Jose Ramos-Horta telah menyatakan kemenangannya dalam pemilihan presiden Timor Leste. AP

Ramos-Horta Klaim Menangi Pilpres Timor Leste

Dion | Internasional | 21-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Jose Ramos-Horta telah menyatakan kemenangannya dalam pemilihan presiden (Pilpres) Timor Leste. 

Dilansir Associated Press, Kamis (21/4/2022), pemimpin kemerdekaan dan peraih Nobel itu sejauh ini telah mendulang 61,72% suara, mengalahkan saingannya, petahana Presiden Francisco “Lu Olo” Guterres (38,28%). 

Hasil resmi Pemilu dari badan administrasi pemilihan negara (STAE) baru akan diumumkan dalam dua pekan ke depan. 

Ramos-Horta berjanji akan bekerja mendorong dialog dan persatuan. "Saya telah menerima mandat ini dari rakyat kami, dari negara dalam demonstrasi besar-besaran atas komitmen rakyat terhadap demokrasi," kata Ramos-Horta kepada wartawan di Dili.

Negarawan 72 tahun itu merupakan salah satu tokoh politik paling terkenal di Timor Lorosa'e. Sebelumnya, dia menjabat sebagai presiden dari 2007-2012. Dia juga pernah mengemban jabatan perdana menteri dan menteri luar negeri sebelum itu.

Mengatasi kekhawatiran atas ketidakstabilan politik di negara itu, Ramos-Horta mengaku akan bekerja untuk menghilangkan perpecahan di Timor Timur yang juga dikenal sebagai Timor Leste.

"Saya akan melakukan apa yang selalu saya lakukan sepanjang hidup saya. Saya akan selalu melakukan dialog, dengan sabar, tanpa henti, untuk menemukan titik temu untuk menemukan solusi atas tantangan yang dihadapi negara ini," katanya.

Ramos-Horta mengatakan, dia belum berbicara dengan Lu Olo. Namun dia telah menerima undangan dari kantor presiden untuk membahas penyerahan kekuasaan.

Rumah bagi 1,3 juta orang, negara dengan mayoritas Katolik Roma di Timor Timur telah bertahun-tahun bergulat dengan serangan ketidakstabilan politik dan tantangan diversifikasi ekonomi yang sebagian besar bergantung pada minyak dan gas.

Ramos-Horta mengharapkan Timor Lorosa'e menjadi anggota ke-11 dari blok regional Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dalam tahun ini atau paling lambat tahun depan. Timor Leste saat ini menyandang status pengamat di ASEAN.

Tag : #jose Ramos    #horta    #timor leste    #pilpres    #stae    #timor lorosae    #timor timur    #asean   

Baca Juga