Ilustrasi Akun Twitter Verified

Pengajuan Verifikasi Akun Centang Biru Twitter Ditutup Lagi

wanovy | Teknologi | 18-08-2021

Baru sekitar tiga bulan dibuka, kini Twitter memutuskan untuk menunda permintaan verifikasi akun centang biru untuk sementara waktu.

Sebelumnya, pada Mei 2021 lalu, Twitter membuka kembali pengajuan centang biru, setelah menyetop pengajuan verifikasi ini sejak 2017.

Namun pada Agustus 2021 ini, pengajuan centang biru/verified account kembali distop oleh Twitter. Pengumuman itu disampaikan oleh Twitter lewat akun resmi mereka dengan handle @verified.

"Kami menghentikan sementara waktu akses pengajuan verifikasi akun sehingga kami bisa melakukan peningkatan pada proses aplikasi dan peninjauan," tulis Twitter dalam pengumuman yang diunggah hari Jumat (13/8/2021).

Twitter pun tidak mengumumkan kapan pengguna bisa kembali mengajukan verifikasi tersebut. Sehingga harus menunggu sedikit lebih lama untuk mendapatkan centang biru yang paling dinanti.

Seperti diketahui, mendapatkan centang biru atau akun terverifikasi merupakan keuntungan tersendiri. Sebab, akun centang biru yang ada di nama profil pengguna bakal cenderung didengar oleh pengguna lainnya.

Dikutip dari The Verge, perwakilan Twitter mengatakan pihaknya akan tetap melanjutkan proses pengajuan verifikasi akun yang telah masuk dalam beberapa pekan ke depan. Namun, bagi pengguna lain yang baru ingin mengajukan proses verifikasi, harus menunggu sampai waktu yang belum ditentukan.

Saat ini ada enam kategori akun yang akan memenuhi syarat untuk verifikasi. Mereka adalah akun kategori pemerintah, perusahaan/merek dagang/organisasi, perusahaan media dan jurnalis, hiburan, olahraga dan game, hingga aktivis, penyelenggara, dan individu berpengaruh lainnya.

Twitter juga berencana akan menambahkan beberapa kategori untuk pembaruan ke depan. Aplikasi akan menambahkan akun kategori ilmuwan, akademisi, hingga tokoh agama.

Selain kriteria di atas, pengguna juga harus memverifikasi identitas untuk mendapatkan centang biru.

Beberapa hal yang diperlukan yakni mencantumkan nama asli dan foto profil, akun aktif selama enam bulan terakhir, memiliki email, dan nomor telepon yang dikonfirmasi, serta akun bersifat public atau tidak dikunci dalam 12 bulan terakhir.

Tag : #teknologi   

Baca Juga