Oli mesin mobil (Dok: momobil.id)

Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang? Kenali Penyebab dan Solusinya

Dimas | Otomotif | 15-07-2022

PARBOABOA – Oli merupakan salah satu barang yang krusial bagi mesin mobil. Sebab, oli mesin berfungsi sebagai pelumas sekaligus penjaga suhu mesin motor.

Namun seiring pemakaiannya, wajar bila oli mesin mengalami penguapan hingga akhirnya berkurang. Penguapan oli mesin memang sangat mungkin terjadi, tetapi harus dalam batas tertentu yakni 10% dari volume total.

Jika lebih dari itu, maka penyebab berkurangnya oli harus ditemukan. Pasalnya, apabila oli mesin terlalu cepat menguap atau berkurang, hal itu bisa menimbulkan masalah pada mobil.

Penyebab Oli mesin Terlalu Cepat Berkurang

1. Kebocoran Seal Mesin

Oli mesin mobil yang cepat berkurang, bisa disebabkan oleh kebocoran pada seal packing yang berada di sela bagian sambungan mesin. Kebocoran seal umumnya terjadi karena pemakaian yang cukup lama. Akibatnya, oli mesin akan cepat mengalami penguapan dan habis.

2. Kerusakan Pada ring Piston

Faktor penyebab oli mesin mobil yang cepat sekali berkurang selanjutnya karena adanya kerusakan pada ring piston atau seher.

Kerusakan ini bisa dilihat dari asap knalpot yang berwarna putih, yang kadang terjadi saat mesin mobil dinyalakan. Keluarnya asap putih pada knalpot terjadi karena oli ikut terbakar pada saat terjadi proses pembakaran pada mesin mobil.

Oli mesin yang terbakar tersebut akan masuk ke dalam piston dan akan keluar dalam bentuk asap berwarna putih pada knalpot mobil.

3. Kerusakan Ring Seher

Terkadang, ring seher atau penahan oli pada ruang pembakaran sudah tidak berfungsi lagi dengan baik, sehingga komponen ini tidak dapat menahan oli.

Akibatnya, oli bisa masuk ke ruang pembakaran saat terjadi proses pembakaran. Hal inilah yang membuat oli cepat sekali mengalami penguapan dan berkurang.

4. Jenis Oli Tidak Sesuai dengan Mesin

Penyebab oli mesin cepat habis juga bisa terjadi karena jenis oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan oli sesuai standar dari pabrikan.

Cara Mengatasi Oli Mesin yang Cepat Berkurang

1. Ganti Seal Mesin Yang Rusak

Seperti yang telah dijelaskan diatas, seal mesin rusak adalah salah satu penyebab oli mesin berkurang dengan lebih cepat. Untuk mengatasinya, maka yang harus dilakukan adalah dengan mengganti seal mesin yang rusak dengan yang baru.

Seal merupakan bagian yang terdapat pada bagian sambungan mesin. Seal ini berfungsi agar oli tidak mengalami bocor dan masuk ke ruang pembakaran mesin. Apabila seal sudah mengeras dan robek, maka seal tersebut harus diganti dengan yang baru.

2. Ganti Ring Seher

Ring seher berfungsi untuk menahan agar oli tidak masuk ke piston pada saat terjadi proses pembakaran. Seiring lamanya pemakaian, ring seher akan mengalami keadaan dimana alat tersebut tidak bisa menahan oli, sehingga oli bisa masuk ke piston.

Keadaan ini ditandai dengan adanya asap putih yang keluar pada knalpot. Jika sudah begini, sebaiknya segera lakukan penggantian ring seher dengan yang baru.

3. Gunakan Oli Berkualitas

Menggunakan oli berkualitas bisa menjadi solusi untuk mengatasi oli mobil yang cepat berkurang. Oli yang bagus tentu memiliki ketahanan yang cukup kuat terhadap panas, sehingga tidak akan menyebabkan oli cepat menguap .

4. Lakukan Pengecekan Mesin Secara rutin

Langkah terakhir yang harus dilakukan para pemilik mobil adalah dengan sering melakukan pengecekan pada bagian mesin, serta tidak terlambat melakukan penggantian oli.

Dengan demikian, maka kerusakan dan masalah-masalah pada mobil bisa segera diketahui.

Itulah seputar informasi mengenai penyebab oli mesin mobil cepat berkurang. Jika Anda mengalami masalah ini, silahkan ikuti langkah-langkah yang telah dijelakan di atas. Semoga membantu!

Tag : #mobil    #oli mobil    #otomotif    #kesehatan mobil    #jenis oli mobil    #ring piston    #ring seher   

Baca Juga