Ilustrasi penyebab dan cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh

Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP yang Tidak Bisa Disentuh

Wanovy | Teknologi | 17-01-2022

PARBOABOA - Terkadang kita mendapati layar hp tidak dapat disentuh, terutama pada ponsel yang berbasis Android, memang bisa berbagai macam penyebabnya. LCD merupakan salah satu bagian penting dari sebuah ponsel yang rawan dan juga mudah rusak.

Meskipun saat ini teknologi ponsel sudah ada dukungan berbagai macam jenis proteksi layar, namun kerusakan tetap mungkin terjadi.

Akan tetapi, selama hp masih dapat berfungsi dengan baik (meskipun retak) akibat jatuh, jangan terburu-buru untuk mengganti touchscreen Android. Hal ini karena berbagai faktor penyebab yang membuat layar hp menjadi eror.

Lantas, apa saja penyebab layar hp tidak bisa disentuh? Berikut informasinya.

Penyebab layar hp tidak bisa disentuh

Masalah sistem operasi

Biasanya pada saat hp sudah digunakan cukup lama, maka sistem operasi terkadang akan sedikit bermasalah. Hal inilah yang menjadi penyebab layar hp tidak bisa disentuh.

Terjatuh

Benturan saat HP terjatuh dapat membuat layar sentuh jadi tidak berfungsi, apalagi jika posisi jatuhnya tepat pada layar.

Terkena air

Biasanya apabila hpnyang tidak memiliki sertifikat tahan air terkena hujan atau tercebur, maka akan terkena masalah ringan seperti masih menyala tetapi layar sama sekali tidak merespon sentuh jari hingga masalah berat seperti hp langsung mati dan tidak bisa menyala kembali.

HP sudah lama

HP yang usianya sudah cukup lama juga merupakan salah satu penyebab layar hp tidak bisa disentuh. Hp yang telah digunakan dalam jangka waktu yang lama memang rentan mengalami masalah, termasuk layar yang rusak.

Tertekan beban berat

Benda berat jika menekan HP dapat menyebabkan kerusakan fungsi layar, terutama jika terkena bagian ujungnya.

RAM penuh

Penyebab layar hp tidak bisa disentuh yang berikutnya adalah dikarenakan RAM yang penuh. Jika kapasitas RAM di HP mulai penuh akibat terlalu banyak aplikasi, maka hal ini juga bisa berdampak pada layar, salah satunya dengan terjadi hang.

Pemakaian charger yang salah: Meskipun menggunakan charger fast charging dapat membuat proses pengisian daya menjadi lebih cepat, namun charger yang bukan bawaan bisa merusak komponen HP, termasuk layar.

Setelah mengetahui penyebab layar HP tidak bisa disentuh, kini kamu bisa mencari tahu cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh pada ponsel Android maupun iPhone melalui penjelasan berikut ini.

Cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh

1. Cek kondisi layar HP

Cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh disini maksudnya, kamu bisa melihat secara visual pada layar HP kamu apakah ada kerusakan seperti pecah atau retak pada LCD Hp kamu.

Pastikan juga kerusakan lainnya jika memang layar HP pecah atau retak seperti kerusakan pada layar atau pada screen protector-nya. Jika layar Hp masih belum bisa disentuh, kamu bisa menggunakan aplikasi Multitouch Tester untuk mengecek layar sentuh pada HP Android kamu.

2. Tutup semua aplikasi

Ketika kamu menjalankan begitu banyak aplikasi, maka bisa membuat RAM hp yang kamu miliki menjadi tidak kuat. Alhasil, hp kamu menjadi lelet karena banyaknya aplikasi di latar belakang hp. Banyak sekali aplikasi yang memakan banyak RAM, apabila layar kamu tidak bisa disentuh, maka bisa saja responnya akan lama.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menutup semua aplikasi/menguninstal aplikasi yang tidak terpakai. Cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh ini sangat efektif untuk memberikan ruang kembali pada RAM hp kamu.

3. Mulai ulang handphone

Hal ini mungkin terdengar cukup mendasar, tetapi ketika layar berhenti berfungsi. Caranya, cukup memulai ulang perangkat layar Hp pada langkah awal yang bisa kamu gunakan sebelum menuju tahap selanjutnya.

4. Bersihkan layar sentuh dan pelindung layar

Cara mengatasi layar tidak bisa disentuh selanjutnya adalah dengan membersihkan layar sentuh dengan pelindung layar.

Pada beberapa kasus, layar hp akan berhenti merespons, karena kotoran dan debu yang menumpuk atau masalah dengan casing atau pelindung layar.

Langkah ini cukup mudah untuk ditangani, jadi sebaiknya bersihkan perangkat hp secara menyeluruh jika cara menghidupkan ulang tidak berhasil.

5. Aktifkan Safe Mode

Dalam beberapa kasus, penyebab layar Hp tidak bisa disentuh karena program atau aplikasi pihak ketiga yang baru saja kamu unduh. Dengan mengaktifkan safe mode atau mode aman, kamu dapat menjalankan ponsel tanpa aplikasi yang berbahaya.

Jika layar Hp dapat berfungsi dalam mode aman, kemungkinan besar ada masalah dengan beberapa aplikasi atau program yang baru kamu unduh.

Untuk mengaktifkan safe mode, tekan tombol power beberapa detik, lalu pilih mode darurat atau mode aman. Untuk keluar dari mode tersebut, lakukan langkah yang sama.

Setelah layar HP dapat berfungsi, segera hapus aplikasi atau program yang baru kamu unduh. Jika layar masih tidak berfungsi dalam mode normal, segera datangi tempat servis resmi.

6. Tekan dengan lembut setiap sudut HP

Cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh yang satu ini bisa kamu lakukan jika ponsel baru saja terjatuh. Ponsel yang terbentur kemungkinan membuat sejumlah material menjadi longgar.

Tekan dengan lembut setiap sudut ponsel untuk membuatnya rapat kembali. Jika cara ini tidak berhasil, kamu perlu membongkar perangkat.

Biasanya cara seperti ini dilakukan karena HP sering terjatuh sehingga menyebabkan bagian layar HP ada yang longgar sehingga kamu harus mengencangkannya kembali agar layar HP berfungsi dengan normal.

7. Periksa pemakaian RAM pada HP

Jika RAM HP penuh, maka akan menyebabkan layar tidak bisa disentuh dan tidak bisa bekerja secara maksimal. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan aplikasi Clean Master untuk membersihkan RAM yang terlalu penuh tersebut.

Atau kamu juga bisa menggunakan cara manual untuk menghentikan aplikasi, caranya buka menu setelan> pengaturan lainnya> pengelolaan aplikasi> pilih aplikasi kemudian pilih opsi “paksa berhenti“.Dengan menghentikan aplikasi, maka RAM akan memliki ruang kembali dan layar pun akan kembali normal.

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh yang bisa kamu coba jika mengalami masalah yang sama. Semoga bermanfaat!

Tag : #tips    #hp    #layar sentuh    #hang    #touchscreen   

Baca Juga