Pratama Arhan meraih pemain muda terbaik Piala AFF 2020 (Foto: affsuzukicup.com)

Profil dan Biodata Lengkap Pratama Arhan, Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020

Michael | Sepakbola | 04-01-2022

Parboaboa.com – Simak profil dan biodata lengkap Pratama Arhan, pemenang penghargaan pemain muda terbaik Piala AFF 2020 di Singapura.

Bek kiri timnas Indonesia, Pratama Arhan, menjadi salah satu pemain muda yang bersinar dan mampu meraih penghargaan pemain muda terbaik Piala AFF 2020 di Singapura.

Penghargaan itu memang layak diberikan kepada Pratama Arhan yang sukses memberikan penampilan terbaiknya selama menjadi pengawal sektor kiri timnas Indonesia.

Selama pergelaran Piala AFF 2020, pemain yang bermain untuk klub PSIS Semarang itu telah mencatatkan enam kali penampilan untuk skuad Garuda.

Dari keseluruhan penampilannya tersebut, Pratama Arhan berhasil melesatkan dua gol serta tiga assist untuk tim asuhan Shin Tae Yong.

Jika melihat aksinya di Piala AFF 2020, tak berlebihan jika menyebut Pratama Arhan sebagai salah satu pemain andalan timnas Indonesia di masa mendatang.

Apalagi, pemain berusia 20 tahun ini dikabarkan tengah diminati sejumlah klub luar negeri karena performanya yang begitu menawan selama Piala AFF 2020.

Penasaran dengan profil dan biodata lengkap Pratama Arhan? Berikut ini profil dan biodata lengkap Pratama Arhan yang telah Parboaboa rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Profil lengkap Pratama Arhan

Arho sapaan akrab Pratama Arhan lahir dari pasangan Sutrisno dan Surati di Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah pada 21 Desember 2001.

Pratama Arhan sejak kecil sudah menunjukkan minat di dunia sepak bola dan bermain untuk turnamen antar kampung.

Bakat Pratama Arhan pun kemudian ditempa secara formal untuk pertama kali di Sekolah Sepak Bola (SSB) Putra Mustika Blora pada tahun 2012.

Setelah tiga tahun menimba ilmu di sana, Arhan kemudian bergabung dengan salah satu Sekolah Sepak Bola (SSB) terbaik di Semarang, yakni SSB Terang Bangsa.

Selain itu, Pratama Arhan kemudian masuk BJL Terbang Semarang yang sering berkompetisi di Piala Soeratin.

Di sana, bakat Pratama Arhan terpantau salah satu tim Liga 1 Indonesia, yakni PSIS Semarang yang tengah menyusun tim Elite Pro Academy (EPA) U-18.

Bersama PSIS, Pratama Arhan juga mengalami pergeseran posisi bermain. Jika sebelumnya dia biasa bermain sebagai pemain sayap baik itu di sisi kanan atau kiri, semenjak memperkuat klub berjuluk Laskar Mahesa Jenar itu, Pratama Arhan bermain sebagai bek kiri.

Bermain untuk PSIS Semarang U-18 di kompetisi Elite Pro Academy (EPA) tahun 2018, Pratama Arhan berhasil mencatatkan 17 penampilan dan membawa PSIS U-18 menajdi runner-up di kompetisi tersebut.

Kemudian, Arhan sempat promosi ke tim PSIS U-20 pada tahun 2019 dan sejak saat itu kariernya terus berkembang hingga level tim nasional.

Potensi besar Pratama Arhan terlihat oleh Shin Tae Yong yang saat itu sedang mempersiapkan tim terbaik untuk tampil di ajang Piala Dunia U-20 2021.

Pratama Arhan menjadi salah satu nama pemain yang sering dimainkan Shin Tae Yong saat timnas U-19 Indonesia menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia.

Saat itu, ia mencatatkan debutnya bersama timnas U-19 ketika berjumpa Bulgaria U-19 pada pertandingan uji coba yang berlangsung pada 5 September 2020.

Pemain asal PSIS Semarang ini juga mendapat kepercayaan sebagai kapten tim. Selama berada di Kroasia, ia juga sering menyandang status sebagai kapten timnas U-19 Indonesia.

Setelah menyelesaikan TC di Kroasia dan kembali ke Indonesia, Pratama Arhan langsung mendapatkan kontrak profesional dari PSIS Semarang.

Debutnya di level profesional terjadi ketika skuad Laskar Mahesa Jenar tampil di kompetisi pramusim Piala Menpora 2021.

Selama turnamen tersebut, pemain berusia 20 tahun ini sukses mencatatkan empat penampilan. Selain itu, ada dua gol dan satu assist yang ia buat untuk PSIS.

Performa gemilangnya bersama PSIS di Piala Menpora 2021 itu berbuah manis. Pratama Arhan terpilih sebagai Pemain Muda Terbaik Piala Menpora 2021.

Meskipun usianya saat itu baru 19 tahun, tetapi kepercayaan pelatih Shin Tae Yong kepada Pratama Arhan tidak pernah memudar.

Sebab, pelatih asal Korea Selatan itu langsung memberikan kesempatan debut untuk Arhan saat timnas Indonesia menghadapi Oman pada pertandingan uji coba.

Dalam pertandingan yang berlangsung pada 19 Mei 2021 itu, Arhan bermain penuh selama 90 menit untuk menjaga sektor kiri pertahanan Indonesia.

Sayangnya, skuad Garuda saat itu harus mengakui keunggulan lawan setelah kalah dengan skor 1-3.

Sejak pertandingan itu, Arhan selalu dipercaya untuk menempati sisi kiri pertahanan skuad Garuda.

Hal ini pun berlanjut ketika timnas Indonesia menghadapi tiga pertandingan sisa pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Dari tiga pertandingan yang dilakukan skuad Garudia, yakni saat melawan Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab, Arhan selalu dipercaya untuk bermain penuh.

Tercatat, sejauh ini beserta penampilannya selama di Piala AFF 2020, Arhan sudah tampil 14 pertandingan bersama timnas Indonesia asuhan Shin Tae Yong di berbagai ajang.

Selain bersama kedua kelompok usia tersebut, Shin Tae Yong juga masih mempercayakan posisi bek kiri kepada Pratama Arhan di skuad timnas U-23 Indonesia.

Saat itu, skuad Garuda menghadapi Australia pada dua pertandingan di Grup G. Sayangnya, seluruh pertandingan itu berakhir dengan kemenangan untuk Australia.

Pada pertemuan pertama, skuad Garuda Muda ditekuk dengan skor 2-3, sedangkan di leg kedua mereka kembali kalah 0-1.

Dengan agregat skor 2-4 ini, skuad Garuda Muda gagal melaju ke putaran final Piala Asia U-23 2022.

Dalam ajang Piala AFF 2020 yang baru saja berakhir, Pratama Arhan berhasil terpilih sebagai pemain muda terbaik kompetisi tersebut berkat penampilan gemilangnya bersama timnas Indonesia.

Pratama Arhan memang gagal membawa Indonesia untuk menjuarai Piala AFF 2020 setelah kalah agregat skor 2-6 atas Thailand. Namun, selama pergelaran kompetisi tersebut Pratama Arhan mampu memberikan dampak yang luar biasa untuk timnas Indonesia.

Selama Piala AFF 2020, Pratama Arhan tercatat membuat dua gol dan tiga assist selama kompetisi tersebut.

Arhan juga menjadi penyelamat timnas Indonesia saat bertemu Singapura di babak semifinal Piala AFF 2020. Saat itu, ia berhasil mencetak gol penyeimbangpada saat pertandingan memasuki menit-menit akhir. Berkat golnya tersebut, Indonesia berhasil melaju ke babak final setelah menang 4-2 di babak tambahan waktu.

Demikian profil lengkap dari Pratama Arhan, pemain muda terbaik Piala AFF 2020. Simak biodata lengkapnya dibawah ini.

Biodata lengkap Pratama Arhan

  • Nama Lengkap: Pratama Arhan Alif Rifai
  • Nama Panggilan: Arho
  • Nama Panggung: Pratama Arhan
  • Tempat/Tanggal Lahir: Blora, 21 Desember 2001
  • Agama: Islam
  • Tinggi: 170 cm
  • Usia: 20 tahun
  • Pendidikan: Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang
  • Posisi bermain: Bek Kiri
  • Nama Ayah: Sutrisno
  • Nama Ibu: Surati
  • Zodiak: Sagitarius
  • Pasangan: Marshella Aprilia
  • Klub Saat Ini: PSIS Semarang
  • Nomor Punggung: 11 (PSIS), 12 (Timnas Indonesia)
  • Instagram: @pratamaarhan8

Karier Junior:

  • 2012 – 2015, SSB Putra Mustika
  • 2015 – 2018, SSB Terang Bangsa
  • 2018 – 2020, PSIS Semarang

Karier Senior:

  • 2020 – sekarang, PSIS Semarang

Tim Nasional:

  • 2020 – sekarang, Indonesia U-19
  • 2021 – sekarang, Indonesia U-23
  • 2021 – sekarang, Indonesia 

Prestasi:

  • Pemain Muda Terbaik Piala Menpora 2021
  • Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020

Demikan biodata lengkap Pratama Arhan, pemain muda terbaik Piala AFF 2020.
 

Tag : #piala aff 2020    #timnas indonesia    #pratama arhan    #profil dan biodata pemain sepak bola    #shin tae yong   

Baca Juga