Pemotor bersarung nyangkut diantara ban motor dan spakbor.

Pemotor Bersarung Nyangkut Diantara Roda Dan Spakbor Motornya

maraden | | 05-08-2021

PARBOABOA, Jakarta Sebuah video beredar di media sosial, yang diunggah melalui akun instagram @fakta.indo.

Terlihat seorang pemuda mengendarai sepedamotor dengan mengenakan sarung yang kemudian terjepit di sela-sela spakbor dan ban motor. Melihat kejadian itu beberapa warga terlihat membantu untuk evakuasi pemotor bersarung tersebut.

Diduga kejadian tersebut terjadi akibat sarung yang dikenakan pemuda tersebut menjuntai hingga terlilit oleh jari-jari roda sepedamotor, dan mengakibatkan sarung beserta tubuh pengendara tersebut tertarik hingga tersangkut diantara ban motor dan spakbor.

Video viral itu memancing respon warganet, banyak yang menduga jika pengendara itu terjepit di antara spakbor dan ban lantaran sarung yang menjuntai terbelit diantara velg sepedamotornya.

"Sarungnya nyangkut itu kayaknya, jadi dia keseret ke belakang terus nyangkut di situ," komen serang netizen.

Menanggapi peristiwa tersebut, Instruktur Keselamatan Berkendara dari Rifat Drive Labs, Erreza Hardian menjelaskan pakaian yang dikenakan  pengendara sepedamotor ataupun penumpang disarankan tidak menjuntai. Pakaian seperti itu akan menimbulkan risiko berbahaya bagi pemakainya jika bagian bajunya tersangkut di roda atau rantai motor.

"Sebaiknya jangan memakai pakaian seperti itu, karena ya memang sudah kejadian, ada risiko sarung menjuntai bisa berisiko terbelit karena beberapa komponen kendaraan motor ada yang terbuka sehingga bisa menimbulkan bahaya," ujar Reza saat dihubungi, Rabu (4/8/2021).

"Memang tidak ada hukum yang mengatur tidak boleh mengendarai sepedamotor pakai sarung, tetapi ini merupkan bentuk himbauan demi keselamatan," tambah dia.

Reza menjelaskan penyebab kecelakaan itu terbagi atas tiga faktor, yakni manusia, kendaraan, dan lingkungan. Penggunaan pakaian yang menjuntai termasuk kesalahan manusianya karena bisa meningkatkan risiko kecelakaan.

Menurut Reza faktor pakaian dari pengendara sepedamotor bisa juga menjadi penyebab kecelakaan ditambah lagi pengedaranya yang memacu dengan kecepatan tinggi akan mengakibatkan pakaiannya berkibar terhembus angin, juga kondisi rantai sepedamotornya yang tidak tertutup.  

Tag : #viral    #lakalantas    #daerah    #hukum    #teknologi    #metropolitan    #hiburan   

Baca Juga