Ilustrasi fitur balas komentar dengan video atau Reels Visual Replies di Instagram Reels

Reels Visual Replies, Fitur Balas Komentar dengan Video di Instagram Reels Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Wanovy | Teknologi | 29-12-2021

CEO Instagram Adam Mosseri mengumumkan kehadiran fitur baru bernama "Reels Visual Replies” pada pertengahan Desember lalu.

Fitur baru ini memungkinkan pengguna membalas komentar yang ada di postingan Reels menggunakan sebuah video Reels.

Tak lama setelah pengumuman itu, pengguna Instagram di Indonesia sudah bisa menjajal fitur baru Reels Visual Replies. Berdasarkan pantauan KompasTekno, Selasa (28/12/2021) pagi, fitur "Reels Visual Replies" sudah tersedia di aplikasi Instagram versi 216.1.0.21.137 di ponsel Android.

Secara tampilan dan kegunaan, fitur Reels Visual Replies di Instagram ini mirip seperti fitur “Reply with Video” yang ada di TikTok.

Sesuai dengan namanya, fitur baru Reels Visual Replies memungkinkan pengguna membalas komentar yang ada di postingan Instagram, melalui sebuah video Reels.

Fitur balas komentar dengan video ini menjadi opsi membalas komentar yang baru bagi pengguna. Sebab, selama ini, pengguna hanya bisa membalas komentar melalui format teks saja.

Cara menggunakan fitur balas komentar dengan video di Instagram Reels

Untuk menggunakan fitur balas komentar dengan video atau “Reels Visual Replies”, nantinya akan ada tambahan ikon kamera saat pengguna mengeklik opsi “reply/balas” dari komentar yang ada di postingan miliknya.

Ikon kamera itu akan membawa pengguna ke menu kamera Instagram. Di sana, komentar yang ingin dibalas tadi akan muncul dalam format stiker.

Nantinya, pengguna akan melihat jendela pop-up berbunyi "Reply with a reel" ketika akan membalas komentar di postingan Instagram Reels milik pengguna lain. Di jendela pop-up itu, pengguna juga diberikan opsi "Try it" (coba sekarang) atau "Not now" (tidak sekarang).

Seperti diketahui, Reels merupakan fitur perekaman video pendek di Instagram yang mirip dengan TikTok.

Mulai dari durasi video, menggunakan metode swipe-up (mengusap layar ke atas) hingga konten video yang sama-sama bisa ditambahi dengan efek, stiker, musik. Kini, dengan fitur baru "Reels Visual Replies", Instagram Reels semakin mirip dengan TikTok.

Stiker komentar ini bisa diubah warnanya sesuai keinginan pengguna dengan cara meng-klik stiker tersebut. Stiker komentar tersedia dalam warna putih, hitam, gradasi ungu dan biru, hijau, biru, ungu, dan lainnya.

Namun, fitur balas video dengan komentar atau "Reels Visual Replies" ini hanya tersedia untuk akun Instagram yang bersifat publik.

Sementara, akun Instagram yang bersifat privat atau dikunci,  ikon kamera pada saat membalas komentar di Reels tidak akan muncul.

Oleh karena itu, pemilik akun Instagram privat hanya bisa membalas komentar di Reels melalui format teks saja, seperti biasanya.

Apabila akun Anda bersifat publik, namun belum mendapati fitur ini, cobalah untuk memperbarui aplikasi ke versi terbaru agar dapat menggunakan fitur balas komentar dengan video di Instagram Reels tersebut.

Tag : #instagram    #reels    #reels visual replies   

Baca Juga