Jeff Bezos dan Elon Musk

Perseteruan Jeff Bezos Vs Elon Musk Sampai ke Bulan

wanovy | Teknologi | 24-08-2021

Perseteruan antara orang terkaya, Jeff Bezos dan Elon Musk kini memasuki babak baru. Baru-baru ini Jeff Bezos melalui perusahaaan luar angkasa miliknya, Blue Origin menuntut Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau National Aeronautics and Space Administration (NASA) karena lebih memilih SpaceX yang dimiliki oleh Elon Musk.

Seperti diberitakan, Jeff Bezos benar-benar tidak terima NASA memenangkan SpaceX untuk membuat sistem pendaratan di permukaan Bulan atau Human Landing System (HLS). Sampai-sampai Blue Origin menggugat NASA secara hukum ke pengadilan gara-gara persoalan ini.

Sengitnya kompetisi Bezos dan Musk menandakan industri antariksa akan sangat menarik perkembangannya.

"Konsumen untuk layanan (ke Bulan)memang hanya NASA, akan tetapi ada dua triliuner tertarik. Hal ini sebenarnya menguntungkan NASA," kata Lori Garve, pengamat yang mantan pejabat NASA.

Sebelum memutuskan memilih SpaceX, NASA melakukan audisi dengan tiga perusahaan SpaceX, Blue Origin dan Dynetics. Hanya saja NASA memutuskan seluruh misi akan dilakukan oleh SpaceX.

Keputusan inilah yang menurut Jeff Bezos tidak sesuai dengan kesepakatan. Dia beralasan NASA mengisyaratkan akan meminta dua perusahaan untuk terlibat dalam proyek prestisius itu bukan satu perusahaan saja yakni SpaceX.

Hal inilah yang membuat Jeff Bezos kecewa dan mengajukan gugatan ke pengadilan. Dalam gugatannya dia mengatakan Project Artemis memang seharusnya melibatkan dua perusahaan agar misi tersebut berjalan dengan baik.

Bezos dan Musk sudah cukup lama bersaing sengit. Dulu sebenarnya mereka cukup akur. Belum lama ini, sebuah foto viral di Twitter menunjukkan dua sosok itu makan bersama pada tahun 2004. Diposting oleh pengguna Twitter bernama Trung Phan, Musk dan Bezos tampak tersenyum ke kamera dan makan bersama di satu meja.

Tag : #teknologi   

Baca Juga