Ilustrasi Perbedaan Generasi X, Y, dan Z (Dok. wartakoperasi)

Perbedaan Generasi Milenial dengan Generasi X dan Z, Sudah Tahu Belum?

Juni | Pendidikan | 02-08-2022

PARBOABOA – Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan istilah kaum milenial bukan? Ya, saat ini semakin banyak generasi bermunculan, mulai dari generasi X, Y, hingga generasi milenial.

Perbedaan yang sangat jelas dapat dilihat dari segi umur, dimana generasi X adalah yang paling tua. Selain dari umur, sebenarnya ada banyak faktor lain yang membedakan antara generasi X, Y, dan Z.

Apa saja itu? Yuk, Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Generasi Milenial

Generasi milenial merupakan generasi yang lahir di tahun 1981-1995, saat teknologi telah maju. Di era ini, penggunaan komputer, gadget, smartphone dan internet seakan sudah menjadi kebutuhan wajib. Oleh sebab itu, generasi milenial juga kerap dijuluki sebagai generasi yang malas karena menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain ponsel.

Perkembangan teknologi yang dipakai belum secanggih sekarang. Menurut Karl Mannheim, generasi milenial adalah generasi yang sempat melewati milenium kedua. Generasi Y ini memiliki rasa keingintahuan dan percaya diri yang tinggi. akan tetapi, mereka juga sangat rentan dilanda depresi dan gangguan kecemasan.

Perbedaan Generasi X, Y, dan Z

  • Generasi X (1961-1980)

Generasi X tergolong sebagai pribadi yang mandiri, lahir dan dibesarkan oleh orang tua baby boomers yang gigih bekerja, mementingkan karier, dan berpegang teguh pada prinsip. Dikenal dengan kegigihannya dalam bekerja, generasi ini menyukai pekerjaan dengan jenjang karier yang jelas, suasana kantor yang nyaman, efisien, dan fleksibel.

Sementara itu, sosial media yang digunakan oleh generasi ini umumnya hanyalah Facebook dan Twitter. Mereka juga masih sangat menghormati birokrasi dan taat aturan.

  • Generasi Y (1981-1995)

Generasi Y atau generasi milenial ini memiliki karakteristik sebagai seseorang yang optimis, idealis, dan individualis. Mereka biasanya menyenangi lingkungan kerja yang fleksibel, tidak monoton dan selalu ada tantangan baru, serta mudah berbauk dan bekerja sama dengan sesama rekan kerjanya.

Generasi milenial biasanya menggunakan beberapa media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Mereka senang membagikan kehidupan sosialnya untuk menunjukkan eksistensi diri.

  • Generasi Z (1996-2010)

Generasi Z merupakan seseorang yang lahir di saat teknologi sedang berkembang dengan pesat. Mereka biasanya menginginkan segala sesuatu yang instan dan sangat cepat beradaptasi dengan teknologi. Jika dilihat dari tahun kelahirannya, generasi ini dikatakan masih berumur remaja dan sedang mencari jati diri.

Generasi Z yang masih tergolong berusia muda ini familiar dengan media sosial Instagram. Mereka memanfaatkan sosial media untuk membangun citra diri. Selain itu, para generasi Z juga dikenal dengan sifatnya yang ingin serba instan dan malas jika harus dihadapkan dengan aturan-aturan yang terlalu banyak.

Demikianlah informasi seputar generasi milenial dan perbedaannya dengan generasi X dan Z. meskipun memiliki perbedaan yang signifikan, namun pada dasarnya pendidikan dan lingkungan akan sangat mempengaruhi sifat dan karakter seseorang.

Tag : #generasi milenial    #gen Z    #pendidikan    #generasi Y    #perbedaan generasi x y z   

Baca Juga