Prabowo Subianto (Foto : Instagram/@prabowo)

Profil Prabowo Beserta Perjalanan Karirnya

Mei | Nasional | 18-06-2022

PARBOABOA - Prabowo atau dengan nama lengkap Prabowo Subianto Djojohadikusumo merupakan salah seorang tokoh publik yang dikenal oleh banyak orang.

Prabowo juga merupakan seorang mantan Danjen Kopassus, seorang pengusaha, dan juga politisi.

Prabowo Subianto telah menikah dan dikaruniai satu orang anak. Mantan Istri prabowo adalah Siti Hediati Hariyadi, atau yang lebih dikenal sebagai Titiek Soeharto. Sedangkan anak Prabowo bernama Didiet Prabowo.

Nah, berikut ini profil Prabowo lengkap dengan biografinya.

Profil Prabowo

Prabowo atau dengan nama lengkap Prabowo Subianto Djojohadikusumo lahir di Jakarta, pada hari Rabu, tepatnya di tanggal 17 Oktober 1951.

Sedangkan untuk agama, sedari dulu ia sudah memeluk agama islam dan merupakan seorang warga Negara asli Indonesia. Ia juga memiliki seorang saudara laki-laki yang bernama Hashim Sujono Djojohadikusumo

Istri Prabowo adalah Siti Hediati Hariyadi, dimana mereka memutuskan untuk menikah ditahun 1983 dan selama masa pernikahannya, mereka dikaruniai seorang putra yang diberi nama dengan Didiet Prabowo.

Namun sangat disayangkan, pernikahan keduanya tidak berjalan lama dan memutuskan untuk mengakhiri hubungan pernikahan mereka di tahun 1998 melalui sebuah jalur perpisahan, namun tidak diketahui pasti apakah mereka hanya sekedar berpisah atau sudah melakukan perceraian.

Biografi Prabowo

Diketahui bahwa ternyata Prabowo merupakan keturunan dari keluarga ilmuan. Kakeknya, yang bernama Margono Djojohadikusumo, merupakan pendiri Bank Negara Indonesia, pemimpin pertama Dewan Pertimbangan Agung Sementara, dan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Sedangkan ayah Prabowo, Sumitro Djojohadikusumo merupakan seorang ahli dibidang ekonomi yang pada masa pemerintahan Presiden Soeharto dipercaya untuk menjadi Menteri Riset dan Teknologi.

Pada tahun 1983, Prabowo memutuskan untuk menikahi putri dari Presiden Soeharto yang bernama Siti Hediati Hariyadi pada tahun.

Diketahui bahwa Prabowo sempat menjalani masa pendidikannya di salah satu Akademi Militer yang ada di Magelang pada tahun 1970 dan lulus pada tahun 1974.

Selama menjalani karirnya di dunia militer, Prabowo sudah sangat berjasa dalam aksinya untuk memimpin sebuah operasi yang dilakukan untuk melawan Gerakan Papua Merdeka.

Kala itu, Prabowo berhasil membebaskan 12 tawanan yang kala itu sedang melakukan sebuah ekspedisi, 5 di antaranya  adalah warga negara Indonesia.

Ketika mendengar nama Prabowo, banyak masyarakat yang mengaitkannya dengan dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia.

Selain aktif dalam menjalani karirnya di dunia politik dan juga militer, ternyata Prabowo juga aktif dalam dunia perbisnisan bersama dengan saudaranya yang bertempat tinggal di Mangkajang, Kalimantan Timur.

Hingga saat ini, tercacat bahwa Prabowo Subianto sudah memimpin sebanyak 27 perusahaan yang tak hanya berkibar di Indonesia saja, melainkan sudah sampai ke mancanegara.

Beberapa perusahaan yang dipimpin oleh Prabowo adalah Nusantara Energy (perusahaan minyak, gas alam dan batu bara), Tidar Kerinci Agung (minyak kelapa), dan Jaladri Nusantara (industri perikanan).

Tidak hanya itu, Prabowo juga sudah mendirikan beberapa organisasi yang ada di kalangan masyarakat, seperti Asosiasi Petani Indonesia, Asosiasi Pedagang Pasar Tradisional Indonesia,  Asosiasi Pencak Silat Indonesia.

Tak hanya sampai disitu saja, ketika masa pemilu yang dilakukan di tahun 2009 yang lalu, Prabowo tercatat sebagai calon presiden-wakil presiden terkaya yang memiliki nilai kekayaan hingga 1,5 trilyun rupiah dan 7.5 milyar dollar Amerika.

Probowo Subianto juga pernah terpilih menjadi salah satu kandidat calon presiden, bersama dengan Hatta Rajasa yang di unjuk sebagai wakilnya, dimana pasangan dengan nomor urut 1 ini bersaing dengan kubu Jokowi dan Jusuf Kalla di tanggal 9 Juli 2014.

Karir Prabowo Subianto

Karir Prabowo di mulai di tahun 1996, dimana kala itu ia menjabat sebagai Komandan Jenderal Koppassus dan dua tahun berselang, tepatnya di tahun 1998, ia naik jabatan menjadi Panglima Kostrad, namun hanya bertahan selama 2 bulan.

Hal tersebut terjadi lantaran ia terseret sebuah kasus aktivis LSM dan Pelanggaran HAM, yang membuat pangkatnya diturunkan oleh Pangab Wiranto.

Kemudian di tahun 2004-2009, Prabowo sempat menjabat sebagai ketua umum HKTI dan juga sempat mengetuai sebuah partai umum yang dikenal dengan Gerindra.

Penghargaan Yang Pernah Diterima Oleh Prabowo Subianto

Ternyata Prabowo juga dikenal dengan sosok yang berprestasi dan juga aktif diberbagai bidang, hal tersebut dibuktikan dengan beberapa penghargaan yang telah diterimanya. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Bintang Kartika Eka Paksi Nararya
  2. Satya Lencana Kesetiaan XVI Tahun
  3. Satya Lencana Seroja Ulangan–III
  4. Satya Lencana Raksaka Dharma
  5. Satya Lencana Dwija Sistha
  6. Satya Lencana Wira Karya
  7. The First Class The Padin Medal Ops Honor dari Pemerintah Kamboja
  8. Bintang Yudha Dharma Nararya

Nah, itu dia sekilas mengenai profil Prabowo beserta biografinya. Ternyata beliau merupakan sosok yang hebat ya, khususnya dibidang militer. Semoga penjelasan kali ini dapat menambah wawasan kalian ya.

Tag : #prabowo    #militer    #nasional    #politik    #politikus   

Baca Juga