. Terbuat dari kedelai dan campuran susu murni, membuat tekstur tahu lebih lembut daripada jenis tahu lain. Kamu bisa memilih untuk membeli mentahan atau langsung menikmati tahu yang sudah digoreng.

Toko yang menjual Tahu Susu Lembang bisa kamu temukan di Jalan Raya Lembang-Bandung No.177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

3. Kartika Sari

Nama toko Kartika Sari sangat ikonik di kalangan wisatawan. Jenis menunya yakni bollen menjadi kesukaan banyak orang. Kamu akan disuguhi dengan banyak jenis varian bollen. "Varian bollen yang dijual yakni kacang hijau, apel, peuyeum keju, durian keju, pisang bollen cokelat keju, pisang bollen keju spesial dan durian keju," isi keterangan yang ditulis di laman resmi oleh oleh khas Bandung Kartika Sari.

Toko Kartika Sari sudah eksis sejak 1970-an dan masih bertahan sampak sekarang. Cabangnya sudah tersebar di wilayah kota Bandung. Salah satu cabangnya berada di Jalan H. Akbar No.4, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat.

4. Cireng

Oleh-oleh khas Bandung selanjutnya adalah cireng. Kalau yang satu ini juga pasti kalian sudah tau, kan? Cireng sendiri merupakan singkatan dari aci digoreng. Makanan yang terbuat dari campuran tepung kanji, air, merica, garam, bawang putih, kedelai, dan daun bawang ini paling enak kalau dinikmati menggunakan bumbu rujak pedas atau bisa juga dengan sambal kacang sambil minum teh.

Menariknya, saat ini sudah banyak juga cireng dengan berbagai macam isian, seperti keju, daging ayam, daging sapi, dan sosis. Meskipun saat ini kita sudah bisa menemukan cireng di supermarket, tapi tidak ada salahnya kan kalau membelinya langsung di tempat asalnya sebagai oleh-oleh khas Bandung untuk keluarga?

5. Prima Rasa Bandung

Pusat oleh-oleh khas Bandung ini bernama Prima Rasa Bandung. Makanan khas Bandung yang paling terkenal disini adalah Picnic Roll Prima Rasa. Picnic roll merupakan olahan daging cincang yang sudah diberi bumbu selanjutnya dimasukkan ke kulit pastry bersama terlur rebus, kemudian dipanggang sampai berwarna kecoklatan.

Soal rasa tak perlu diragukan lagi. Oleh-oleh khas Bandung kekinian ini tersedia dalam dua varian yaitu daging sapi dan daging ayam yang sama-sama enak. Selain picnic roll, menu andalan di Prima rasa adalah brownies, pudding mouse dan mouse cake.

6. Bandung Kunafe

Bandung Kunafe milik Irfan Hakim dan Ananda Omesh ini mengambil bahan dasar Japanese Cheese Cake yang kemudian diolah dengan berbagai varian isian. Mulai dari Kunafe Cheese, Kunafe Greentea, Kunafe Chocolate, Kunafe Tiramisu, Kunafe Nutella, dan Kunafe Durian.

Bentuk kue ini bulat dan agak tebal. Rupanya seperti kue-kue cantik pada umumnya, dengan dasar Japanese Cheese Cake dan diberi isian berbagai rasa krim yang nikmat. Harga kue Kunafe dibanderol mulai dari Rp 68.000 – Rp 75.000 per kotaknya. Lokasi gerainya sendiri cukup banyak di beberapa titik toko dan pop up store di mal. Namun salah satu yang pertama ada di Jalan Banda, Nomor 23, Citarum, Bandung.

7. Peuyeum Bandung

Oleh-oleh khas Bandung kekinian selanjutnya yang juga tidak kalah terkenalnya di Bandung adalah peuyeum. Kamu juga pasti sudah sering mendengarnya, kan? Makanan yang menyerupai tape tapi lebih kering ini memang banyak dijual di sana.

Bisa dibilang, proses pembuatannya juga cukup mudah, yaitu dengan mengupas serta mencuci bersih singkongnya, kemudian dikukus hingga matang. Setelah matang, singkong ini didinginkan hingga benar-benar dingin, lalu ditaburi ragi dan didiamkan dalam wadah tertutup selama kurang lebih dua sampai tiga hari lamanya.

Teksturnya yang empuk dan rasanya yang manis membuat peuyeum sangat cocok untuk dinikmati saat sore hari sambil minum teh pahit hangat. Makanya, jangan lupa juga untuk membeli peuyeum untuk oleh-oleh nanti, ya!

8. Oncom Sari Raos

Oncom adalah makanan khas sunda yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Bahan makanan ini dapat diolah menjadi berbagai masakan lezat, salah satunya oncom goreng. Oncom Raos menyajikan rasa oncom yang lezat dan berkualitas. Tidak hanya menjual oncom mentah, Oncom Raos juga menghadirkan berbagai produk olahan oncom, seperti oncom goreng dan keripik oncom.

Untuk memperoleh Oncom Raos sebagai oleh-oleh khas Bandung, kamu bisa membeli di tokonya di Jalan Cihampelas. Selain aneka olahan oncom, pada tempat tersebut kamu bisa menemukan berbagai oleh-oleh khas Bandung lainnya. Ada aneka keripik dan sale pisang.

Nah, itulah beberapa oleh-oleh khas Bandung kekinian yang bisa kamu bawa saat pulang kampung untuk dibagikan kepada keluarga ataupun teman. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata bandung    #bandung    #kuliner    #oleh oleh bandung   

Baca Juga