Resep Sambal Gami Khas Bontang yang Pedas dan Bikin Nagih

Juni | Selera Nusantara | 14-01-2023

Ilustrasi Sambal Gami Khas Bontang (Foto: instagram.com/nakkal_bdg)

PARBOABOA, Pematang Siantar – Sambal seakan tak dapat dipisahkan dari selera makan masyarakat Indonesia. Salah satu sambal khas Indonesia yang banyak dikenal ialah sambal gami khas Bontang, Kalimantan Timur.

Yang membedakan sambal ini dengan jenis sambal lainnya adalah proses pengolahannya. Sambal gami diolah bersama dengan ikan ataupun protein hewani lainnya, lalu dimasak di atas cobek tanah liat.

Di kota asalnya, sambal ini menggunakan ikan Bawis yang hanya bisa ditemukan di sana. Namun di daerah lain, sambal gami kemudian dikreasikan dengan cumi, udang, ayam, dan ikan.

Sambal gami memiliki ciri khas yang tak ditemukan pada sambal-sambal lainnya, yakni cara memasaknya yang unik. Sambal ini dimasak langsung di atas cobek tanah liat. Sambal yang diulek diletakkan pada cobek yang terbuat dari tanah liat dan ditambahkan ikan bawis, lalu dipanaskan di atas kompor.

Sambal yang satu ini sangat cocok dinikmati bersama dengan lauk seperti ikan, seafood, dan bahkan hanya dimakan dengan nasi panas.

Asal Usul Sambal Gami Khas Bontang

Awalnya, gami hanyalah sambal yang dibuat untuk dinikmati dengan berbagai lauk di daerah Bontang. Sambal ini dibuat dengan ayam, ikan, atau bahkan sayur-sayuran. Kemudian, muncul sambal gami bawis yang menjadi populer, walaupun sebenarnya itu bukanlah makanan khas, melainkan sebuah ikon hasil eksperimen sebagai kuliner daerah tersebut.

Gami bawis menjadi makanan sehari-hari masyarakat di sana. Bahan utamanya juga terilang sederhana, karena hanya menggunakan bawang merah dan tomat. Sambal ini kemudian dipopulerkan oleh masyarakat Bontang Kuala, hingga akhirnya muncul istilah sambal gamu yang begitu populer hingga ke luar pulau.

Nah, jadi tergiur kan untuk membuat sambal gami di rumah? Tak perlu jauh-jauh ke Bontang untuk bisa mencicipinya. Simak resepnya di bawah ini yuk!

Resep Sambal Gami

Bahan-bahan:

3 buah cabai merah keriting

8 buah cabai rawit

5 buah bawang merah

2 buah tomat

1 bungkus terasi

2 sdt gula pasir

1/2 sdt garam

Minyak goreng secukupnya

Bahan tambahan:

Ikan, cumi, udang, atau ayam

Cara Membuat:

  1. Haluskan cabai merah keriting dan cabai rawit dengan diulek di cobek. Beri gula pasir dan campur sampai rata
  2. Masukkan bawang merah, terasi, dan tomat yang sudah dipotong-potong kemudian haluskan hingga tercampur rata
  3. Letakkan cobek tanah liat di atas kompor dan beri minyak goreng secukupnya. Masak menggunakan api kecil
  4. Masukkan sambal bersamaan dengan ayam/ikan/udang/cumi
  5. Aduk secara perlahan hingga sambal dan bahan tambahan lainnya menyatu
  6. Beri garam dan koreksi rasanya hingga masakan mendidih
  7. Sambal gami siap disajikan dalam keadaan panas di atas cobek tanah liat

Itulah tadi resep sambal gami khas Bontang yang wajib kamu coba di rumah. Semoga ulasan kami bermanfaat dan selamat mencoba!

Tag : #sambal    #sambal gami    #selera nusantara    #makanan    #resep   

Baca Juga