Max Sopacua.

Politikus Pendiri partai Demokrat Max Sopacua Meninggal Dunia

Maraden | Politik | 17-11-2021

PARBOABOA, Jakarta – Politikus senior Max Sopacua meninggal dunia, pada Rabu (17/11/2021) di RSPAD Gatot Soebroto. Dia menghembuskan nafas terakhir setelah menjalani perawatan selama 17 hari akibat menderita keluhan pada paru-paru yang diduga kanker.

"Papa meninggal pagi ini jam 06.00 WIB di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Setelah dirawat selama 14 hari di RSUD Kota Bogor dan dirujuk ke RSPAD, dan dirawat selama 17 hari di RSPAD. Papa meninggal karena sakit di paru-paru yang diduga cancer," kata Ferro Sopacua Anak Max.

Menurut rencana keluarga, Kat Ferro, jenazah Max akan disemayamkan di rumah Max di Jalan Veteran Gang Kepatihan, Bogor, setelah persemayaman kemudian jenazah akan dikebumikan di pemakaman keluarga di daerah Ciomas, Bogor.

Max Sopacua merupakan politikus yang mengawali karir sebagai presenter dan produser acara-acara olahraga di Televisi Republik Indonesia (TVRI). Dia dikenal sebagai salah satu pendiri partai Demokrat yang turut membesarkan partai berlambang berlian itu bersama dengan Susilo Bambang Yudhoyono hingga berhasil memenangkan Pemilu pada 2004.

Namun Max kemudian memilih bergabung ke  ke barisan pendukung Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang yang mendukung Moeldoko sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kemudian memecat Max diberhentikan sebagai kader Demokrat setelah diketahui bergabung dengan kelompok Moeldoko.

Pihak AHY kemudian berseteru dengan Pihak Moeldoko yang sama-sama mengklaim sebagai partai Demokrat yang sah secara hukum.

Sebelum kembali bergabung dengan Partai Demokrta versi Moeldoko, Max sempat menjadi Ketua Dewan Pembina di  Partai Era Masyarakat Sejahtera (Emas).

Tag : #max sopacua    #demokrat    #demokrat versi klb    #moeldoko    #susilo bambang yudhoyono   

Baca Juga