Bilqis Prasista (dok PBSI)

Penyisihan Ketiga Grup A Uber Cup 2022: Indonesia Kalah 4-1 dari Jepang, Meski Bilqis Prasista Taklukkan Akane Yamaguchi

Rini | Olahraga | 11-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Penyisihan ketiga Grup A Uber Cup 2022 untuk menentukan juara Grup telah selesai digelar di Impact Arena, Bangkok, Rabu (11/5). Dalam penyisihan ketiga ini, Indonesia bertemu lawan kuat, yakni Jepang.

Secara mengejutkan, Bilqis Prasista yang merupakan tunggal putri muda Indonesia, berhasil mempecundangi Akane Yamaguchi yang merupakan pebulutangkis tunggal putri nomor satu dunia.

Bilqis berhasil menang dua babak langsung dengan skor 21-19 dan 21-19. Dengan demikian, kekalahan Akane ini membuat Indonesia unggul 1-0 atas Jepang.

Sayangnya keunggulan Indonesia ini tak bertahan lama. Wakil kedua yang turun dalam pertandingan ini, Melani Mamahit/Tryola Nadia kalah ditangan pasangan ganda putri Jepang, Nami Matsuyama/Chiharu Shida. Melani/Tryola harus mengakui keunggulan Jepang setelah berjuang hingga rubber game dengan skor akhir 16-21, 21-18, dan 15-21.

Kemudian tunggal putri Indonesia, Tasya Farahnailah juga takluk ditangan wakil Jepang, Sayaka Takahashi. Tasya kalah telak dengan skor 9-21 dan 5-21, sehingga skor dengan cepat berbalik menjadi 1-2 atas keunggulan Jepang.

Permainan kembali berlanjut di tangan pasangan ganda putri, Lanny Tria Mayasari/Jesita Putri Miantoro berhadapan dengan Yuki Fukushima/Mayu Matsumoto. Pertandingan ini berakhir dalam dua babak atas kemenangan Jepang dengan skor akhir 14-21 dan 15-21.

Dengan kemenangan 3-1 atas Indonesia, Jepang memastikan lolos menjadi juara Grup A, sementara Indonesia harus puas menjadi runner up.

Pertandingan Indonesia melawan Jepang ini diakhiri dengan pertemuan tunggal putri Siti Sarah Azzahra dengan Riko Gunji. Sayangnya Siti kembali kalah, sehingga penyisihan ketiga Grup A Uber Cup ini ditutup dengan kekalahan Indonesia 1-4 atas Jepang.

Setelah penyisihan Grup, Uber Cup 2022 ini akan memasuki babak perempat final pada Kamis (12/5). Menurut hasil drawing yang telah dirilis, di babak perempat final ini Indonesia akan bersaing dengan China. Sedangkan India akan bersaing melawan Thailand, kemudian Jepang akan berhadapan dengan Taiwan, sementara Korea Selatan berjumpa Denmark.

Tag : #uber cup    #bulu tangkis    #olahraga    #indonesia vs jepang    #uber cup 2022    #Bilqis Prasista    #Tasya Farahnailah   

Baca Juga