Pantai di Pacitan, foto: Suara.com

10 Tempat Wisata Pantai di Pacitan yang Bagus dan Terbaik 2022

Wanovy | Travel | 29-09-2022

PARBOABOA, Pacitan - Pacitan adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang menyimpan banyak potensi tempat wisata.

Pacitan sendiri memiliki julukan “1001 Goa” karena kamu bisa menemukan banyak goa di kabupaten ini.

Namun selain goa, Pacitan pun juga menyimpan objek wisata lainnya yang mampu memanjakan mata, salah satunya adalah wisata pantainya.

Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui mengenai keindahan pantai-pantai yang ada di Pacitan ini.

Buat kamu yang berniat jalan-jalan ke pantai selain di Bali dan penasaran ada pantai apa aja di Pacitan, berikut ini kami rangkumkan untuk sejumlah wisata pantai di Pacitan, yang mungkin bisa jadikan destinasi liburan mu selanjutnya!

1. Pantai Banyu Tibo

Bagi wisatawan yang mencari destinasi unik dan menarik, cobalah datang ke Pantai Banyu Tibo di Pacitan.

Dinamakan demikian, karena di pantai di Pacitan tersebut terdapat air terjun yang menghadap langsung ke laut lepas.

Unik bukan? Pemandangan seperti ini sangat jarang ditemui di pantai manapun di Indonesia. Dengan begitu, pengunjung dapat merasakan suasana liburan di air terjun serta pantai cantik sekaligus.

Lokasi Pantai Banyu Tibo berada Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Kondisi pasirnya begitu bersih dan berwarna putih. Lanskap alamnya pun sangat keren.

Anak muda milenial akan betah berlama-lama di pantai ini. Jangan lupakan juga tebing karang yang berada di sekitar Pantai Banyu Tibo. Panorama seperti ini menjadi nilai tambah bagi pantai tersebut.

2. Pantai Klayar

Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata andalan di Pacitan. Sebab, dari segi sarana pendukungnya seperti fasilitas dan akses jalannya, sudah ditata cukup baik.

Keindahan pemandangan di Pantai Klayar terletak pada lanskap alamnya. Selain itu, pasir putihnya yang bersih dan eksotisnya lautan luas di pantai ini akan membuat pikiran jauh lebih tenang.

Pengunjung dapat mendengar bunyi unik yang berasal dari suara ombak yang masuk ke celah-celah lubang karang.

Lokasi Pantai Klayar terletak di Kalak, Sendang, Donorojo, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan. Akses jalan masuknya terbilang strategis, karena baik sepeda motor hingga bus pariwisata dapat melaluinya.

3. Pantai Ngandul

Bisa dikatakan pantai di Pacitan ini tersembunyi dari khalayak. Jarak dari pusat kota Pacitan juga cukup jauh, sekitar 40 kilometer.

Setelah melakukan trekking selama beberapa menit, kamu akan menemukan pantai dengan tebing yang langsung berbatasan dengan laut lepas.

Tidak ada pasir pantai yang putih, melainkan hanya karang dan tebing. Namun adanya sungai dan air terjun kecil yang langsung menjatuhkan airnya ke laut yang menjadikan Pantai Ngandul ini begitu spesial pemandangannya.

4. Pantai Taman

Berjemur, bermain air dan pasir sudah menjadi kegiatan umum yang dilakukan di pantai. Tapi di Pantai Taman Ngadirojo, kamu ditantang melakukan aktivitas ekstrim, ber-flying fox dari ketinggian. Wow!

Konon, jalur flying fox ini menjadi yang terpanjang di Indonesia, dengan 415 meter dari ketinggian 74 meter dan kecepatan luncur mencapai 50 km/jam. Jadi, dari puncak hingga ke titik akhir, hanya butuh 30 detik slide. Berani mencoba?

5. Pantai Buyutan

Di sebelah timur Pantai Banyu Tibo, kamu akan kembali menemukan pantai lainnya yang tidak kalah indah, yakni Pantai Buyutan.

Lanskap langit biru dengan pantai pasir putih menjadi andalan dari Pantai Buyutan ini. Hal ini juga sukses menarik perhatian para wisatawan untuk datang berkunjung.

Selain itu, keunikan lainnya dari wisata pantai di Pacitan ini adalah kamu bisa melihat sebuah batu yang berbentuk seperti mahkota dewa. Konon, batu itu disebut-sebut merupakan mahkota Dewa Narada yang jatuh ke bumi.

6. Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung memesona dengan bukit karang, air biru kehijauan, pasir putih lembut membentang, dan tempat favorit berselancar. Pantai yang masih perawan ini terletak tidak jauh dari Pantai Srau.

Hanya berjarak 30 kilometer dari pusat kota, menempuh perjalanan sekitar 45 menit. Jalan menuju pantai ini berkelok-kelok dan mendaki. Tetapi, pemandangan kawasan karst Gunung Sewunya sangat indah.

Pantai yang berlokasi di Dusun Watu adalah surga bagi peselancar yang lebih populer di kalangan turis asing daripada lokal.

Meski lokasinya cukup terpencil namun pemandangan bagus, asri, bersih dan tenang. Ini membuat banyak peselancar profesional betah berlama-lama tinggal di sini selama berbulan-bulan.

7. Pantai Kasap

Pacitan ternyata punya Raja Ampat. Jika tidak percaya, datang saja ke Pantai Kasap. Pantai ini memang memiliki julukan sebagai Raja Ampat-nya Pacitan.

Hal itu karena adanya gugusan karang yang sekilas mirip dengan Raja Ampat di Papua. Selain menjadi keunikan, hal ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Wisatawan bisa berjalan sampai di atas puncak bukit karang untuk bisa berfoto dengan obyek gugusan karang tersebut.

Sore hari yang cerah saat weekdays menjadi saat paling pas untuk menikmati dan mengabadikan keindahan Pantai Kasap ini.

8. Pantau Srau

Gelar surga pasir putih-nya Pacitan pantas disematkan kepada pantai ini. Itu karena Pantai Srau memiliki kawasan garis pantai pasir putih yang panjang. Total ada tiga kawasan di Pantai Srau ini. Warga setempat biasanya menyebutnya sebagai Pantai Srau I, II, dan III.

Kawasan pantai di Pacitan yang luas ini menjadikan Srau sebagai salah satu tempat terbaik untuk camping. Hal itu juga membuat pantai ini bisa menampung banyak wisatawan.

9. Pantai Soge Pacitan

Surga di kawasan pesisir selatan Pacitan ini menjadi obyek wisata baru yang tengah populer. Ini di mulai sejak pemerintah membangun jalan tol selatan sepanjang 70 km di kawasan itu. Pantai Soge, sangat menarik karena letaknya tepat di pinggir jalan raya.

Pantai ini berada di sisi selatan Jalur Lintas Timur kota Pacitan. Jaraknya dari pusat kota sekitar 24 km, dibutuhkan 30 menit waktu berkendara. Belum ada transportasi umum, pilihannya menggunakan mobil atau motor.

Banyak wisatawan lokal menyempatkan singgah ke pantai Soge. Untuk sekedar menikmati sejuknya angin laut, bermain di muara pantai yang airnya jernih dan berpasir putih. Berselfie foto dengan panorama latar yang menawan, dikeliling perbukitan serta barisan nyiur hijau pohon kelapa.

10. Pantai Ngiroboyo

Pantai di Pacitan ini dihiasi dengan batu karang yang nampak perkasa. Ombak pantainya juga besar seperti kebanyakan pantai di kawasan selatan Pulau Jawa.

Keunikan lainnya dari Pantai Ngiroboyo adalah terdapatnya muara dari Sungai Maron. Sungai ini dikenal masyarakat setempat sebagai tempat festival dayung Ngiroboyo, yang biasa digelar setiap tahun.

Ada beragam aktivitas yang bisa kamu lakukan selama berada di Pantai Ngiroboyo, karena sejumlah fasilitas sudah disediakan untuk para wisatawan.

Kamu bisa bermain selancar air, camping, bermain river tubing, menyusuri sungai menggunakan perahu kecil atau besar, dan tentunya bisa sepuasnya menikmati panorama alam yang begitu memukau.

Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata pantai di Pacitan yang bagus dan terbaik 2022. Happy holiday!

Tag : #wisata pacitan    #pacitan    #travel    #tempat wisata    #jawa timur    #pantai pacitan   

Baca Juga