Pemamfaatan teknologi Virtual Reality (VR) pada pembelajaran di sekolah.

Pembelajaran di Masa Depan memungkinkan Penggunaan Teknologi VR Hingga AI

Maraden | Pendidikan | 19-11-2021

PARBOABOA – Berkembangnya teknologi tentu saja akan berpengaruh terhadap semua aspek kehidupan manusia termasuk pada dunia pendidikan. Tren pembelajaran juga diperkirakan akan mengalami kemajuan yang pesat dengan mengandalkan pemamfaatan teknologi itu.

Salah satunya perkiraan kemajuan tren pembelajaran di masa depan ialah sistem yang berubah hybrid dan lebih inovatif. Tidak menutup kemungkinan, perkembangan tren penggunaan teknologi tersebut akan semakin berkembang dan semakin maju.

Salah satu contoh dari pemamfaatan teknologi di dunia pendidikan bahkan sudah terlihat di era pandemi beberapa waktu belakangan ini. Teknologi yang semakin maju telah memungkinkan diadakannya pembelajaran jarak jauh (daring). Jadi tidak menutup kemungkinan pembelajaran dengan metode online ini akan menjadi salah satu metode pembelajaran yang efisien di masa akan datang.

Sejak anak bertumbuh dan mulai menjelajahi dunia di sekitar mereka, bisa menggunakan pendekatan STEM (Sains, Teknologi, Teknik, Matematika) untuk mendidik anak-anak dan menginspirasi mereka agar semangat belajar. Pemamfaatan teknologi membuat anak memiliki opsi belajar berdasarkan bakat atau kecenderungan hal yang mereka sukai.

  • e-Learning

Pendidikan berbasis online atau e-Learning akan menjadi tren baru dalam dunia pendidikan pasca pandemi. Sebenarnya e-Learning sudah banyak dilakukan pada dunia pendidikan seperti halnya di dunia bisnis yakni meeting jarak jauh pada perusahaan multinasional contohnya. Atau perkuliahan online yang mengundang secara virtual pembicara dari belahan dunia lain.

  • Belajar Mandiri

Pembelajaran online pada awalnya dilakukan untuk mengatasi jarak yang tidak dapat dilakukan terkait masalah tertentu sperti pandemi yang masih terjadi saat ini. Namun kedepan, bisa jadi metode pembelajaran online ini membuat siswa menjadi pribadi yang mandiri yang dapat menentukan waktu dan tempat dimana mereka belajar dan mengakses arahan dari tentor mereka.

  • Virtual Reality (VR).

Teknologi yang semakin berkembang yang memungkinkan pembelajaran jarak jauh akan semakin sempurna disaat teknologi Virtual Reality (VR) sudah semakin canggih. Penggunaan VR ini memungkinkan seorang peserta didik dapat berinteraksi dengan tentornya dari jarak jauh namun dengan kesan seolah-olah berada di tempat yang sama.

VR juga memungkinkan siswa dapat belajar dalam lingkungan yang sepenuhnya digital. Misalkan saat siswa dapat melihat dengan jelas bagaimana tata surya di semesta dengan melakukan perjalanan melalui ruang angkasa di pesawat ruang angkasa VR, atau untuk menjelajahi seluk-beluk bagian dalam tubuh manusia.

  • Teknologi AI

Lebih canggih dari VR, Teknologi Artificial Intelligence (AI) akan membuat tren pembelajaran di masa depan akan semakin menyenangkan. AI bisa mengubah cara guru mengajar, memetakan kebutuhan dan menganalisisnya. Tentunya hal ini akan mengoptimalkan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang lebih baik.

Tag : pendidikan, pendidikan tingngi, perkuliahan, teknologi pendidikan

Berita Terkait