Oppo MagVOOC

Oppo Umumkan MagVOOC, Teknologi Charger Nikrabel Mirip MagSafe dan MagDart

wanovy | Teknologi | 25-08-2021

Oppo mengumumkan seri terbaru dari teknologi pengisian baterai smartphone-nya pada acara Smart China Expo 2021. Hampir semua teknologi yang dimiliki Oppo ditingkatkan ke versi baru.

Teknologi pengisian daya cepat nirkabel untuk smartphone kini menjadi perhatian para vendor ponsel.

Hal ini terlihat dari vendor ponsel yang mulai merilis teknologi pengisian daya cepat nirkabel garapan perusahaan ke pasaran.

Tak ingin ketinggalan, Oppo juga mengungkap rangkaian teknologi pengisian daya cepat magnetis (magnetic flash charging) dengan brand MagVOOC, yang mirip dengan MagSafe Apple dan MagDart Realme.

Teknologi VOOC ini sendiri merupakan singkatan dari "Voltage Open Loop Multistep Constant-Current Charging".

Saat diperkenalkan pertama kali, VOOC diklaim memiliki kecepatan pengisian daya 400 persen lebih cepat dari charging lainnya. VOOC diklaim mampu mengisi daya baterai hingga 75 persen dalam waktu 30 menit saja.

Ada tiga konsep produk MagVOOC yang diungkap Oppo dalam acara China International Smart Industry Expo 2021, baru-baru ini. Ketiganya adalah MagVOOC ultra-thin flash charger, MagVOOC wireless power bank, dan MagVOOC wireless flash charging stand.

MagVOOC ultra-thin flash charger mengadopsi desain terpisah antara pemancar coil dan mainboard, sehingga membuat pengisi daya ini tampil dengan desain lebih tipis. Desain terpisah ini juga disebut dapat mencegah panas yang dihasilkan oleh papan utama ikut berpindah ke smartphone.

Sementara MagVOOC wireless power bank, Oppo menggambarkan power bank ini sebagai "baterai eksternal" ponsel yang sudah berstandar Qi wireless charging. Power bank MagVOOC dapat mendukung pengisian nirkabel (wireless charging) dengan daya 20W dan pengisian kabel (wired charging) berdaya 10Watt. Power bank ini disebutkan dapat mengisi baterai ponsel 4.500 mAh hanya dalam waktu dua jam.

Untuk MagVOOC wireless flash charging stand. Sesuai namanya, pengisi daya ini berbentuk mirip seperti dudukan (stand) ponsel biasanya.

Namun, bila pengguna menempelkan smartphone secara horizontal ke stand tersebut, ponsel akan otomatis melakukan pengisian daya nirkabel.

Untuk saat ini, Oppo belum mengungkapkan rincian kehadiran ketiga produk magnetic flash charging MagVOOC di pasaran.

Sebagai informasi, teknologi VOOC pertama kali diluncurkan pada 2014 dan kini Oppo telah mengajukan lebih dari 1700 paten terkait dengan teknologi tersebut.

Kini teknologi itu telah digunakan di lebih dari 30 model perangkat dan melayani lebih dari 145 juta pengguna. Namun, Oppo pun melisensikan teknologinya kepada perusahaan lain.

Seiring berjalannya waktu, Oppo memperbarui teknologi tersebut dengan beberapa versi, masing-masing dengan daya pengecasan yang berbeda, mulai dari VOOC 2.0 (20W), VOOC 3.0 (25W), VOOC 4.0 (30W), SuperVOOC (50W), SuperVOOC 2.0 (65W), dan 125W Flash Charge (125W).

Tag : #teknologi   

Baca Juga