Pembuat Konten TikTok Nenek Mandi Lumpur Diperiksa Polisi

Wanovy | Teknologi | 19-01-2023

Konten TikTok nenek mandi lumpur, foto: lambeturah.co.id

PARBOABOA - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) menelusuri akun TikTok @intan_komalasari92 yang viral karena mengunggah konten emak-emak dan nenek mandi lumpur. Akun itu telah mengunggah lebih dari 30 video mandi lumpur dengan pemeran yang berbeda-beda.

Berdasarkan penelusuran Polda NTB, pemilik akun itu berasal dari Desa Setanggor, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah.

"Hasilnya, Pada hari Selasa tanggal 17 Januari 2023, anggota Subdit Siber melakukan profiling dan menemukan pemilik akun TikTok @intan_komalasari92 tersebut berada di Desa Setanggor, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah," kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Artanto di Mataram, Rabu (18/1/2023).

Artanto mengatakan, pemilik akun TikTok dan beberapa nenek yang menjadi pemeran dalam video mandi lumpur sedang diperiksa di Polres Lombok Tengah.

"Pemilik akun tersebut merupakan pasangan suami Istri, masing-masing berinisial SAH dan IK," kata Artanto.

Artanto menjelaskan, identitas orang yang pernah tampil dalam video live akun TikTok itu berinisial LS (49), IR (54), dan HRT (43).

Beberapa orang yang tampil secara live itu memiliki hubungan keluarga dengan pemilik akun. Namun, ada beberapa tetangga dari pemilik akun itu yang juga tampil secara live.

"Berdasarkan hasil klarifikasi dari sejumlah warga bahwa yang tampil pada akun TikTok tersebut tanpa ada paksaan dan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari gift (hadiah) yang diberikan oleh penonton dengan kesepakatan bagi hasil dengan pengelola akun TikTok," kata Artanto.

Meski begitu, Polda NTB tetap menyelidiki kasus itu demi terciptanya ketertiban dan keamanan di wilayah tersebut.

"Hal ini dapat menimbulkan kegaduhan dan salah persepsi dari warga sehingga dapat mengganggu kamtibmas," kata Artanto. Ia pun berharap warga lebih cerdas dalam menggunakan media sosial sehingga tidak menimbulkan kegaduhan.

Diketahui, akun itu telah mengunggah lebih dari 30 video mandi lumpur dengan pemeran yang berbeda-beda yang kemudian viral.

Pemeran di tiktok yang kebanyakan orang tua akan mengguyur badan setelah menerima gift dari penonton. Namun banyak yang menyesalkan sebab hal itu termasuk mengeksploitasi orang tua demi konten dengan balasan gift

Seperti diketahui, fenomena 'mengemis online' melalui platform live di TikTok sedang menjadi perbincangan warganet akhir-akhir ini.

Hal itu karena sejumlah orang yang mengaku kreator melakukan siaran langsung atau live di TikTok dengan melakukan kegiatan ekstrem atau tak wajar, seperti berendam di air hingga mandi lumpur, dengan aktor utama orang tua atau lansia.

Mereka memanfaatkan fitur 'gift' yang ada di TikTok dan berharap bisa mendapatkan gift dengan jumlah banyak dari penonton dan kemudian menukarnya dengan uang.

Tag : #tiktok    #nenek mandi lumpur    #teknologi    #apps    #internet   

Baca Juga