Wahyu Surya Pratama, kiper asal Indonesia yang berkarier di Timor Leste (Instagram/@wahyukasto)

Profil Wahyu Surya Pratama, Mantan Kapten Barito Putera yang Kini Berlaga di Liga Teratas Timor Leste

Andre | Sepakbola | 22-02-2022

PARBOABOA - Dari sekian banyak pemain muda Indonesia, nama Wahyu Surya Pratama mungkin tidak terlalu populer di kalangan pecinta sepakbola tanah air.

Kendati demikian, ia merupakan salah satu talenta muda yang kini tengah berkarier di liga teratas Timor Leste.

Lelaki asal Malang ini membela klub Assalam FC yang berlaga di divisi tertinggi Liga Futebol Amadora yang merupakan kasta tertinggi dalam sistem sepak bola Timor Leste.

Dalam klub tersebut, Wahyu Surya Pratama menempati posisi Kiper. Ia resmi bergabung pada 13 Oktober 2021 silam.

Sebelum berkiprah di luar negeri, Wahyu sempat membela sejumlah klub sepakbola di tanah air. Diantaranya adalah Persikoba, Persema Malang, Gresik United Youth dan Barito Youth.

Pria kelahiran 18 April 1998 ini mengawali karier profesionalnya pada tahun 2015 silam dengan tergabung bersama Persikoba Kota Batu.

Setahun kemudian, tepatnya pada tanggal 1 April 2016, ia resmi bergabung bersama Persema Malang.

Setelah 9 bulan bersama Persema, Wahyu Surya Pratama hijrah ke Gresik United Youth. Tak butuh waktu lama, ia pun di promosikan untuk bergabung ke tim senior Gresik United pada 1 April 2017.

Usai kontrak bersama Gresik United selesai, lelaki yang akrab disapa Kasto ini kemudian bergabung dengan Barito Putera Youth pada 1 April 2018. Dalam klub ini Wahyu mendapati posisi sebagai kapten sekaligus palang pintu terakhir.

Setelah membela Barito Putera cukup lama, ia pun akhirnya mencoba peruntungan dengan meniti karier di Timor Leste, meskipun sebelumnya banyak tawaran untuk bermain di tim Liga 2 dan Liga 3, namun ia menolaknya.

Baginya, memperbanyak pengalaman merupakan hal yang penting. Meskipun bermain di liga teratas Timor Leste, Wahyu juga merasakan perbedaan yang signifikan jika dibandingkan dengan Indonesia.

Hal itu mungkin disebabkan oleh jam tayang liga di sana yang masih baru berjalan 5 tahun. Walaupun demikian, para pemain di Timor Leste mulai mencapi level yang baik.

Dilansir dari Indosport, Wahyu menilai jika sepakbola Timor Leste memerlukan banyak pemain asing untuk meningkatkan kualitas Liga agar lebih dikenal secara luas.

Nah, itulah informasi mengenai Wahyu Surya Pratama, sosok kiper asal Malang yang kini meniti karier di Timor Leste.

Tag : #wahyu surya ratama    #pemain Indonesia di luar negeri    #kiper    #assalam fc   

Baca Juga